Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda

Diposting pada

Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda – Dalam sejarah bangsa Indonesia terdapat sejarah Sumpah Pemuda untuk menghadapi peperangan dalam pergerakan kemerdekaan. Sumpah Pemuda tersebut adalah hasil keputusan Kongres Pemuda Kedua di Batavia (Jakarta) pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928. Lalu apa saja kandungan nilai nilai luhur dalam sumpah pemuda? Nilai nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda tersebut pada dasarnya harus dipahami dan dimengerti oleh para generasi muda penerus Bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda telah ditetapkan pada tanggal 28 Oktober sebagai hari bersejarah dalam mengenang dan memperingati terjadinya Sumpah Pemuda tersebut.

Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda
Nilai Nilai Luhur Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda dijadikan sebagai tonggak sejarah yang memiliki beberapa kandungan nilai nilai luhur didalamnya. Bentuk bentuk nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda tersebut merupakan wujud pemahaman arti sebenarnya yang terdapat didalamnya. Untuk itulah para generasi muda harus memahami betul tentang nilai nilai luhur Sumpah Pemuda ini. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang nilai nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda

Sebelum membahas tentang nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda, saya akan menjelaskan sedikit mengenai Sumpah Pemuda itu sendiri. Sumpah pemuda terdapat dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia dan dijadikan sebagai tonggak sejarah yang berisi semangat bangsa Indonesia untuk mencapai cita citanya. Pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 diselenggarakan Kongres Pemuda Kedua di Batavia untuk membahas tentang Sumpah Pemuda yang melahirkan cita cita yaitu bangsa Indonesia, bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Dari sinilah tercipta pula nilai nilai luhur Sumpah Pemuda.

Baca juga : Makna Alinea dalam Pembukaan UUD 1945 (Alinea I, II, III, IV)

Pada Kongres Pemuda Kedua memang tidak langsung tercipta keputusan mengenai Sumpah Pemuda tersebut. Tetapi rumusan Sumpah Pemuda ini diberikan setelah selesai dan penulisannya dilakukan oleh Moehammad Yamin. Kemudian Soegono menyetujui tulisan tersebut dan disampaikan dalam pidato akhir dalam Kongres oleh Mr. Sunario. Pada mulanya Soegondo membacakan isi Sumpah Pemuda dan kemudian M. Yamin menjelaskannya dengan lebih lengkap. Nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda tersebut dapat tersampaikan kepada rakyat bangsa Indonesia. Bahkan sampai sekarang kandungan nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut tetap melekat dalam diri anak anak penerus bangsa.

Cinta Bangsa dan Tanah Air

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda yang pertama ialah cinta bangsa dan tanah air. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut terlihat dari ikrar didalamnya seperti satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa (Bahasa Indonesia). Cinta bangsa dan tanah air inilah yang menjadi wujud pernyataan para pemuda pada tahun 1928. Arti dari cinta bangsa dan tanah air sendiri ialah kita harus bangga dan setia kepada negara dan bangsa Indonesia.

Persatuan

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah persatuan. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut diikrarkan dan dirumuskan oleh pemuda dari agama, daerah, golongan dan suku suku yang berbeda. Para pemuda akan bersatu menjadi bangsa Indonesia meskipun memiliki perbedaan karena perbedaan tidak menjadi halangan dalam membentuk persatuan. Sumpah pemuda memiliki lanjutan ikrar yang berbentuk persatuan dalam perjuangan melawan penjajah untuk mencapai Kemerdekaan Indonesia. Jika antar pemuda dan pemudi di Indonesia tidak bersatu, maka penjajahan tidak dapat diakhiri dan penjajahan tidak berhasil diperjuangkan. Persatuan Bangsa Indonesia cukup penting seperti halnya pada pepatah yaitu “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”.

Sikap Rela Berkorban

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah sikap rela berkorban. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut memiliki arti yaitu pemberian segala sesuatu yang dimiliki dengan ikhlas, meskipun dirinya sendiri mengalami penderitaan. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan semakin kuat jika sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa, orang banyak dan negara terdapat dalam diri manusia itu sendiri. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda pada jaman dulu, para pemuda menerapkan sikap rela berkorban demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Keikhlasan para pemuda dalam berkorban demi bangsa dan negara tanpa harapan imbalan ini menciptakan hasil yang berpengaruh besar dalam masa depan. Para pahlawan tersebut rela mengorbankan pikiran dan tenaga yang banyak untuk Kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

Baca juga : Struktur Organisasi PBB Beserta Tugas Tugasnya

Mengutamakan Kepentingan Bangsa

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah mengutamakan kepentingan bangsa . Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut terlihat dari pengorbanan dan perjuangan para pemuda untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan bangsa lebih mementingkan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan pribadi, golongan atau daerah masing masing. Para pemuda hanya memikirkan bagaimana cara mencapai kemerdekaan, mengusir penjajah, dan mempersatukan bangsa Indonesia.

Dapat Menghargai dan Menerima Perbedaan

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah dapat menghargai dan menerima perbedaan. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut didasarkan pada latarbelakang yang berbeda seperti perbedaan agama, daerah dan suku. Untuk itulah tercipta tekad pemuda untuk bersatu dalam Kongres Pemuda Kedua. Dengan kekayaan bangsa Indonesia ini tidak menjadi halangan dalam menyatukan perbedaan sehingga perbedaan inilah yang akhirnya dapat diterima dan dihargai banyak orang. Demi mewujudkan satu bangsa Indonesia, maka para pemuda menghargai dan menerima adanya perbedaan tersebut.

Semangat Persaudaraan

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah semangat persaudaraan. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut dilandasi pada semangat kekeluargaan. Dalam nilai nilai kekeluargaan ini terdapat rasa tanggungjawab dan kasih sayang terhadap sesama. Seperti halnya bangsa Indonesia yang memiliki sikap kekeluargaan tinggi yang tidak hanya berdasar pada ikatan darah saja. Untuk itu rasa semangat persaudaraan dalam bangsa Indonesia dilakukan dengan kasih sayang dan keikhlasan dalam bentuk sikap menolong dan saling menghormati. Dengan adanya semangat kekeluargaan yang tinggi ini menimbulkan pemuda pemudi bangsa Indonesia dapat mengikrarkan masyarakat Indonesia yang satu tanah air dan satu bangsa.

Meningkatkan Semangat Kerjasama atau Gotong Royong

Kandungan nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda selanjutnya ialah meningkatkan kerjasama atau gotong royong. Nilai nilai luhur Sumpah Pemuda tersebut dilakukan untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Dalam budaya bangsa Indonesia telah terdapat sikap gotong royong didalamnya. Pengertian gotong royong sendiri ialah pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh semua warga negara dengan sukarela dan tanpa pamrih sesuai dengan kemampuan masing masing. Bukti dari adanya kerjasama dan gotong royong di negara Indonesia ialah terciptanya kemerdekaan NKRI.

Demikianlah penjelasan mengenai nilai nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda. Nilai nilai luhur dalam Sumpah Pemuda tersebut dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk. Adapun bentuk nilai nilai luhur Sumpah Pemuda yaitu meliputi cinta bangsa dan tanah air, persatuan, sikap rela berkorban, mengutamakan kepentingan bangsa, dapat menghargai dan menerima perbedaan, semangat persaudaraan, serta meningkatkan semangat kerjasama atau gotong royong. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *