Pengertian Etnografi, Jenis Jenis dan Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Etnografi, Jenis Jenis dan Contoh Lengkap – Sejak abad ke 20 telah terjadi pengembangan metode penelitian dalam bidang antropologi budaya dan sosiologi. Metode penelitian tersebut dinamakan dengan etnografi. Etnografi secara singkat dapat diartikan sebagai penelitian kualitatif tipikal. Pada dasarnya metode penelitian etnografi digunakan untuk menentukan kepentingan budaya dan sosial dengan lebih konstekstual untuk dipelajari oleh organisasi atau kelompok sosial. Apakah anda tahu apa saja jenis jenis penelitian etnografi itu? Bagaimana contoh penelitian etnografi itu?

Dalam beberapa waktu terakhir terdapat berbagai jenis metode yang tercipta dari pengembangan pengetahuan dasar dalam memenuhi metode ini seperti autoetnografi, netnografi ethnoghrafi dan sebagainya. Dalam metode tersebut terdapat pembahasan mengenai pengertian etnografi, jenis jenis penelitian etnografi dan contoh penelitian etnografi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sejak abad 20 memang terdapat pengembangan metode penelitian berupa etnografi dalam bidang antropologi kultural dan sosiologi. Etnografi sebagai metode riset dapat dinyatakan sebagai jenis penelitian kualitatif.

Pengertian Etnografi, Jenis Jenis dan Contoh Lengkap
Contoh Etnografi

Etnografi merupakan metode riset yang sangat kontekstual karena digunakan untuk menentukan arti kultural dan sosial yang akan diteliti oleh organisasi dan kelompok sosial. Etnografi tersebut merupakan salah satu dari metode penelitian yang digunakan. Apa yang dimaksud etnografi itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian etnografi, jenis jenis penelitian etnografi dan contoh penelitian etnografi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Etnografi, Jenis Jenis dan Contoh Lengkap

Etnografi secara umum dapat diartikan sebagai jenis metode penelitian terapan menggunakan divisi budaya (interaksi kelompok sosial budaya) dan model kehidupan sehari hari yang dieksplorasi untuk menemukan relevansi sosiokultural dalam konteks atau ruang tertentu. Biasanya etnografer mencoba bersatu dan mengamati kehidupan budaya kelompok orang yang akan ditelitinya. Setidaknya terdapat dua dimensi penting yang diidentifikasi pada titik ini seperti hubungan budaya kelompok yang diteliti dengan peneliti serta letak dari kelompok sosial budaya tertentu.

Baca juga : Pengertian Kerjasama Regional Beserta Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Setelah mengetahui pengertian etnografi tersebut, tentunya anda bertanya selama penelitian ini apa yang diamati dan dipelajari oleh para etnografer? Penelitian etnografi memiliki berbagai laporan yang menyatakan kecenderungan model yang dilihat etnografer pada penelitian kelompok sosial budaya. Model model tersebut dapat berupa sistem kepercayaan, nilai nilai budaya, pola perilaku dan bahasa dalam kehidupan sehari hari yang dipertimbangkan. Jumlah kelompok sosial budaya dari primitif sampai modern memang tidak terhitung. 

Kita dapat menemukan contoh kelompok sosial budaya seperti suku Badui, penggemar JKT48, dan sebagainya. Kelompok kelompok sosial besar tersebut dapat dipelajari menggunakan metode etnografi ini. Biasanya dalam sebuah kelompok terdapat individu yang diikat oleh elemen budaya sebagai karakteristik studi utama untuk dipelajari dengan metode etnografi. 

Jenis Jenis Penelitian Etnografi

Setelah menjelaskan tentang pengertian etnografi di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis etnografi. Etnografi pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan identifikasi dari pakar metodologi creswell seperti autoethnografi, etnografi feminis, fotografi, audio, etnografi media elektronik, sejarah kehidupan, video, etnografi baru, dan lain lain. Tetapi metode penelitian ini berdasarkan prinsipnya dapat dibagi menjadi etnografi kritis dan etnografi realis. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya

Etnografi Realis
Jenis penelitian etnografi yang pertama yaitu etnografi realis. Etnografi realis ialah jenis etnografi tradisional yang digunakan oleh peneliti untuk mencoba dari sudut pandang orang ketiga dalam memperoleh situasi atau data secara individual. Orang ketiga ini memiliki peran yang sangat penting karena menyampaikan pandangannya mengenai penyelidikan fenomena secara objektif. 

Etnografer yang menggunakan jenis penelitian ini juga ditawarkan kesempatan untuk menyampaikan apa yang sedang diamati kepada orang ketiga tadi. Biasanya posisi yang diambil para etnografer ada di belakang layar dan pendapat objektif pesertanya diposisikan sebagai fakta sosial. Etnografer realistis biasanya menulis laporan yang bebas prasangka politik dan pribadi sehingga fakta sosialnya dapat dibenarkan bahkan tidak ada harga dari pernyataan tersebut.

Etnografi Kritis
Jenis penelitian etnografi selanjutnya yaitu etnografi kritis. Etnografi kritis ialah jenis etnografi kontemporer yang mengandung partisipasi peneliti dalam penelitian pertahanan dan sinkronisasi kelompok sosial budaya. Keadaan masyarakat sekarang ini memperoleh respons dari etnografer kritis yang diasumsikan dalam bentuk hubungan otoritas, sistem kekuasaan, dan prestise dalam membuat individu cenderung dipinggirkan, baik dari berbagai gender, kelas maupun ras. Maka dari itu sangat penting mempelajari konteks atau situasi kehidupan dari suara orang pertama tersebut. Etnografi kritis memiliki salah satu fitur yang berupa dukungan peneliti dalam mendorong nilai tambah dari emansipatoris. 

Contoh Penelitian Etnografi

Setelah membahas tentang pengertian etnografi dan jenis jenis penelitian etnografi di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang contoh penelitian etnografi. Adapun contohnya yaitu berjudul Perjuangan Dalam Sepi : Studi  Etnografi di Jayakarsa dalam gerakan pemuda lokal, pengunduhan sarang walet dengan peralatan pelindung pribadi : etnografi di pantai Kute, Bali untuk memeriksa perilaku di tempat kerja, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian etnografi, jenis jenis penelitian etnografi dan contoh penelitian etnografi. Etnografi merupakan jenis metode penelitian terapan menggunakan divisi budaya (interaksi kelompok sosial budaya) dan model kehidupan sehari hari yang dieksplorasi untuk menemukan relevansi sosiokultural dalam konteks atau ruang tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *