10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan

Diposting pada

10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan – Dialog atau percakapan merupakan materi dasar yang harus dikuiasai oleh siswa. Contoh percakapan termasuk kedalam materi bahasa indonesia dan umum ditemui di kelas VII sekolah menengah pertama hingga kelas XI Sekolah menengah atas. Penggunaan contoh percakapan tidak lain dan tidak bukan adalalah untuk mengasah kemampuan siswa dalam melakukan dialog percakapan. Dialog percakapan senirit terdiri dari percakapan 2 orang, 4 orang, 6 orang dan lain sebagainya yang menyesuaikan jumlah orang dalam dialog tersebut. Contoh percakapan umumnya memiliki tema tentang liburan, pendidikan, jual beli, dan lingkungan.

Pada dasarnya anda dapat membuat contoh percakapan 2 orang tentang pendidikan, jual beli, dan liburan dengan sangat mudah karena percakapan sudah menjadi bagian dari hidup kita. Dalam kehidupan manusia setiap orang tidak mungkin terlepas dari dialog atau percakapan baik itu dilakukan hanya 2 orang saja maupun beramai-ramai. Sebagai contoh saat anda berdialog dengan teman anda membahas seputar gadged, game, liburan dan sebagainya sudah termasuk kedalam percakapan.

Contoh percakapan singkat 2 orang
Contoh percakapan singkat 2 orang

Hal yang mendasari atau menjadi faktor sebuah percakapan adalah adanya partisipan, tema, pebicaraan atau dialog dan hasil percakapan. Tanpa hal tersebut maka pembicaraan tidak akan bisa dinamakan percakapan. Sayangnya banyak dari kita tidak menyadari keberadaan unsur percakapan 2 orang atau lebih tersebut. Padahal untuk membuat contoh pecakapan kita harus memperhatikan setiap unsur yang ada agar output yang dihasilkan bisa lebih efektif.

10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan

Materi percakapan bisa kita jumpai ketika berada di jenjang SMP dan SMA. pada jenjang inilah kita akan diajarkan cara membuat dialog 2 orang atau lebih. Selanjutnya dialog tersebut disusun berdasarkan urutan tertentu sehingga terbentuklah percakapan singkat. Mungkin kita biasa saja ketika menanggapi sebuah percakapan, namun jika dilihat dari sudut pandang akademik percakapan pun juga memiliki struktur dan unsur unsur.

Pada dasarnya untuk membuat sebuah percakapan singkat sangat mudah. Karena sebenarnya tanpa kita sadari percakapan singkat merupakan bagian dari kehidupan kita. Hal ini pun tidak terlepas dari sifat alami manusia yang perlu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Banyak siswa yang kebingungan ketika diberi tugas membuat percakapan singkat berpasangan sebanyak 2 orang atau lebih. Padahal untuk menyusun percakapan tersebut tidaklah terlalu sulit.

Untuk membantu anda mempelajari unsur unsur percakapan dan struktur percakapan maka saya telah merangkumnya menjadi satu artikel. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang contoh percakapan singkat yang dilakukan oleh 2 orang. Contoh percakapan dibawah ini dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Contoh percakapan singkat tentang pendidikan

Pendidikan merupakan sektor vital yang menentukan nasib generasi penerus bangsa. Melalui pendidikanlah siswa belajar tentang ilmu ilmu dasar yang kita butuhkan untuk kehidupan kelak. Dalam mengkomunikasikan ilmu tentu kita memerlukan adanya pecakapan baik antara guru dengan murid, guru dengan guru, maupun percakapan antar siswa. Topik bahasan percakapan pendidikan tidak terlalu melenceng jauh dari pembahasan akademik maupun sekolahan. Oleh karenanya sangat mudah membuat sebuah teks dialog bertemakan pendidikan.

Baca juga: Materi Teks Narasi: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

Pada contoh percakapan pendidikan yang satu ini saya akan membahas tentang sebuah dialog 2 orang dengan bahasan Mengerjakan PR. Dialog di bawah bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan konteks nyata di sekolah kita. Selain itu kita juga bisa mengganti nama maupun menambahkan pelaku percakapan menjadi 2 atau 3 orang.

Bilal: Rani?, PR bahasa Indonesia punyamu sudah kamu kerjakan apa belum?
Rani: Emm. Belum. Kamu sudah belum?
Bilal: Sama aku juga belum nih.
Rani: Kalo gitu, mau enggak kamu belajar kelompok dirumahku nanti malam sehabis makan, kita kerjain bareng?
Bilal: Boleh juga ran, nanti kita kerjain bareng. Aku dateng sekitar jam 7 nanti.
Rani: Okke aku tunggu ya.

Perpustakaan adalah tempat kita membaca buku pengetahuan di sekolah. Tempat ini juga menjadi salah satu sumber ilmu yang bisa digali selain dari penjelasan guru maupun buku pedoman. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit contoh percakapan tentang pendidikan dengan topiik bahasan menuju Perpustakaan.

Rara: Nissa, Yuk kita ke kantin!.
Anissa: Emm aku tidak punya uang saku, aku ke perpustakaan aja deh.
Rara: Oh, enggak papa kok, biar aku nanti yang bayar oke?.
Anissa: Terimakasih tapi aku lebih pengen baca buku di perpustakaan aja kok.
Rara: Oke, tapi aku ikut kamu ke perpustakaan aja deh kalo gitu.

Pernahkan anda izin tidak masuk sekolah karena sakit atau ada kepentingan? Semua siswa pasti pernah. Meminta izin kepada guru maupun petugas piket kelas merupakan hal yang sangat penting ketika kita tidak masuk sekolah. Hal ini pun dilakukan untuk memenuhi absensi kita agar nantinya tidak dituliskan alfa. Nah bagaimana cara kita memberitahukan teman kalau tidak berangkat karena suatu alasan? silahkan simak contoh percakapan atau dialog 2 orang di bawah.

Zizah: Lind? ratih mana?
Linda: Kayaknya nggak berangkat deh.
Zizah: Kira-kira nggak berangkat karena apa ya?
Linda: Emm keamarin aku tanya ratih katanya sakit zah. apa mungkin ya sekarang dia masih sakit?
Zizah: Wah bisa jadi itu. Gini aja, nanti kita kerumahnya yuk nengokin dia.
Linda: Ayuk.

Masih banyak sekali dialog yang dapat kita temukan dalam ruang lingkup pendidikan. Misalnya saja pembicaraan guru dengan siswa ketika di kelas membahas materi pembelajaran. Perbincangan guru dengan guru di kantor membahas kurikulum dan lain sebagainya. Seluruh topik bahasan yang mengarah pada akademik bisa dikategorikan percakapan tentang pendidikan. Selain contoh dialog singkat 2 orang yang membahas tentang pendidikan di atas. Masih terdapat beberapa contoh percakapan singkat yang membahas jual beli, dan liburan dibawah ini.

Contoh percakapan singkat tentang jual beli

Siapa kegiatan jual beli, kegiatan yang bisa dengan mudah kita temukan di pusat perbelanjaan ini sangat identik dengan tawar menawar. Dalam proses tawar menawar selalu ada percakapan yang melibatkan adu argumen, saling meyakinkan dan lain sebagainya. Karena memiliki berbagai unsur dan memiliki penerapan dalam kehidupan nyata maka contoh dialog tentang jual beli sangat ideal dijadikan contoh percakapan.

Baca juga: 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Kita bisa mempelajari berbagai hal ketika mendengarkan proses jual beli khususnya tawar menawar. Nah, untuk menemukan contoh nyata dari kegiatan ini tidaklah sulit. Hampir setiap hari jika kita pergi ke pasar sudah pasti menemukan banyak orang berinteraksi satu sama lain. Misalnya saja seorang pembeli yang menanyakan detil barang pada pedagang.

Dialog tawar menawar adalah contoh ideal untuk sebuah percakapan singkat. Jika kita ingin mendengarkan percakapan nyata dalam konteks jual beli maka pergi ke pasar adalah jawaban yang tepat. Namun untuk memenuhi tugas kita bisa menyusunnya sendiri, misalnya seperti contoh di bawah ini.

Ibu: Bu, tolong ambilkan baju warna biru disitu.
Penjual: Baik bu, tunggu sebentar.
Ibu: Wah bagus ya bahanny.
Penjual: Iya bu itu kualitasnya bagus karena didatangkan langsung dari jakarta.
Ibu: Berapa harganya bu?
Penjual: Rp.70.000,- saja bu.
Ibu: Wah kemahalan bu, bisa kurang nggak?
Penjual: Maaf bu, itu sudah murah karena saya ambil labanya cuma sedikit.
Ibu: Rp.65.000,- deh bu kalo boleh.
Penjual: Baik bu, saya bungkuskan dulu.

Membeli adalah hal lumrah yang kita lakukan setelah proses tawar menawar selesai. Lazimnya setelah menawar harga maka kita akan dihadapkan pada dua pilihan yakni membeli atau tidak. Jika kita merasa cocok dengan produk yang dijual maka kita bisa membelinya sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan penjual.

Produk yang bisa dibeli tidak hanya berbentuk barang saja melainkan ada juga yang berbentuk makanan. Kita bisa melihat contoh percakapan singkat tentang jual beli pada dialog ini.

Tukang Bakso: Bakso, Bakso (sambil memukul kentongan kecil)
Andi: Pak baksonya pak.
Tukang Bakso: Iya dek.
Andi: Baksonya 2 mangkuk pak, yang satu pedes yang satu enggak.
Tukang Bakso: Bentar ya dek, saya buatkan dulu.
Andi: Bapak jualan disini setiap hari ya pak?
Tukang Bakso: Iya dek, adek baru pindahan ya? soalnya kok bapak lihat masih asing.
Andi: Iya pak, papa mama baru pindahan kemarin pak.
Tukang Bakso: Oh, nama bapak pak ahmad. Kalo adek laper bisa beli bakso saya dek, soalnya saya tiap malam keliling komplek ini.

Selain membeli kita juga bisa menjual sesuatu dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Dalam prosesnya kita perlu meyakinkan pembeli kalau barang kita layak dibeli. Bagaimana cara kita melakukannya? tentu saja dengan komunikasi yang baik. Oleh karena itu kita memerlukan strategi percakapan yang sesuai. Silahkan simak contoh ini sebagai referensi.

Siswa: Selamat siang pak? saya siswa dari SMK Tunas Bangsa. Saya mau menjual beberapa kerajinan karya saya pak. Silahkan dilihat-lihat dulu barangkali bapak tertarik.
Pak rahmat: yang dijual apa aja dek?
Siswa: Ini pak, hasil kerajinan kelompok saya pak. Ada tas rajut, Sepatu kayu, Miniatur rumah, dll.
Pak rahmat: Wah kelompok apa dek? kok pada kreatif banget.
Siswa: Iya pak, jadi ini salah satu tugas kewirausahaan. Kelas saya dibagi beberapa kelompok 2 orang dan 4 orang untuk membuat kerajinan tangan yang nanti mau dijual.
Pak rahmat: Owalah kewirausahaan. Oke deh, saya ambil miniatur rumahnya saja ya? berapa harganya?

Contoh percakapan singkat tentang liburan

Berlibur adalah hal yang sangat menyenangkan dan sudah dipastikan semua siswa ingin melakukannya. Terlebih lagi bersama keluarga, kerabat dan teman dekat di hari libur semester. Sering kali kita harus berkomunikasi pada orang lain ketika menentukan destinasi liburan. Lantas seperti apa dialog yang harus kita gunakan? silahkan simak contoh percakapan di bawah ini.

Liburan Semester
Andi: Halo ngga, lama nih nggak ketemu? gimana kabarnya?
Angga: Baik ndi, kamu sendiri gimana? wah udah 2 minggu ya nggak ketemu.
Andi: Aku juga baik. Iya nih, 2 minggu kemarin kamu kemana aja?
Angga: Aku cuma liburan biasa ndi, kepantai jogja.
Andi: Wah bagus tuh, pasti pemandangannya indah deh.
Angga: Iya ndi, Apa lagi pas matahari terbenam, semuanya serba jingga. Eh kamu 2 minggu kemarin ngapain aja?
Andi: Aku juga liburan. Ke puncak bogor. hehehe.

Rencana Liburan
Raka: Dim, Bentar lagi udah libur akhir semester nih. Kamu mau kemana liburan nanti?
Dimas: Kemana ya? Ah paling ke rumah kakek nenek aja kok. Lha kamu sendiri ada acara kemana liburan nanti?
Raka: Aku malah belum punya rencana. Eh gimana kalo Akhir liburan nanti kita muncak aja gimana?
Dimas: Wah boleh juga tuh.
Raka: Kita muncaknya nunggu kamu habis pulang aja.
Dimas: Sipp. Tumben rencanamu bagus. heheh.

Itulah beberapa contoh percakaan singkat 2 orang tentang pendidikan, jual beli, dan liburan yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya anda dapat membuat contoh ppercakapan singkat sendiri bedasarkan keseharian dan aktivitas anda. Untuk membuat contoh percakapan singkat sendiri tidaklah sulit, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menentukan tema, lalu menyusun kalimat sesuai tema tersebut.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *