Pengertian Kerjasama Regional Beserta Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kerjasama Regional Beserta Tujuan, Manfaat dan Contohnya – Kehidupan dalam masyarakat pada dasarnya merupakan sebuah keharusan dan bukan pilihan yang harus dijalani masing masing orang. Kehidupan manusia selalu memiliki campur tangan dengan manusia lainnya karena pada dasarnya tidak dapat hidup sendiri. Untuk itulah kehidupan masing masing orang pasti terdapat dalam masyarakat, walaupun hanya bersama dengan beberapa orang saja. Kita sebagai makhluk sosial tidak dapat menolak untuk memilih hidup secara bermasyarakat. Dari sinilah peran kerjasama regional dapat terbentuk. Apa tujuan kerjasama regional itu? Apa manfaat kerjasama regional? Apa saja contoh kerjasama regional itu?

Konsep bermasyarakat tersebut tidak hanya berlaku untuk setiap orang. Namun bermasyarakat ini juga berlaku untuk negara. Negara yang satu dengan negara lainnya pada dasarnya saling menjalin kerjasama dan hubungan yang menguntungkan satu sama lain. Hubungan yang terjalin antar negara memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti hubungan kerjasaman di bidang politik, perdagangan antar negara, kerjasama di bidang pendidikan, kerjasama di bidang teknologi dan sebagainya. Kerjasama ini bernama kerjasama regional. Apakah anda tahu apa pengertian kerjasama regional itu? Apa saja tujuan kerjasama regional? Apa manfaat kerjasama regional? Apa saja contoh kerjasama regional itu?

Pengertian Kerjasama Regional Beserta Tujuan, Manfaat dan Contohnya
Bentuk Kerjasama Regional di Dunia

Berdasarkan beberapa karakteristik pada umumnya kerjasama antar negara dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Karakteristik ini digolongkan berdasarkan jumlah anggota dan wilayahnya. Nah salah satu jenis kerjasama antar negara tersebut ialah kerjasama regional. Apa yang dimaksud kerjasama regional itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kerjasama regional, tujuan kerjasama regional, manfaat kerjasama regional dan contoh kerjasama regional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kerjasama Regional Beserta Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Kerjasama regional dapat diartikan sebagai kerjasama antara dua negara atau lebih yang dilakukan disebuah wilayah berdekatan atau kawasan tertentu. Untuk itu kerjasama regional ini sering dilakukan oleh sebuah negara dengan negara tetangganya. Diseluruh dunia terdapat penyebaran kerjasama regional yang banyak sekali. Setiap kerjasama tentunya memiliki manfaat dan tujuan yang berbeda beda. Tetapi dalam kerjasama regional ini terdapat beberapa hal yang menjadi poin penting.

Baca juga : Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya

Setelah menjelaskan tentang pengertian kerjasama regional tersebut, kemudian saya akan membahas sedikit mengenai isi kerjasama regional tersebut. Sebuah kerjasama atau perjanjian pada dasarnya berisi hak pelaku kerjasama itu sendiri. Untuk itu isi yang dimiliki oleh setiap kerjasama Internasional memiliki pembahasan yang berbeda beda. Tetapi dalam pokok pembahasan kerjasama regional biasanya memiliki beberapa poin penting didalamnya berisi kebijakan tertentu yang bermunculan. Di bawah ini terdapat hasil kebijakan Internasional yang memunculkan beberapa kebijakan seperti berikut:

  • Penetapan perjanjian dan peraturan dalam menanamkan modal sehingga posisi tawar menawar antar negara dapat diperkuat saat negara lebih maju dapat dihadapi. 
  • Memproteksi pengusaha domestik sehingga persaingan dari luar kawasan dapat dihadapi.
  • Membentuk kawasan perdagangan bebas sehingga tarif bea masuk dapat dihilangkan sehingga skala pasar Internasional dapat meningkatkan barang dari sesama negara anggota.

Tujuan Kerjasama Regional

Kerjasama regional pada dasarnya memiliki tujuan yang banyak sekali. Tujuan ini didasarkan pada keperluan setiap wilayah. Tujuan kerjasama regional secara umum ialah membuat negara anggotanya menjadi lebih maju yaitu negara yang letaknya disebuah wilayah. Tujuan dari kerjasama regional tersebut sebenarnya masih dapat dibagi lagi menjadi lebih rinci. Di bawah ini terdapat beberapa tujuan dari kerjasama regional yaitu diantaranya:

  • Membuat produk negara anggota menjadi dipasarkan.
  • Memperoleh bahan kebutuhan jika tidak diproduksi oleh negaranya sendiri.
  • Membuat hubungan ekonomi dan stabilitas kawasan antar negara anggota menjadi meningkat.
  • Membuat persahabatan antar negara tetangga menjadi terjalin.

Baca juga : 5 Tokoh Kebangkitan Nasional dan Peran Terlengkap

Manfaat Kerjasama Regional

Setelah menjelaskan tentang pengertian kerjasama regional dan tujuan kerjasama regional di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang manfaat kerjasama regional. Dampak tertentu biasanya dibawa oleh masing masing hubungan bersama pihak lain. Kita dapat merasakan masing masing dampak positif ini berbentuk manfaat. Hal ini berlaku untuk kerjasama regional pula. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari kerjasama regional yaitu meliputi:

  • Membuat keuntungan negara menjadi bertambah.
  • Membuat hubungan antar negara menjadi semakin erat.
  • Membuat produk dalam negeri dapat dipasarkan.
  • Membuat kesejahteraan ekonomi menjadi meningkat.
  • Membuat perdamaian dan ketertiban di wilayah tersebut menjadi terwujud.
  • Membuat teknologi dan ilmu pengetahuan meningkat.

Contoh Kerjasama Regional

Selain pengertian kerjasama regional, tujuan kerjasama regional dan manfaat kerjasama regional di atas. Adapula contoh kerjasama regional. Di dunia ini terdapat kerjasama regional yang dapat dinyatakan dalam contoh seperti berikut:

Uni Eropa atau European Union (EU)
Uni Eropa ialah organisasi antara anggota negara Eropa dengan pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan terdapat gerakan dari organisasi ini sebagai organisasi Internasional dan badan otonom antar negara federal.

Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)
Contoh kerjasama regional selanjutnya ialah Asia Pasific Economic Cooperation. Asia Pasific Economic Cooperation ialah organisasi kerjasama ekonomi yang sifatnya tidak mengikat, terbuka dan informal sejak tahun 1989 saat pembentukannya. Organisasi ini memiliki anggota yang berupa negara di kawasan Asia Pasifik.

Assocition of Southeast Asian Nations (ASEAN)
ASEAN ialah kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN dipelopori oleh Ir. Soekarno selaku pemimpin negara Indonesia. Tujuan organisasi ASEAN ialah untuk membuat kerjasama regional antar negara di Asia Tenggara menjadi semakin kukuh. Hal inilah yang tercantum dalam pengertian kerjasama regional di atas.

North America Free Trade Area (NAFTA)
Contoh kerjasama regional selanjutnya ialah North America Free Trade Area (NAFTA). NAFTA ialah kerjasama dalam perdagangan bebas yang ada dikawasan Amerika Utara. NAFTA tersebut termasuk organisasi di negara Amerika Utara yang memberlakukan perdagangan bebas.

Asean Free Trade Area (AFTA)
AFTA ialah organisasi yang terdapat dalam negara anggota ASEAN untuk melakukan perdagangan bebas.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kerjasama regional, tujuan kerjasama regional, manfaat kerjasama regional dan contoh kerjasama regional. Kerjasama regional dapat diartikan sebagai kerjasama antara dua negara atau lebih yang dilakukan disebuah wilayah berdekatan atau kawasan tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *