Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya – Apa yang dimaksud bidang miring itu? Bidang miring merupakan salah satu jenis pesawat sederhana. Ketika di bangku sekolah tentunya terdapat pembahasan mengenai pesawat sederhana dalam pelajaran Fisika. Pesawat sederhana ini terdiri dari beberapa jenis seperti jungkat jungkit, katrol dan bidang miring. Namun salah satu bentuk pesawat sederhana yang sering digunakan ialah bidang miring. Bagaimana contoh penerapan bidang miring dalam kehidupan sehari hari? Materi bidang miring dalam Fisika memuat beberapa pembahasan didalamnya seperti rumus, pengertian bidang miring dan cara menyelesaikan contoh soal bidang miring.

Pengertian bidang miring secara sederhana ialah salah satu jenis pesawat sederhana dengan permukaan yang miring. Biasanya kegunaan bidang miring dalam kehidupan sehari hari ialah untuk memindahkan benda berat yang letaknya dari atas ke bawah maupun sebaliknya. Bidang miring ini memberikan bantuan gaya kepada benda agar dapat didorong keluar. Untuk itu gaya yang dikeluarkan tubuh tidak terlalu besar dibandingkan harus mengangkat benda berat tersebut. Lintasan yang terdapat dalam bidang miring memang lebih panjang, namun jika dilihat dari segi kegunaannya memang lebih efektif. Apakah anda tahu bagaimana rumus bidang miring itu? Apa saja contoh bidang miring itu? Untuk menyelesaikan contoh soal bidang miring pada dasarnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan rumus yang tersedia.

Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya
Bidang Miring

Kita memang dapat menemukan prinsip penggunaan bidang miring dalam kehidupan sehari hari. Prinsip bidang miring yang diterapkan tersebut mencakup beberapa keuntungan seperti pemindahan benda yang menggunakan gaya lebih kecil, baik dari tempat tinggi ke rendah maupun sebaliknya. Akan tetapi adapula kelemahan dalam penerapan bidang miring seperti lebih jauh jarak yang ditempuh. Kita dapat melihat contoh penerapan bidang miring pada pembuatan jalan di pengunungan dan pembuatan tangga. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bidang miring beserta pengertian bidang miring dan contoh soal bidang miring. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Bidang miring dapat diartikan sebagai bidang dengan permukaan datar yang mempunyai sebuah sudut didalamnya, namun sudut tersebut tidak tegak lurus dengan permukaan horizontalnya. Kita tahu bahwa bidang miring merupakan salah satu jenis pesawat sederhana selain jungkat jungki dan katrol. Selain itu adapula definisi bidang miring lainnya yaitu alat mekanik yang berguna untuk merubah besaran atau arah sebuah benda. Dikarenakan permukaannya miring, maka membuat bidang miring memiliki usaha yang lebih mudah. Pada bidang miring terdapat gaya gesek yang besarnya lebih minim dibandingkan yang lainnya.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya

Selain pengertian bidang miring tersebut tentunya adapula beberapa tujuan bidang miring diterapkan. Bidang miring memiliki tujuan untuk membuat pekerjaan lebih cepat, pekerjaan lebih ringan dan usaha yang dilakukan lebih kecil. Contoh penerapan bidang miring ini dapat kia jumpai dalam kehidupan sehari hari. Bahkan adapula perkakas atau alat untuk meringankan pekerjaan manusia yang dibuat menggunakan konsep bidang miring. Contohnya paku, pisau, kapak dan sebagainya. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus bidang miring, contoh bidang miring dan cara menyelesaikan contoh soal bidang miring. Berikut penjelasan selengkapnya:

Contoh Alat Bidang Miring

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa bidang miring dapat digunakan untuk membuat perkakas atau alat tertentu. Alat tersebut tentunya dapat kita jumpai sehari hari. Pada dasarnya prinsip bidang miring kebanyakan digunakan untuk memindahkan benda berat yang letaknya di atas menuju ke bawah ataupun sebaliknya. Dengan begitu pemindahan benda berat tersebut akan lebih mudah dan lebih ringan. Di bawah ini terdapat beberapa contoh bidang miring yang diterapkan dalam pembuatan alat atau perkakas yaitu meliputi:

  • Pembuatan tangga rumah yang bertingkat agar usaha dan gaya yang dilakukan menjadi lebih kecil.
  • Pembuatan jalan berkelok kelok di daerah pegunungan agar kendaraan dapat melewati jalan tersebut dengan mudah.
  • Alat dapur seperti pisau.
  • Kapak
  • Sekrup ulir
  • Dongkrak
  • Kater atau pemotong
Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya
Contoh Penerapan Bidang Miring

Baca juga : Pengertian Induksi Elektromagnetik, Penerapan, Rumus dan Contoh Soal

Rumus Bidang Miring

Setelah menjelaskan tentang pengertian bidang miring dan contoh alat bidang miring. Selanjutnya saya akan membagikan rumus pada bidang miring untuk menyelesaikan contoh soal bidang miring yang tersedia. Rumus dalam bidang miring tersebut merupakan gabungan antara panjang bidang miring, gaya kuasa, tinggi dan berat benda. Untuk itu bidang miring secara sistematis memiliki rumus seperti di bawah ini:

Fk x s = W x h

Keterangan:
Fk = Gaya kuasa (N)
s = Panjang bidang miring (m)
W = Berat benda (N)
h = Tinggi bidang miring (m)

Selain rumus pada bidang miring di atas, adapula rumus keuntungan mekanik bidang miring seperti di bawah ini:

W / F = s / h

Keterangan: 
W = Berat benda (N)
F = Gaya (N)
s = Panjang bidang miring (m)
h = Tinggi bidang miring (m)

Contoh Soal Bidang Miring

Setelah menjelaskan tentang pengertian bidang miring, contoh bidang miring dan rumus bidang miring di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal bidang miring terkait rumus di atas. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Usaha dan Energi Beserta Rumus dan Contoh Soal

1. Sebuah drum berisi miyak akan dibawa ke atas truk oleh seseorang menggunakan bidang miring. Panjang bidang miring ini sekitar 2 meter. Bak truk tersebut memiliki tinggi 100 cm dan beratnya mencapai 2000 N. Berapakah besar keuntungan mekanik dan besar gaya yang digunakan agar drum dapat naik?

Pembahasan.
Diketahui : s = 2 m; h = 100 cm = 1 m; w = 2.000 N
Ditanyakan : KM (Keuntungan Mekanik) dan F (Gaya) = ?
Jawab:
KM = s / h
       = 2 m/1 m
       = 2

Km = w / F
    F = w / KM
       = 2.000 N/2
       = 1.000 N
Jadi keuntungan mekanik bidang miring dan besar gaya yang digunakan ialah 2 dan 1.000 Newton.

2. Bidang miring memiliki panjang 4 m dan tinggi 2 m. Jika bidang miring digunakan untuk memindahkan benda berat 2.000 N. Maka tentukan gaya yang dibutuhkan agar benda dapat berpindah?

Pembahasan.
Diketahui : s = 4 m; h = 2 m; w = 2.000 N
Ditanyakan : F = ?
Jawab:
         W / F = s / h
2.000 N / F = 4 m / 2 m 
2.000 N / F = 2 m
                 F = 2.000 N / 2 m
                 F = 1.000 N
Jadi gaya yang dibutuhkan agar benda dapat berpindah ialah 1.000 Newton.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus bidang miring beserta pengertian bidang miring dan contoh soal bidang miring. Bidang miring merupakan salah satu jenis pesawat sederhana dengan permukaan yang miring. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bidang miring di atas.

Baca Juga  Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.