Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)

Diposting pada

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis) – Musikalisasi terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Munculnya alat musik baru pun semakin mempercepat laju transisi dan perubahan tersebut. Akhirnya, kita bisa membagi jenis alat musik barat menjadi tiga kategori. Diantarnaya adalah alat musik barat melodis, ritmis, dan harmonis. Masing-masing tentu memiliki pengertian serta fungsi yang berbeda.

Secara umum pasti kita sudah mengenal apa itu musik. Musik dapat tercipta menggunakan alat ataupun tidak. Berbagai alat musik yang dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan melodis yang sangat indah dan harmonis. Kalian masih bisa membagi musik tersebut beberapa macam, salah satunya jenis alat musik Barat. Apakah anda tahu macam macam alat musik Barat itu?

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)
Macam Macam Alat Musik Barat

Alat musik Barat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan jenisnya. Masing masing alat musik Barat (melodis, harmonis dan ritmis) mempunyai contoh yang berbeda beda. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam alat musik barat, baik alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)

Jenis jenis alat musik Barat tersebut dapat di pelajari ketika kita dibangku sekolah. Materi ini berisi penjelasan alat musik apa saja yang termasuk dalam kategori musik Barat. Masing masing alat musik tersebut akan saya jelaskan satu persatu dalam artikel ini.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan macam macam alat musik barat menjadi tiga kategori yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis. Masing masing alat musik tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Berikut ulasan selengkapnya:

Alat Musik Melodis

Jenis alat musik barat yang pertama ialah alat musik melodis. Alat musik melodis ialah alat musik yang dimainkan dalam melodi lagu. Adapun beberapa macam alat musik melodis yaitu:

Baca juga : Mengenal Macam Macam Gamelan Jawa Lengkap

Rekorder

Macam alat musik melodis yang pertama ialah rekorder. Rekorder ialah macam alat musik barat yang berbentuk alat tiup. Rekorder tersebut terbagi menjadi beberapa jenis sepert rekorder alto, rekorder sopranino, rekorder bass dan rekorder sopran. Rekorder sopran merupakan jenis rekorder yang sering digunakan di sekolah.

Pianika

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah pianika. Pianika ialah alat musik barat bertuts yang cara memainkannya dengan ditiup. Alat musik ini menghasilkan nada kontras pada bilah nada yang warnanya hitam.

Harmonika

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah harmonika. Harmonika ialah jenis alat musik barat yang cara memainkannya dengan meniup dab menghisap udara pada kedua perangkat penggetar yang saling terpisah.

Saxophon

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah saxophon. Saxophon ialah alat musik barat dengan kemampuan ekspresi dan jangkauan nada besar yang berupa alat tiup bersuara logam. Pada tahun 1846, pertama kali Adolphne Sax menciptakan alat musik bernama saxophon. Alat musik ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni saxophon bariton, sopran, tenor, dan alto. Jenis jenis saxophon tersebut menciptakan kesetaraan antara kwartet dengan kwartet gesek.

Trompet

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah trompet. Trompet ialah macam alat musik barat yang mengeluarkan bunyi dengan cara ditiup. Bentuk alat musik ini berupa tabung logam yang sempit, corong yang mengembang dan lebar serta memiliki lubang silindris.

Hobo

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah hobo. Hobo ialah alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan suara yang lembut dengan getaran lidah yang rangkap. Nada yang dapat dijangkau oleh alat musik ini ialah mencapai dua setengah oktaf. Hobo mulai dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Bahkan alat musik ini ditampilkan pada musik konserto pada abad ke 18. Hobo dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu hobo masa kini, hobo cor anglais dan hobo diamore. Alat musik hobo banyak ditampilkan dalam karta Rossini, Bellini dan Berio.

Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Flute

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah flute. Flute ialah alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditiup dengan hasil suara yang kaya akan suasana magisnya. Jenis flute kategori modern memiliki bunyi yang jernih dan mudah untuk dimainkan.

Klarinet

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah klarinet. Klarinet ialah jenis alat musik barat yang dimainkan dengan cara di tiup serta menghasilkan nada nada yang nyaring dan tinggi. Alat musik ini mulai dikembangkan oleh Theoblad Boem. Pada abad ke 18 pertengahan, alat musik ini berguna untuk musik band militer dan orkes,

Biola

Macam alat musik melodis selanjutnya ialah biola. Biola ialah macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara digesek. Biola menghasilkan nada yang jumlahnya besar dan tinggi sehingga banyak digunakan dalam musik orkestra. Alat musik ini berasa dari hasil karya dari Stradivarius. Bahkan pada awal penciptaannya, biola merupakan jenis alat musik paling baik yang pernah dibuat.

Alat Musik Harmonis

Macam alat musik barat selanjutnya ialah alat musik harmonis. Alat musik harmonis ialah alat musik yang dimainkan sebagai pengiring melodi lagu yang didalamnya terdapat peran aktor. Adapun beberapa macam alat musik harmonis yaitu:

Piano

Macam alat musik harmonis yang pertama ialah piano. Piano ialah jenis alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditekan. Alat musik ini dapat dimainkan oleh pianis sebagai iringan orkes maupun permainan musik solo.

Keyboard

Macam alat musik harmonis selanjutnya ialah keyboard. Keyboard ialah alat musik barat yang sejenis organ tunggal. Hasil olahan secara elektronik ini menghasilkan nada dan bunyi yang berwarna.

Electon

Macam alat musik harmonis selanjutnya ialah electon. Electon ialah macam alat musik barat sejenis keyboard berpipa namun dimainkan dengan cara ditiup.

Gitar

Macam alat musik harmonis selanjutnya ialah gitar. Gitar ialah alat musik barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memiliki bahan dasar yaitu nilon dan kawat yang berdawai enam. Gitar digunakan untuk pengiring lagu atau musik serta dapat dimainkan dalam musik tunggal.

Alat Musik Ritmis

Jenis alat musik barat selanjutnya ialah alat musik ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang digunakan untuk mengatur ritme lagu atau jalannya irama musik. Adapun beberapa macam alat musik ritmis yaitu:

Tamborin

Macam alat musik ritmis yang pertama ialah tamborin. Tamborin ialah alat musik barat yang menyerupai alat musik rebana namun disekitar kerangkanya terdapat hiasan kerincing logam ataupun tanpa hiasan. Penggunaan tamborin tersebut biasanya dalam orkes dangdut ataupun modern.

Triangle

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah triangle. Triangle ialah macam alat musik barat yang terbuat dari baja yang dibentuk menjadi lengkung bersegi. Cara memainkan triangle yaitu dengan memukul menggunakan logam kecil. Triangle tidak menghasilkan nada tetapi memiliki bunyi yang lembut. Meski begitu dalam band atau orkes sering terdengar suara denting nyaring dari triangle.

Baca juga : Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik

Tabla

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah tabla. Tabla ialah jenis alat musik barat semacam gendang dari India.

Simbal

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah simbal. Simbal ialah alat musik barat yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Suara simbal tersebut sangat bergema sehingga banyak digunakan untuk menandai bagian musik yang klimaks.

Bongo

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah bongo. Bongo ialah macam alat musik barat yang terdiri dari dua gendang yang pendek dan kecil yang ditata dengan ketinggian berbeda. Cara memainkan bongo tersebut menggunakan tangan terbuka. Alat musik ini terkenal di Amerika Latin dengan nuansa musik rumba.

Drum Set

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah drum set. Drum set ialah jenis alat musik barat yang berupa seperangkat alat perkusi. Alat musik ini terdiri dari simbal, snar drum, bass drum, dan tenor drum.

Kastanyet

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah kastanyet. Kastanyet ialah alat musik barat yang berupa lonceng kayu. Cara memainkan alat musik ini dengan memegangnya menggunakan tangan.

Kabassa

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah kabassa. Kabassa ialah macam alat musik barat yang baja manik manik bagian luarnya diuntai menjadi derik dari Amerika Selatan.

Marakas

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah marakas. Marakas ialah jenis alat musik barat yang berupa sepasang derik dari Amerika Selatan. Marakas terbuat dari labu berongga yang didalamnya terdapat manik manik kayu atau biji bijian. Cara memainkan marakas ialah dengan menggoyangkannya menggunakan kedua tangan.

Pauken

Macam alat musik ritmis selanjutnya ialah pauken. Pauken ialah alat musik barat yang hampir sama dengan genderang atau drum. Alat musik ini biasanya diletakan dibagian belakang alat musik lain sehingga tergolong alat musik simponi. Alat musik puken memiliki nada yang tinggi rendahnya dapat di stem.

Sekian penjelasan mengenai macam macam alat musik barat. Alat musik ini menurut jenisnya dapat dibagi menjadi alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.