Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap

Diposting pada

Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap – Dalam pembelajaran Matematika kelas 6 terdapat pembahasan mengenai materi debit air. Bagaimana cara menentukan debit air itu? Apa yang dimaksud debit air itu? Pengertian debit air ialah jumlah volume zat jarak pada setiap satuan waktu yang melewati sebuah penampang. Air secara umum ialah zat cair yang berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Materi debit air ini sering kali muncul dalam soal soal ujian, baik ujian sekolah ataupun ujian Nasional. Debit air ini dapat dicari jumlahnya menggunakan rumus rumus yang tersedia. Dalam rumus debit air terdapat hubungan antara jumlah debit itu sendiri dengan volume dan waktu.

Disaat air dari sebuah wadah (tempat) bergerak menuju wadah lainnya, maka akan timbul aliran air (pergerakan) dengan kecepatan tertentu. Hal inilah yang dinamakan dengan debit. Rumus debit air memang berhubungan dengan satuan ukuran waktu dan satuan ukuran volume. Untuk itu contoh soal debit air dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan volume dan waktu yang telah diketahui sebelumnya. Disisi lain, anda juga harus mengetahui cara konversi satuan volume seperti cm³ ke liter atau sebaliknya dan memahami konversi satuan waktu seperi jam ke menit atau sebaliknya.

Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap
Rumus Debit Air

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian debit air ialah jumlah volume air yang mengalir per satuan waktu pada sebuah penampang seperti pipa, bendungan, sungai dan lain lain. Debit air memiliki satuan yang berupa volume per satuan waktu. Dengan kata lain dapat berbentuk m³/jam, liter/jam, m³/detik, liter/detik, dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal debit air beserta pembahasan lengkap. Selain itu saya juga akan menyertakan cara menghitung debit airnya sekaligus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap

Debit air dalam luas penampang pada umumnya dapat diukur menggunakan alat bernama Flow Meter. Flow meter ini menghasilkan pengukuran yang bernilai tertentu dengan satuan Liter per hours (L/h). Selain satuan debit air, adapula satuan waktu yang berbentuk menit, jam, ataupun detik. Satuan satuan ini nantinya akan dikonversikan ke bentuk satuan waktu lainnya. Misalnya konversi jam ke menit, menit ke detik dan sebagainya. Adapun nilai konversi satuan waktu yaitu meliputi:
1 Jam = 60 menit
1 Menit = 60 detik (sekon)
1 Jam = 3600 detik (sekon)

Baca juga : Rumus Penjumlahan Bentuk Akar dan Pengurangan Beserta Contoh Soal

Selain itu adapula satuan volume yang terdapat dalam rumus debit air tersebut. Untuk menyelesaikan contoh soal debit air juga membutuhkan pemahaman lebih lanjut mengenai konversi satuan volume ini. Konversi satuan volume ke bentuk satuan lainnya dapat berupa cm³ ke liter dan lain lain. Adapun bentuk konversi pada satuan volume yaitu meliputi:
1 dm³ = 1.000 cm³ 
1 cc = 1 ml = 1 cm
1 liter = 1 dm³
1 cm³ = 1.000.000 mm³
1 mm³ = 0.001 m³

Debit memang dikenal sebagai banyaknya zat cair per satuan waktu yang melalui jarak penampang. Selain itu adapula yang mengartikan debit air sebagai banyaknya aliran air per waktu pada satuan volume. Debit air ini termasuk dalam komponen pengelolaan sebuah DAS yang cukup penting.

Contoh Soal Debit Air

Agar anda lebih paham mengenai materi debit air ini, maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait debit ait tersebut. Selain itu saya juga akan menyertakan cara menghitung debit air di dalamnya. Adapun beberapa contoh soalnya yaitu sebagai berikut:

1. Jumlah air yang mengalir pada pipa ialah 270 liter dengan waktu 15 menit. Tentukan debit anutan pipa air dalam satuan cm³/detik?

Pembahasan.
Diketahui : Volume (V) = 270 liter = 270.000 cm³; Waktu (t) = 15 menit = 900 detik
Ditanyakan : Debit (Q) = ?
Jawab :
Q = V/t
    = 270.000/900
    = 300 cm³/detik
Jadi debit anutan pipa air dalam satuan cm³/detik ialah 300 cm³/detik.

2. Volume kolam ialah 54 m³, dimana menggunakan selang akan diisi dengan air. Pengisian hingga penuh ini membutuhkan waktu 5 jam. Tentukan debit air yang keluar dari selang dalam satuan liter/detik?

Pembahasan.
Diketahui : V = 54 m³ = 54.000 dm³ = 54.000 liter; Waktu (t) = 5 jam = 18.000 detik
Ditanyakan : Debit (Q) = ?
Jawab :
Contoh soal debit air tersebut dapat diselesaikan dengan rumus di bawah ini:
Q = V/t
    = 54000/18000
    = 3 liter/detik
Jadi debit air yang keluar dari selang dalam satuan liter/detik ialah 3 liter/detik.

Baca juga : Hubungan Antar Sudut Beserta Contoh Soalnya

3. Debit air pada suatu riam ialah 60 m³/detik. Waktu yang diperlukan untuk memindahkan air ke riam tersebut selama 3 menit. Tentukan jumlah air yang dapat dipindahkan?

Pembahasan.
Diketahui : Q = 60 m³/detik; t = 3 menit = 180 detik
Ditanyakan : V = ?
Jawab.
Cara menentukan debit air tersebut dapat menggunakan langkah seperti berikut:
 Q = V/t
60 = V/180
 V = 60 x 180
     = 10.800 m³
Jadi jumlah air yang dapat dipindahkan ialah 10.800 m³.

4. Volume suatu tangki ialah 6000 liter. Dengan menggunakan selang, tangki ini akan diisikan minyak tanah hingga penuh dimana debit anutannya 3 liter/detik. Hitunglah waktu yang dibutuhkan agar tangki dapat terisi penuh?

Pembahasan.
Diketahui : V = 6000 liter; Q = 3 liter/detik
Ditanyakan : t = ?
Jawab.
Contoh soal debit air ini dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut::
Q = V/t
 3 = 6000/t
 t = 6000/3
    = 2000 detik 
    = 33 menit 20 detik
Jadi waktu yang dibutuhkan agar tangki dapat terisi penuh ialah 33 menit 20 detik.

5. Sebuah kolam memiliki ukuran panjang 80 cm, tinggi 90 cm dan lebar 60 cm. Kemudian air kran diisikan pada sebuah bak. Dalam 30 menit, kolam akan diisi sampai penuh menggunakan air kran ini. Tentukan aliran debit air dari kran dalam satuan liter/menit?

Pembahasan.
Diketahui : p = 80 cm, t = 90 cm; l = 60 cm, t = 30 menit
Ditanyakan : Q = ?
Jawab :
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan volume terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:
Volume = p x l x t
               = 80 x 60 x 90
               = 432000 cm³
               = 432 liter

Kemudian menggunakan rumus debit air seperti di bawah ini:
Q = V/t
    = 432/30
    = 14,4 liter/menit
Jadi aliran debit air dari kran ialah 14,4 liter/menit.

Demikianlah contoh soal debit air beserta pembahasan lengkap yang dapat saya bagikan. Debit air merupakan jumlah volume zat jarak pada setiap satuan waktu yang melewati sebuah penampang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi debit air di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *