12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru

Diposting pada

12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru – Apa itu teks anekdot? Beberapa orang mungkin pernah mendengar tentang teks ini tetapi belum tahu definisinya. Anekdot merupakan jenis teks yang mengandung cerita lucu namun juga bersifat menyindir. Untuk menyusun kerangka dan membuat contoh cerita anekdot sindiran pun tak semudah membalikan telapak tangan. Penulis harus memperhatikan struktur serta kaidah kebahasaan agar hasil tulisan bisa diterima baik oleh pembacanya.

Secara garis besar materi satu ini bisa kita jumpai di jenjang SMP. Guru pun biasanya akan memberikan penjelasan secara intensif terkait pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan strukturnya. Materi lengkapnya juga bisa kalian baca secara mandiri di buku pedoman bahasa Indonesia. Meski demikian, tak sedikit siswa yang sering kali gagal menganalisa contoh teks anekdot singkat ketika ujian. Mayoritas memaknaiknya hanya sebatas cerita lucu yang berisi sindiran saja.

12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru
Kumpulan Teks Anekdot

Untuk mengetahui apakah suatu bacaan termasuk teks anekdot, kita tinggal memperhatikan ciri ciri teksnya. Kemudian untuk membuat cerita anekdot, kita hanya tinggal menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan yang sudah tersedia. Mudah bukan? Selain itu adapula hal yang tidak boleh terlupakan yaitu gaya penyampaian yang lucu dan mengundang tawa.

Meski sebagian menganggapnya sebagai hiburan tapi adapula yang menggunakan teks anekdot untuk menyindir. Hanya saja dengan gaya bahasa lucu dan pemilihan kata yang halus. Walaupun menyindir secara tak langsung tapi targetnya tak akan tersinggung. Kali ini saya akan membagikan beberapa kumpulan contoh teks anekdot singkat dan lucu.

12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru

Teks anekdot adalah jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud terselubung di dalamnya. Cerita anekdot yang sifatnya mengkritik biasanya digunakan untuk menyindir layanan publik dalam berbagai bidang lintas sektor. Semua itu tergantung sudut pandang penulis apakah ingin membuat contoh anekdot singkat tema politik, pendidikan, lingkungan, ataupun sosial.

Berdasarkan kaidahnya, teks ini bisa ditulis berdasarkan pengalaman hidup seseorang ataupun sebatas karangan semata. Tentunya semua kaidah tersebut disesuaikan dengan tujuan penulisannya. Apakah hanya untuk hiburan semata atau menyindir dengan bahasa yang lucu

Baca juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Namun dibalik kelucuannya, ternyata contoh teks anekdot tentang politik, pendidikan ataupun budaya yang beredar memiliki pesan moral yang bersifat tersirat. Pesan moral inilah yang akhirnya menjadi patokan kualitas dari sebuah teks anekdot.

Sampai sejauh ini, kalian bisa menjumpai berbagai contoh teks anekdot lucu singkat dengan berbagai tema. Siswa bisa memanfaatkan sumber-sumber valid serta referensi tambahan yang berasal dari internet. Oleh karenanya, pada artikel kali ini saya ingin memfokuskan pembahasan pada variasi contoh cerita anekdot beserta strukturnya.

Contoh Teks Anekdot Singkat

Mencuri sendal adalah sebuah perbuatan tercela, namun apa jadinya jika perbuatan tersebut dibalut dengan kelucuan didalam contoh teks anekdot singkat? Berikut adalah contoh cerita anekdot yang berjudul Mencuri Sandal.

Abstraksi
Di suatu siang, Tono pergi ke warung Soto untuk membeli makan siang. Setelah itu Tono kembali pulang setelah kenyang.

Orientasi
Di perjalanan Tono mengalami kecelakaan. Ia disrempet oleh sepeda motor yang ugal ugalan. Akibat kecelakaan tersebut sandal Tono malah rusak. Akhirnya Tono pulang kerumah tidak menggunakan sandal. Tono berniat ingin membeli sendal ditoko terdekat, namun ia mengurungkannya karena uangnya tidak cukup.

Krisis
Akibat uangnya tidak cukup untuk membeli sandal, akhirnya Tono berniat mencuri sandal di masjid. Kebetulan masjid tersebut terletak di dekat toko sandal tadi. Sandal yang ingin ia curi adalah sandal yang terbagus. Setiap orang yang ingin masuk ke masjid selalu di perhatikan oleh Tono sambil duduk di teras masjid. Ia bermaksud ingin mengambil sandal sesegera mungkin jika targetnya sibuk beribadah.

Catatan : Dalam contoh teks anekdot terdapat beberapa struktur teks di dalamnya. Adapun struktur teks anekdot yaitu abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan reorientasi. Meski dalam contoh anekdot tidak semua struktur bagian dimasukkan. Namun tetap mengandung beberapa bagian struktur teks yang tersedia.

Tono melangsungkan aksinya dengan lancar. Ia berhasil mengambil sandal paling bagus di masjid dan warna sandalnya hitam. Aksi Tono dalam mencuri sandal malah diketahui oleh pemilik sandal tersebut. Pemilik sandal tadi mengejar Tono sambil berteriak. Hari itu Tono sangat apes, ia bahkan tidak dapat berlari kencang karena perutnya yang buncit. Pada akhirnya Tono di bawa menuju kantor polisi. Beberapa saat kemudian diadakan penyelidikan terkait peristiwa pencurian sandal ini. Tono pun memperoleh vonis dalam pasal pencurian dan seminggu kemudian kasusnya akan disidangkan. Masalah sepele seperti ini malah membuat Tono terseret ke meja hijau.

Reaksi
Hari persidanganpun tiba, Tono hanya menunduk dan duduk di kursi tersangka.

Hakim : “Tono, 25 tahun, terbukti mencuri sandal di masjid dengan harga 50.000 rupiah. Dengan ini menyatakan bahwa Tono akan dihukum 5 tahun penjara.”
Tono : “Apa! Ini tidak adil pak! Mengapa hukuman saya lebih berat daripada hukuman koruptor?

Koda
Setelah itu Tono diberikan penjelasan oleh hakim. Tono mencuri sendal seharga 50.000 rupiah hanya merugikan satu orang saja. Sedangkan para koruptor mengambil uang 2 Miliar dan merugikan rakyat Indonesia sejumlah 200 juta orang. Dengan kata lain koruptor merugikan setiap orang sebanyak 10 rupiah saja. Maka dari itu tindakan yang dilakukan Tono lebih berat dibandingkan tindakan para koruptor.

Contoh Teks Anekdot Lucu

Siapa yang tak kenal sakit gigi, hampir setiap orang pernah merasakan sensasi penyakit ini. Namun bagi orang yang tidak mengalaminya dan melihat orang lain sakit gigi tentu akan sangat lucu. Berikut adalah contoh cerita anekdot yang berjudul obat sakit gigi.

Abstraksi
Disebuah desa terdapat seorang kakek yang hanya tinggal bersama cucunya. Waktu itu sedang dalam keadaan bulan puasa. Sang kakek dan cucunya sedang asik menonton televisi.

Baca juga : 16 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Orientasi
Kakek selalu menontoh sinetron kesukaannya yaitu “Tukang Ojek Pengkolan”. Di setiap dua puluh menit terdapat iklan dalam sinetron tersebut. Salah satu iklan yang muncul ialah iklan obat sakit gigi. Iklan obat sakit gigi ini memaparkan bahwa obat dapat diminum kapan saja.

Krisis
Kebetulan pada saat itu kakek sedang sakit gigi. Akhirnya kakek memanggil cucunya yang sedang cuci piring di dapur. Ia bermaksud untuk menyuruh cucunya agar membelikan obat sakit gigi. Cucunya pun segera membelikan obat yang diminta oleh kakek. Kemudian kakek langsung meminum obat tersebut.

Reaksi
Melihat kejadian tersebut, sang cucuk bertanya kepada kakek, “Loh kakek kan sedang puasa, mengapa obatnya diminum?”

Koda
Kakekpun menjada tanpa perasaan berdosa, “Itulah keunggulan obat ini cu, dapat diminum kapan saja.”

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh cerita anekdot yang terakhir adalah anekdot yang didalamnya memuat kelucuan dari sebuah brosur asap rokok. Seperti apa cerita lucu dalam brosur tersebut? silahkan simak contoh teks dibawah ini.

Abstraksi
Adi sedang menunggu angkot di waktu siang yang terik.

Orientasi
Disamping Adi terdapat mahasiswa yang sedang menunggu angkot juga Ia kemudian berbincang dengan mahasiswa tersebut terkait asap kendaraan yang lewat lalu lalang di jalanan.
Adi : Kotor sekali ya asapnya?
Mahasiswa : Iya mas, kotor dan tebal.

Catatan : Pembuatan contoh teks anekdot singkat dan lucu tidak terlepas dari peran ciri ciri teksnya. Adapun ciri ciri teks anekdot yaitu meliputi mengandung sosok figur manusia, bersifat menghibur dan menyindir, mendekati perumpaan seperti dongeng, berkaitan dengan realitas dan ditujukan untuk orang orang penting.

Krisis
Angkot yang ditunggu tunggu akhirnya datang. Andi dan mahasiswa itu naik angkot dan didalamnya terdapat satu penumpang yang sedang merokok. Mereka pun kembali berbincang bincang.

Adi : Yang kotor bukan hanya asap kendaraan, tetapi juga asap rokok.
Mahasiswa : Apa yang akan anda lakukan melihat orang merokok?
Adi : Aku akan tampar dia.
Kemudian Adi mendekati perokok itu dan menamparnya dengan brosur.

Reaksi
Perokok tersebut kaget dan menatap Adi dengan sangat marah. Kemudian ia mengambil brosur dan melihatnya.

Koda
Brosur yang ditamparkan Adi berisi tulisan bahwa “Asap Rokok Sangat Berbahaya Melebihi Mesin Diesel Karena Mengandung 10X Polutan”.

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Apakah jenis teks satu ini harus selalu berwujud cerita? saya rasa tidak juga. Berdasarkan buku bahasa Indonesia anekdot bisa diwujudkan menjadi berbagai bentuk. Mulai dari cerita, dialog percakapan, sampai teks yang menggabungkan unsur keduanya.

Pada sesi ini saya ingin memberikan beberapa contoh cerita anekdot singkat tema pendidikan, lingkungan, dan sosial. Karena ketiga tema tersebut sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Mangkal Pangkal Kaya

Beberapa hari terakhir, beredar kabar tentang anak tetangga yang baru bernama Anggrek. Anggrek adalah wanita yang cantik, anggun, putih, tinggi, jadi tidak heran kalau banyak laki-laki yang jatuh hati dan bersaing memperebutkannya. Namun, gosip yang beredar di masyarakat, Anggrek adalah wanita yang nakal dan mau sama siapa saja, asalkan ada uangnya. Pada sore hari yang mendung, beberapa orang memperbincangkan Anggrek.

Rita : “Eh eh, kalian tahu kan tetangga baru kita yang suka pulang sama laki-laki itu, gonta-ganti lagi.”
Rani : “Iya tahu lah, semua warga sini pasti tahu sama dia.”
Reva : “Iya tuh benar, semua pasti tahu dengan kebiasannya.”
Rita : “Kalau kalian mau enggak, jadi wanita begitu demi uang?”
Rani : “Ya, jelas tidak mau lah.”
Reva : “Amit-amit deh ya, ogah banget.”
Rita : “Tapi jangan salah sangka dulu, wanita seperti itu juga punya semboyan untuk motivasi loh.”
Rani : “Apa semboyannya?”
Rita : “Mangkal pangkal kaya, semakin sering mangkal semakin cepat kaya.”
Reva : “Hahaha, benar juga sih.”

Memberi sindiran merupakan salah satu tujuan utama dari percakapan anekdot. Namun penyampaiannya harus sesuai kaidah kebahasaan yakni menggunakan kalimat sopan. Sedangkan temanya pun tak terbatas hanya seputar hal-hal spesifik saja. Kalian bisa membuat contoh teks anekdot singkat berbagai tema sesuai keinginan.

Makan di Luar Sekolah
Pada suatu pagi yang cerah di dalam kelas sebuah sekolah, sebelum memulai pelajaran seorang guru sedang mengabsen murid-muridnya.

Guru : “Agus?”
Agus : “Hadir pak!”
Guru : “Bayu?”
Bayu : “Hadir pak!”
Guru : “Yoga?”
Yogi : “Yoga belum masuk pak, tadi kita berangkat bareng tapi sekarang tidak tahu dia dimana.”
Guru : “Kira-kira dimana ya?”
Yogi : “Wah kurang tahu juga pak, soalnya saya bukan peramal yang bisa tahu dia dimana saja. Hahaha.”
Guru : “Wah kamu itu, sama saudara kembarnya saja tidak tahu.”

Beberapa menit kemudian Yoga masuk ke dalam kelas
Yoga : “Permisi pak, bolehkah saya masuk dan mengikuti pelajaran?”
Guru : “Dari mana saja kamu Yoga?”
Yoga : “Maaf pak, saya habis sarapan di warung depan sekolah.”
Guru : “Loh, kita kan punya kantin sendiri. Kenapa harus di warung depan sekolah?”
Yoga : “Iya pak, tapi kantin sekolah kita terlalu bagus untuk saya, kumuh banget, sempit lagi, sudah kaya gudang saja, tidak pernah diurus.”

Semua murid dalam kelas tertawa mendengar perkataan Yoga
Guru : “Sudah anak-anak cukup tertawanya. Yoga silahkan duduk, kamu benar kantin di sekolah kita memang belum terlalu memperhatikan kebersihannya.”

Mendengar perkataan Yoga, pak guru lalu membuatkan jadwal piket untuk membersihkan kantin agar murid-murid yang menggunakan fasilitas tersebut bisa nyaman.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu tema yang sering kali diangkat dalam suatu pembicaraan. Terlebih jika kita sedang membicarakan performa pendidikan di Indonesia yang notabenya masih terus berkembang. Banyak sekali pro dan kontra tercipta pada setiap aspeknya. Mulai kurikulum yang berubah-ubah, materi yang sulit dihafal, sampai hubungan siswa dan guru yang kurang baik.

Hal semacam inilah yang biasanya menjadi contoh teks anekdot tema pendidikan Indonesia. Tapi, pada kali ini saya ingin memberikan bacaan yang tak ada kaitanya dengan sistem maupun pelajaran. Namun berfokus pada konsepsi siswa sebagai pelajar.

Persamaan dan Perbedaan
Pada suatu pagi, terdapat dua murid yang sedang berjalan menuju sekolah. Di sepanjang jalan, mereka asik berbincang-bincang membicarakan perpustakaan dan kantin.

Huda : “Eh bae, kamu tahu tidak perbedaan antara perpustakaan dan kantin?”
Baedowi : “Kalau perpustakaan tempat untuk membaca, kalau kantin tempat untuk makan.”
Huda : “Bener tuh, tumben pinter.”
Baedowi : “Apaan sih, pertanyaan gini aja.”
Huda : “Nah, sekarang kamu tahu tidak apa persamaannya.”
Baedowi : “Ah gampang… eh eh bentar.”
Huda : “Yaelah kelamaan, persamaannya yaitu sama-sama ada yang jaga.”
Baedowi : “Lah, kalau kantin kejujuran kan tidak ada yang jaga.”
Huda : “Yang saya tanyain kantin di sekolah kita, kan bukan kantin kejujuran. Hahaha.”
Baedowi : “Terserah deh.”

Pelajaran Ngeres
Di suatu kelas mapel IPA, sedang membahas tentang alat reprosuksi. Terjadi perbincangan menarik antara guru dan murid.

Guru : “Anak-anak, kita telah selesai membahas tentang alat reproduksi manusia. Ada yang mau ditanyakan?”
Murid : “Ada bu! Ini kan sudah teori, apakah ada prakteknya?”
Guru : “Anak-anak, dari dulu sampai sekarang, tidak pernah ada praktek dalam materi ini.”
Murid : “Yah, gimana sih bu!”
Guru : “Yaudah, sekarang masukkan bukunya anak-anak.”
Murid : “Masukkan kemana bu?”
Guru : “Masukkan ke tas, ngeres aja pikirannya.”

Contoh Teks Anekdot Lingkungan

Lingkungan menjadi salah satu sektor yang menurut saya sangat ideal untuk diangkat menjadi tema. Mengapa demikian? karena mayoritas masyarakat Indonesia masih terkesan abai menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya membuang sampah sembarangan, membakar hutan, menciptakan polusi udara, membuang limbah di sungai, dan lain sebagainya.

Dari proses sebab akibat tersebut kita bisa membuat contoh teks anekdot sindiran tentang lingkungan. Meski sebenarnya kalimat-kalimat dan cerita berbau sindiran menohok tersebut sudah ada. Tapi faktanya tak membuat masyarakat menjadi mawas diri dan lebih menjaga lingkungan di sekitarnya.

Kebersihan Lingkungan
Pada suatu pagi, seperti biasa petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di jalanan. Tiba-tiba dari dalam mobil terlihat sampah yang dilempar. Lalu petugas kebersihan mengambil sampah tersebut dan melemparkannya ke arah mobil tadi. Tidak lama kemudian, pengendara mobil turun dan menghampiri petugas kebersihan.

Pengendara Mobil : “Kenapa bapak melempar sampah itu ke arah mobil saya?”
Petugas Kebersihan : “Seharusnya saya yang tanya, kenapa bapak melempar sampah ini keluar. Ini namanya bapak membuang sampah sembarangan. Tolong hargai petugas kebersihan.”
Pengendara Mobil : “Oh mohon maaf pak, saya kan pemain basket dan tadi sedang melatih kemampuan saya. Saya mau mencoba memasukkan sampah itu ke tempat sampah yang bapak bawa.”

Petugas Kebersihan pergi tanpa mengucap sepatah katapun
“Ada-ada kelakuan anak jaman sekarang” Ucap petugas kebersihan dalam hati.

Contoh Percakapan Anekdot

Sebelum Janur Kuning Melengkung
Pada suatu hari, ada tiga orang yang sedang membicarakan masalah pasangan hidup. Tiga orang itu adalah teman dekat, dua diantara mereka sudah berstatus pacaran, dan yang satunya masih jomblo. Andi masih jomblo, sedangkan Rika dan Roki berstatus pacaran.

Roki : “Eh, Andi kapan kamu punya pacar?”
Andi : “Aku tidak mau pacaran, aku mau langsung nikah aja.”
Roki : “Hahaha, ketinggalan jaman banget kamu.”

Rika diam saja, karena dia suka sama Andi. Seminggu kemudian, Anda menyebar kartu undangan pernikahannya.
Roki : “Eh selamat ya Andi, terima kasih atas undangannya. Ngomong-ngomong, nama pasangan kamu kok sama dengan nama pacarku?”
Andi : “Pacarmu aku nikahin, sebelum janur kuning melengkung artinya belum ada yang benar-benar memilikinya secara sah.”

Itu Teman Bapak
Pada suatu pagi, ada seorang anak yang meminjam motor bapaknya untuk pergi ke sekolah karena waktu sudah hampir bel.

Anak : “Pak pinjam motornya ya, udah mau telat nih.”
Bapak : “Ambil saja, hati-hati ya.”
Anak : “Oh iya pak, sekalian sama uang 60.000, penting banget itu pak.”
Bapak : “Kok banyak amat sih, buat apa?”
Anak : “Yang 10.000 buat bensin, yang 50.000 buat uang damai di perempatan.”
Bapak : “Yaelah, itu polisi teman bapak, bilang saja harga teman cukup setengah saja gitu.”
Anak : “Oke pak, yaudah sini 35.000.”
Bapak : “Nih, ingat bilang saja kamu anaknya bapak.”

Demikianlah kumpulan contoh teks anekdot singkat dan lucu yang dapat saya bagikan. Teks anekdot adalah jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud untuk menyindir ataupun mengkritik. Teks ini dibuat dengan berdasarkan ciri ciri, struktur dan kaidah kebahasaan yang berlaku didalamnya. Terima kasih telah membaca contoh anekdot ini.

Baca Juga  12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *