Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun

Diposting pada

Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun – Ketika di bangku sekolah dasar kelas 2 tentunya para siswa telah diajarkan mengenai penjumlahan dan pengurangan. Materi Matematika ini menjelaskan tentang penjumlahan bilangan bersusun dan pengurangan bilangan bersusun. Bagaimana cara menghitung penjumlahan bersusun itu? Bagaimana cara menghitung pengurangan bersusun? Materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan cara bersusun ini merupakan pelajaran dasar dalam Matematika. Untuk itu setiap siswa diharapkan dapat memahami materi tersebut, karena disetiap materi Matematika lainnya pasti tidak terlepas dari adanya operasi penjumlahan ataupun pengurangan.

Sebenarnya cara menghitung penjumlahan bersusun dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini juga berlaku untuk cara menghitung pengurangan bersusun. Namun untuk kasus tertentu seperti penjumlahan atau pengurangan bilangan yang cukup besar, terkadang dapat diselesaikan dengan menggunakan metode susun ke bawah. Bagaimana cara menghitung penjumlahan bilangan bulat dengan bersusun itu? Bagaimana cara menghitung pengurangan bilangan bulat secara bersusun? Penjumlahan bilangan bersusun pada dasarnya menerapkan metode penyimpanan bilangannya, sedangkan pengurangan bilangan bersusun menggunakan metode peminjaman bilangan didepannya.

Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun
Penjumlahan dan Pengurangan Secara Bersusun

Pada umumnya penjumlahan bilangan bulat dan pengurangan bilangan bulat tidak hanya dapat dilakukan dengan metode susun saja. Penjumlahan dan pengurangan ini dapat dilakukan dengan metode garis pula. Metode garis dan susun ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung penjumlahan bersusun dan cara menghitung pengurangan bersusun. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun

Penjumlahan secara umum dapat diartikan sebagai cara menghitung dua bilangan atau lebih secara total. Selain itu adapula pengertian penjumlahan lainnya yaitu sebuah operasi dasar aritmatika dalam penambahan sekelompok bilangan maupun lebih. Lambang penjumlahan dapat berupa simbol plus (+). Kemudian adapula pengertian pengurangan yaitu operasi Matematika dasar yang berguna untuk membuat beberapa angka keluar dari kelompoknya. Lambang operasi pengurangan dalam notasi infix dapat berupa simbol minus (-).

Baca juga : Materi Determinan Matriks (Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal)

Operasi penjumlahan bilangan bersusun pada dasarnya kebalikan dari operasi pengurangan bilangan bersusun. Untuk itu cara menghitung penjumlahan bilangan bulat dengan bersusun berbeda dengan cara menghitung pengurangan bilangan bulat dengan bersusun. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara menghitung penjumlahan bersusun dan cara menghitung pengurangan bersusun. Berikut penjelasan selelngkapnya:

Penjumlahan Bilangan Bersusun

Hal pertama yang akan saya bahas yaitu cara menghitung pengurangan bilangan bulat secara bersusun. Operasi ini dapat dilakukan dengan cara menyimpan atau tanpa menyimpan. Berikut penjelasannya yaitu diantarannya:

Penjumlahan (Tanpa Menyimpan)
Penjumlahan pada umumnya dapat dilakukan dengan metode tanpa menyimpan. Cara menghitung penjumlahan bilangan bersusun tanpa menyimpan dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal penjumlahhan di bawah ini:

Pertandingan bola voli antar sekolah terjadi selama 2 hari. Pertandingan ini disaksikan oleh 510 orang di hari pertama. Kemudian ada lagi 420 orang yang menonton pertandingan di hari kedua. Tentukan jumlah penonton seluruhnya yang menonton pertandingan voli tadi?

Jawab.
Contoh soal penjumlahan bersusun ini dapat dilakukan dengan metode seperti berikut:
510
420  +
930
Jadi jumlah penonton seluruhnya yang menonton pertandingan voli tersebut ialah 930 orang.

Penjumlahan 1x Penyimpanan
Cara menghitung penjumlahan bersusun selanjutnya dapat dilakukan dengan metode 1x penyimpanan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh soal di bawah ini:

Hasil sensus penduduk di desa Bagas Waras menunjukkan penduduk di kelurahan tersebut berjumlah 1.250 orang. Sedangkan penduduk di kelurahan Sehat Selalu berjumlah 1.175 orang. Hitunglah jumlah penduduk seluruhnya?

Baca juga : Penaksiran Hasil Operasi Hitung Beserta Contoh Soalnya

Jawab.
Contoh soal penjumlahan bilangan bersusun di atas dapat dicari menggunakan metode seperti di bawah ini:
   1
1.250
1.175  +
2.425

Cara mengerjakan:

  • Satuan : 0 + 5 = 5
  • Puluhan : 5 + 7 = 12, ditulis 2 dan menyimpan bilangan 1
  • Ratusan : 2+ 1 + 1 (angka simpanan tadi) = 4
  • Ribuan : 1 + 1 = 2

Jadi jumlah penduduk seluruhnya ialah 2.425 orang.

Pengurangan Bilangan Bersusun

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung penjumlahan bersusun di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengurangan bilangan bulat secara bersusun. Cara menghitung pengurangan bersusun dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti di bawah ini:

Pengurangan (Tanpa Meminjam)
Cara menghitung pengurangan bilangan bersusun yang pertama dapat dilakukan dengan cara tanpa meminjam. Agar anda lebih paham mengenai metode tersebut, maka perhatikan contoh soal pengurangan di bawah ini:

Ibu memiliki persediaan beras sebanyak 300 kg. Kemudian 100 kg beras itu diberikan kepada orang orang yang kurang mampu. Maka berapakah sisa beras Ibu?

Jawab. 
Untuk menyelesaikan contoh soal pengurangan ini dapat dilakukan dengan metode seperti berikut:
300
200  –
100

Cara mengerjakan:

  • Satuan : 0 – 0 = 0
  • Puluhan : 0 + 0 = 0
  • Ratusan : 3 – 2 = 1

Pengurangan 1x Meminjam
Cara menghitung pengurangan bersusun selanjutnya dilakukan dengan metode 1x meminjam. Pengurangan bilangan bersusun ini tentunya berbeda dengan cara menghitung penjumlahan bersusun di atas. Agar anda lebih paham mengenai metode pengurangan 1x meminjam, maka dapat anda perhatikan contoh soal di bawah ini:

Tentukan hasil pengurangan dari 3.240 – 1.170?

Jawab.
  1 14
3.240
1.170  –
2.070

Cara mengerjakan:

  • Satuan : 0 – 0 = 0
  • Puluhan : 4 – 7 = 14 – 7 = 7 (14 diperoleh dari meminjam satu angka didepannya sehingga bernilai 10, maka 10 + 4 = 14)
  • Ratusan : 1 – 1 = 0 (nilai ratusan menjadi 1 karena sebelumnya telah dipinjam 1 angka sebelumnya)
  • Ribuan : 3 – 1 = 2

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung penjumlahan bersusun dan cara menghitung pengurangan bersusun. Penjumlahan bilangan bersusun dapat dilakukan dengan metode tanpa menyimpan maupun 1x penyimpanan. Sedangkan pengurangan bilangan bersusun dapat dilakukan dengan metode tanpa meminjam maupun 1x meminjam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Soal Himpunan Matematika Beserta Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.