Contoh Senyawa Beserta Sifat dan Ciri Cirinya

Diposting pada

Contoh Senyawa Beserta Sifat dan Ciri Cirinya – Kita pasti menjumpai beberapa benda dalam kehidupan sehari hari yang bentuk, sifat, struktur penyusunan dan jenis jenisnya berbeda beda. Terbentuknya benda benda ini biasanya digunakan untuk saling melengkapi satu sama lain. Namun benda tersebut biasanya tidak memiliki kelengkapan dengan benda lainnya. Pada umumnya penyusunan zat berasal dari beberapa materi sehingga penggolongannya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti senyawa, campuran dan unsur. Bagaimana sifat sifat senyawa itu? Bagaimana ciri ciri senyawa itu? Apa pengertian senyawa itu?

Contoh Senyawa Beserta Sifat dan Ciri Cirinya
Senyawa Kimia

Pengertian senyawa kimia ialah zat kimia murni yang tersusun oleh beberapa unsur sehingga dapat dipecah menjadi unsur lainnya. Pemecahan unsur menjadi beberapa bentuk ini dinamakan dengan reaksi kimia biasa. Reaksi kimia yang terjadi pada dua atau lebih bagian ini akan menghasilkan senyawa seperti hematit atau karat besi. Contoh senyawa karat besi memiliki rumus berupa Fe2O3 yang berasal dari reaksi Fe (Besi) dan O (Oksigen) melalui reaksi kimia. Dalam reaksi tersebut terdapat sifat sifat senyawa dan ciri ciri senyawa yang juga dijadikan dasar dalam pembentukan senyawanya.

Contoh Senyawa Beserta Sifat dan Ciri Cirinya

Pemerolehan senyawa berasal dari dua unsur atau lebih yang digabungkan menjadi satu hingga sifat unsur penyusunnya bertolak belakang dan mempunyai sifat tertentu. Misalnya saja air atau senyawa hidrogen monoksida yang terbentuk dari senyawa oksigen dan hidrogen. Penemuan hidrogen dan oksigen tersebut berada di alam yang berbentuk gas. Namun setelah senyawa terbentuk kemudian wujudnya berubah menjadi cair, sehingga tersusunlah senyawa air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh senyawa beserta sifat sifat senyawa dan ciri ciri senyawa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian senyawa kimia ialah zat murni yang tersusun oleh dua unsur. Dengan melalui reaksi kimia, beberapa unsur dapat dipecah menjadi unsur lainnya yang digunakan untuk membentuk unsur tertentu. Contohnya saja air tadi dengan rumus senyawa H2O atau Hidrogen Monoksida. Senyawa ini berasal dari dua atom Hidrogen dalam masing masing atom Oksigen. Untuk membentuk senyawa ini biasanya didasarkan pada sifat sifat senyawa dan ciri ciri senyawa di dalamnya.

Baca juga : Materi Termokimia: Pengertian, Persamaan dan Reaksinya

Berdasarkan sifat fisik di dalamnya terdapat ketetapan dalam perbandingan senyawanya. Perbandingan ini bukan hanya berasal dari pembuatan manusia saja. Untuk itu didalamnya terdapat beberapa material seperti kuningan, coklat, YBCO dan semikonduktor yang digunakan sebagai campuran atau aloy serta tidak termasuk dalam kategori senyawa kimia. Senyawa yang satu dengan senyawa lainnya dapat dibedakan berdasarkan rumus kimianya. Dalam rumus kimia tersebut terdapat zat yang mengandung beberapa atom perbandingan dengan molekul tunggal berisi sejumlah atom lainnya. Anda dapat melihatnya pada contoh senyawa etena yang memiliki rumus kimia C2H4 dan bukan CH2.

Sifat Senyawa Kimia

Pada umumnya sifat sifat yang dimiliki oleh masing masing senyawa tidak sama dengan unsur pembentuknya. Unsur unsur pembentuk ini dapat terurai melalui reaksi kimia setelah awalnya berasal dari senyawa tertentu. Selain itu bentuk senyawa yang dimiliki juga berbeda dikondisi sama dengan unsur pembentuknya. Unsur pembentuk yang terdapat dalam sifat kimia berbeda dengan sifat fisikanya. Contohnya dua atom hifrogen yang melakukan reaksi dengan satu atom oksigen, maka akan menghasilkan molekul air. Di bawah ini terdapat sifat sifat pada senyawa yaitu sebagai berikut:

  • Senyawa memiliki komponen penyusun yang sifatnya tetap sehingga mempunyai perbandingan tertentu.
  • Pembentukan senyawa dapat melalui reaksi kimia.
  • Senyawa juga dapat digolongkan dalam bentuk senyawa zat tunggal.
  • Senyawa tidak sama dengan unsur kimia lainnya karena mempunyai sifat sifat tertentu.
  • Senyawa berkaitan dengan adanya komponen penyusun di dalamnya.

Ciri Ciri Senyawa

Kimia merupakan salah satu mapel wajib yang tergolong sulit untuk dikuasai. Materi kali ini misalnya, selain harus menghafalkan jenis senyawa kita juga harus mempelajari ciri-ciri dan sifatnya. Namun, pada kenyataanya masih banyak siswa yang kesulitan memahami materi senyawa kimia tersebut dengan berbagai alasan. Untungnya, kita bisa mencari tambahan ilmu dari berbagai sumber referensi lewat internet.

Sebelum membagikan beberapa contoh senyawa, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai ciri ciri senyawa. Dalam kehidupan sehari hari pada umumnya kita dapat menemukan senyawa dengan mudah. Misalnya saja senyawa H2O atau air. Jenis senyawa ini tersusun dari senyawa Hidrogen maupun Oksigen. Di bawah ini terdapat beberapa ciri dalam senyawa yaitu meliputi:

Baca juga : Materi Kobalt Sebagai Unsur Kimia Beserta Lambang dan Nomor Atomnya

  • Dengan reaksi kimia terdapat susunan dua atau lebih unsur untuk membentuk senyawa.
  • Sifat yang dimiliki oleh unsur penyusunnya berbeda dengan senyawanya.
  • Selalu tetap perbandingan massa unsur pada penyusun senyawanya.
  • Menggunakan reaksi kimia biasa untuk menguraikan senyawa menjadi unsur unsur penyusunnya.
  • Secara kimia dapat melakukan proses penguraian senyawa, namun secara Fisika tidak dapat menggunakannya.

Contoh Senyawa Kimia

Tanpa kita sadari, ada banyak sekali contoh senyawa kimia dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja kita tidak menyadari keberadaannya karena tidak mengetahui sifat senyawa dan ciri cirinya. Namun, pada dasarnya senyawa bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan unsur pembentuknya. Diantaranya adalah senyawa campuran, murni, organik, anorganik dan lain sebagainya.

Setelah merasa cukup mempelajari ciri ciri senyawa beserta sifatnya pada pembahasan diatas. Maka tibalah saatnya kita menganalisa dan mempelajari berbagai jenis senyawa kimia yang ada di sekitar kita. Saya telah menyediakan beragam contoh senyawa kimia pada tabel di bawah ini:

  • Asam Asetat yang digunakan untuk cuka makanan, dimana rumus kimianya berupa CH3COOH.
  • Amonia yang digunakan untuk pupuk, dimana rumus kimianya berupa NH3.
  • Asam Askorbat yang digunakan untuk vitamin C, dimana rumus kimianya berupa C6H8O6.
  • Kalsium Karbonat yang digunakan untuk bahan bangunan, dimana rumus kimianya berupa CaCO3.
  • Soda Kue yang digunakan untuk membuat roti, dimana rumus kimianya berupa NaHCO3.
  • Karbon Dioksida yang digunakan untuk penyegar minuman, dimana rumus kimianya berupa CO2.
  • Aspirin yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, dimana rumus kimianya berupa C9H8O4.
  • Magnesium Hidroksida yang digunakan untuk obat penawar dari rasa asam, dimana rumus kimianya berupa Mg(OH)2.
  • Asam Klorida yang digunakan untuk membersihkan lantai, dimana rumus kimianya berupa HCl.
  • Natrium Klorida yang digunakan untuk garam dapur, dimana rumus kimianya berupa NaCl.
  • Natrium Hidroksida yang digunakan untuk mengeringkan, dimana rumus kimianya berupa NaOH.

Sekian penjelasan mengenai sifat sifat senyawa, ciri ciri senyawa dan contoh senyawa. Senyawa ialah zat murni yang tersusun oleh dua unsur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *