1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Diposting pada

1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap – Berapa nilai konversi liter ke kg itu? Apa jawaban 1 liter berapa kilogram? Pertanyaan seperti ini sering kali menjadi tanda tanya bagi sebagian orang. Terlebih lagi ketika di bangku sekolah, para siswa dianjurkan untuk mengetahui bagaimana cara melakukan konversi satuan dengan berbagai kategori, seperti satuan berat, volume, luas dan sebagainya. Salah satu contohnya yaitu konversi satuan liter dengan kilogram ini. Biasanya penggunaan konversi ini sering kali dikaitkan dengan barang seperti minyak, beras, madu, air, dan sebagainya.

Apa jawaban 1 liter berapa kg? Bagaimana cara konversi liter ke kg itu? Satuan liter dapat dikonversikan menjadi satuan kg dengan cara atau rumus tertentu. Untuk itu pengubahan satuan ini dapat dilakukan dengan mudah. Pada kenyataannya liter dan kilogram merupakan jenis satuan dalam Matematika yang memiliki kegunaan yang berbeda beda. Bahkan tingkatan yang dimiliki oleh liter dan kilogram sendiri juga tidak sama. 

1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap
Konversi Liter ke Kilogram

Sebelum mengetahui jawaban 1 liter berapa kilogram dan cara konversi liter ke kilogram tersebut. Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian satuan liter dan pengertian satuan kilogram terlebih dahulu. Dengan begitu penerapan konversi di dalamnya dapat dilakukan dengan mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 liter berapa kg? jawaban 1 liter berapa kilogram dan konversi liter ke kg lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Pertanyaan seputaran konversi satuan tentunya sering muncul di kalangan pelajar. Hal ini dikarenakan dalam Matematika sering terdapat penggunaan konversi dalam penyelesaian soal soal yang ada. Konversi ini dilakukan untuk menyamakan hasil akhir soal dengan jenis satuan yang digunakannya. Misalnya saja konversi satuan liter ke kg tersebut.

Baca juga : Pengertian Aljabar, Unsur, Cara Menyelesaikan dan Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa liter dan kilogram merupakan jenis satuan yang memiliki kegunaan dan tingkatan yang berbeda. Hal ini dikarenakan jenis atau kategorinyapun juga tidak sama. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai 1 liter berapa kg? jawaban 1 liter berapa kilogram dan konversi liter ke kg. Berikut penjelasan selengkapnya:

Satuan Liter (L)

Pengertian liter secara sederhana ialah jenis satuan yang termasuk dalam kategori satuan volume. Namun dalam sistem Internasional (SI) biasanya tidak memasukkan liter dalam satuan volume tersebut. Meski begitu dikalangan volume tetap ada yang sering digunakan dan bahkan juga populer yaitu satuan liter. Satuan liter secara resmi dapat disimbolkan dalam bentuk huruf l (huruf kecil). 

Liter sering dimasukkan dalam kategori satuan volume. Meski dalam sistem internasional tidak memuat liter sebagai satuan volume. Satuan volume secara umum berasal dari satuan panjang yang diturunkan. Dalam sistem Internasional terdapat satuan dasar untuk volume yang berupa meter kubik (m³). Selain itu adapula dasar satuan lainnya untuk menyatakan volume seperti centimeter kubik (cm³), milimeter kubik (mm³) dan sebagainya. Di bawah ini terdapat konversi satuan liter ke satuan volume lainnya yaitu:

  • 1 liter = 0,001 m³
  • 1 liter = 1 dm³
  • 1 liter = 1.000 cm³ = 1.000 cc
  • 1 liter = 10⁶ mm³
  • 1 m³ = 1.000 liter
  • 1 dm³ = 1 liter
  • 1 cm³ = 0,001 liter
  • 1 mm³ = 10‾⁶ liter
  • 1 liter = 100 cl (centiliter)
  • 1 liter = 10 dl (deciliter)
  • 1 liter = 1000 ml (mililiter)

Satuan Kilogram (Kg)

Sebelum mengetahui jawaban 1 liter berapa kg dan konversi liter ke kg tersebut. Anda harus mengetahui pengertian satuan kilogram terlebih dahulu. Kilogram dapat diartikan sebagai satuan berat atau massa yang secara resmi tercantum dalam sistem Internasional (SI). Satuan kilogram tersebut memiliki simbol yang bentuknya kg. Satuan gram merupakan hasil penurunan dari satuan berat yang betuknya dapat berupa satuan kilogram. 

Baca juga : Latihan Soal Turunan Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Disisi lain kita dapat menjumpai satuan berbasis gram dalam bentuk satuan massa lainnya yaitu dg (decigram), cg (centigram), mg (miligram) dan sebagainya. Di bawah ini terdapat konversi satuan kg ke satuan berat lainnya yaitu:

  • 1 kg = 10 hg (hectogram)
  • 1 kg = 100 dag (decagram)
  • 1 kg = 1.000 g (gram)
  • 1 kg = 10⁴ dg (decigram)
  • 1 kg = 10⁵ cg (centigram)
  • 1 kg = 10⁶ mg (milligram)
  • 1 kg = 10‾⁶ ton

Densitas (Massa Jenis)

Setelah mengetahui tentang pengertian liter dan pengertian kilogram tersebut. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian densitas atau massa jenis. Materi ini berkaitan dengan jawaban 1 liter berapa kg dan cara konversi liter ke kg tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa satuan liter termasuk dalam jenis satuan volume, sedangkan satuan kilogram termasuk dalam jenis satuan berat atau massa. Kedua satuan ini tidak dapat dikonversikan secara langsung dalam bentuk besaran massa. Untuk itu konversi satuan liter ke kilogram tidak dapat diterapkan secara langsung. Akan tetapi konversi ini tetap dapat dilakukan dengan mengubah besaran volume menjadi besaran massa. 

Untuk melakukan konversi liter ke kilogram tersebut diperlukan sebuah besaran lain di dalamnya seperti densitas atau massa jenis (berat jenis). Untuk itu apabila dinyatakan dalam bentuk persamaan akan menjadi seperti di bawah ini:

Massa Jenis = Massa / Volume

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui massa (m) dan volume (v) yang dimiliki oleh suatu benda. Untuk menghitung massa jenis (ρ) benda tersebut dapat menggunakan rumus seperti di bawah ini:

ρ = m / v

Massa jenis di atas memiliki bentuk satuan yang berasal dari (satuan massa) / (satuan volume). Contohnya gram/cc, kilogram/m³, kilogram/liter dan sebagainya.

Konversi Liter ke Kg

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa jawaban 1 liter berapa kg didasarkan pada perhitungan densitas di dalamnya. Untuk itu penting sekali untuk kita mengetahui jenis rumus massa jenis yang digunakan. Selain itu kita juga dapat melakukan konversi besaran volume ke massa dengan rumus seperti berikut:

Massa = Massa Jenis x Volume
m = ρ x v

Contoh Soal
1. Diketahui massa jenis air besarnya 1 kg/liter dengan 2 liter air. Tentukan bentuk konversi kedua besaran tersebut?

Pembahasan.
m = ρ x v 
     = 1 kg/liter x 2 liter
     = 2 kg
Jadi berat 2 liter air sama dengan 2 kilogram.

2. Diketahui massa jenis alumunium besarnya 2,712 kg/liter dengan 1 liter alumunium . Tentukan bentuk konversi kedua besaran tersebut?

Pembahasan.
m = ρ x v 
     = 2,712 kg/liter x 1 liter
     = 2,712 kg
Jadi berat 1 liter alumunium sama dengan 2,712 kilogram.

Sekian penjelasan mengenai 1 liter berapa kg? jawaban 1 liter berapa kilogram dan konversi liter ke kg lengkap. Konversi liter ke kilogram pada dasarnya tidak dapat dilakukan secara langsung sehingga membutuhkan besaran lainnya yang berupa massa jenis atau densitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.