Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya – Pada umumnya limas merupakan satu dari sekian jenis bangun ruang yang memiliki rumusnya sendiri. Rumus limas tersebut biasanya terbagi atas volume maupun luas permukaan. Nah, Limas sendiri dalam kategori bangun ruang yang dapat dipotong (terpancung). Bahkan materi limas terpancung tersebut mulai diajarkan pada siswa semenjak SMA.

Bagaimana rumus volume limas terpancung matematika? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal limas terpancung saat ujian? Inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Limas bisa diartikan sebagai bangun ruang yang mempunyai sisi tegak yang bentuknya segitiga dan alas segi banyak dengan bagian atas berupa puncaknya. 

Limas secara umum memiliki karakteristik atau ciri cirinya sendiri. Ciri ciri limas tersebut dapat berupa memiliki alas dengan bentuk berupa bangun datar, memiliki titik lancip di bagian bidang atas limasnya, dan mempunyai bentuk sisi tegak yang berupa segitiga. Bangun ruang limas tersebut sebenarnya dapat dipotong menjadi bangun limas terpancung. Bagaimana rumus limas terpancung itu? Ketika dibangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi limas terpancung yang mencakup rumus volume limas terpancung dan cara menyelesaikan contoh soal limas terpancung.

Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Bangun limas akan memiliki satu titik saja meskipun rusuk rusuk tegaknya diperpanjang. Namun hal ini berbeda dengan konsep limas terpancung, karena bangun ruang ini dipotong pada bagian atasnya. Pengertian limas terpancung ialah limas yang memiliki bagian bidang alas dan atasnya sejajar, karena semua rusuk tegaknya dipotong dengan ketinggian tertentu. Bagaimana rumus volume limas terpancung itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus limas terpancung beserta contoh soal limas terpancung.

Limas terpancung merupakan bangun limas yang dipotong dengan bidang datar sehingga betuknya sejajar alas limas itu sendiri. Agar anda lebih paham mengenai materi limas terpancung ini, maka perhatikan gambar bangun ruang di bawah ini:

Baca juga : Cara Menentukan Persamaan Kuadrat Dengan Pemfaktoran Lengkap

Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya
Limas Terpancung

Bangun ABCD.PQRS di atas merupakan bangun limas terpancung. Dalam bangun limas tersebut terdapat bidang alas yang berupa bidang ABCD dan bidang atas berupa bidang PQRS. Selain itu adapula bidang sisi tegak yang dinyatakan dalam bidang bidang lainnya. Pada bidang alas tersebut terdapat rusuk rusuk yang dinamakan dengan rusuk alas, sedangkan pada bidang atas terdapat rusuk atas dan rusuk tegak di bagian bidang lainnya.

Sifat Limas Terpancung

Sebelum menjelaskan tentang rumus volume, luas permukaan, dan contoh soal limas terpancung tersebut. Alangkah lebih baik jika anda mengetahui sifat sifat limas terpancung terlebih dahulu. Limas terpancung pada umumnya memiliki beberapa sifat di dalamnya seperti berikut:

  • Rusuk pada bagian alasnya sejajar dengan rusuk pada bidang atasnya.
  • Sudut pada bidang atas dan sudut bidang atasnya sama besar.
  • Bidang alasnya sebangun dengan bidang atasnya.
  • Bentuk sisi tegak pada limas terpancung dapat berupa bangun trapesium.

Rumus Limas Terpancung

Materi limas terpancung yang akan saya bahas ini memiliki bentuk limas segi empat. Limas segi empat terpancung tersebut akan memiliki gambar seperti di bawah ini:

Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Baca juga : Cara Memfaktorkan Selisih Dua Kuadrat Beserta Contoh Soal

Dalam gambar di atas terdapat nilai t = t1 – t2. Maka dari itu dalam rumus limas terpancung ini akan terdapat perbandingan sisi dengan tinggi menggunakan konsep segitiga seperti di bawah ini:
Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Sehingga,
Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Dari persamaan di atas dapat diperoleh penjabaran rumus volume limas terpancung seperti di bawah ini:
Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Berdasarkan penjabaran di atas dapat kita ketahui bahwa bentuk rumusnya hampir sama dengan volume kerucut terpancung. Namun kita tahu bahwa kerucut sendiri merupakan limas dengan segi tak hingga. Untuk itu rumus limas terpancung berapapun seginya dapat dinyatakan dalam persamaan volume seperti di bawah ini:
Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Keterangan
L1 = Luas alas limas terpancung
L2 = Luas tutup limas terpancung

Contoh Soal Limas Terpancung

Setelah menjelaskan tentang rumus volume limas terpancung di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal bangun limas terpancung terkait rumus tersebut. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Tentukan volume limas terpancung jika luas alas terpancungnya 1 cm², luas atas terpancung 16 cm² dan tingginya 6 cm?

Pembahasan.
Contoh soal ini dapat diselesaikan dengan rumus limas terpancung seperti di bawah ini:
V = 1/3 t (L1 + √(L1L2) + L2)
    = 1/3. 6(1 + √(1. 25) + 25)
    = 2(1 + 5 + 25)
    = 62 cm³
Jadi volume limas terpancung tersebut ialah 62 cm³.

Sekian penjelasan mengenai rumus limas terpancung beserta contoh soal limas terpancung. Rumus volume limas terpancung tersebut telah saya jelaskan berdasarkan penjabaran seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi limas terpancung di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *