8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi

Diposting pada

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi – Teks eksemplum adalah jenis rekaan yang pada umumnya menceritakan kejadian maupun perilaku yang dialami oleh tokoh pada cerita. Umumnya teks eksemplum akan diawali dengan perkenalan tokoh yang terlibat dalam cerita. Kemudian diikuti dengan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita dan diakhiri dengan interpretasi yang muncul dari tokoh dalam cerita tersebut. Contoh paragraf eksemplum yang paling banyak kita temui adalah tentang pendidikan, pengalaman pribadi, cerita hewan, dan maupun cerita rakyat.

Kalian bisa menjumpai pembahasan dan contoh teks eksemplum ketika berada di bangku sekolah menengah. Guru pun akan memberikan penjelasan secara intens terkait struktur, kaidah kebahasaan, dan unsurnya sebagai pembekalan. Beberapa pakar berpendapat bahwa teks ini tergolong teks buatan karena partisipannya mengalami peristiwa yang tidak ingin terjadi. Partisipan menginginkan peristiwa tersebut teratasi namun faktanya tidak dapat melakukan apapun.

Teks eksemplum pada dasarnya berisi pengalaman pribadi maupun menceritakan sebuah kejadian. Setiap event di dalamnya mampu merubah sifat dan karakter tokoh agar tidak mengalami kejadian yang sama. Biasanya teks ini diceritakan menggunakan gaya bahasa naratif oleh penulisnya. Apakah anda sudah memahami apa itu teks eksemplum? Kali ini saya akan membahasnya secara mendalam.

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi teks eksemplum di jenjang sekolah menengah atas. Pembahasan terkait definisi, struktur, dan kaidah kebahasaan pun tertulis rapi dalam buku pedoman bahasa Indonesia. Jenis teks satiu ini juga sering menjelma menjadi butir soal ujian yang tentu saja sangat menyulitkan. Tak sedikit siswa yang kesulitan ketika diminta menjelaskan setiap unsur yang ada dalam suatu paragraf eksemplum.

Hampir setiap orang memiliki pengalaman pribadi yang tak pernah bisa dilupakan. Dari hal itu tokoh akan mempelajari kesalahan sehingga tak mengulanginya di kemudian hari. Inilah definisi teks eksemplum yang sebenarnya. Yakni sebuah bacaan yang berisi pengalaman pribadi yang mampu mengubah sifat, dan sudut pandang pembacanya.

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi
contoh teks eksemplum singkat tentang pendidikan dan pengalaman pribadi

Teks eksemplum merupakan jenis teks yang mendiskripsikan sikap tokoh dalam sebuah cerita. Dalam pembuatan teks eksemplum pengalaman pribadi maupun tentang pendidikan akan selalu terdapat struktur yang diawali dengan pengenalan tokoh. Setelah itu dilanjutkan dengan peritiwa yang tokoh alami. Kemudian diakhiri dengan perubahan sikap pada tokoh tersebut. Dalam contoh teks ini biasanya berisi pengalaman hidup seseorang.

Sruktur Teks Eksemplum

Contoh teks eksemplum singkat biasanya memiliki tema pengalaman pribadi seseorang. Maknanya, kejadian ataupun event yang ada di dalamnya pun bersifat nyata dan bukan rekayasa. Penulis biasanya menggunakan gaya bahasa yang terkesan menarik berpadu kalimat kompleks.

Sebelum mulai menuangkan pengalaman pribadi alangkah baiknya kalian mempelajari terlebih dulu struktur yang membangun teks ini. Melalui pemahaman tersebut kita pun bisa menyusun bacaan yang lebih baik. Kalian bisa menjumpai materinya secara lengkap di buku pedoman bahasa Indonesia. Tapi, untuk mempersingkat waktu saya akan menjabarkan struktur teks eksemplum di bawah:

  1. Orientasi berisi pembukaan cerita untuk mengawali sebuah peristiwa. Misalnya wanita itu penyabar dan baik hati.
  2. Absrak berisi tentang pokok kejadian yang terdapat dalam cerita. Struktur ini berfungsi sebagai pengantar dalam sebuah peristiwa yang akan terjadi dalam cerita. 
  3. Insiden berisi tentang sebuah peristiwa yang tidak diinginkan. Misalnya Ina lupa belajar untuk ulangan hari ini dikarenakan malam kemaren ia tertidur.
  4. Interpretasi berupa sebuah amanat yang diberikan oleh tokoh mengenai peristiwa yang telah terjadi tersebut.
  5. Koda berisi tentang penutup dari sebuah cerita.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum

Secara garis besar, siswa bisa membedakan contoh teks eksemplum dengan bacaan lain dari kaidah kebahasaannya. Jenis teks yang menceritakan pengalaman pribadi ini hendaknya ditulis berdasarkan kaidah yang berlaku. Sayangnya tak semua siswa mengetahui hal tersebut karena terlalu berfokus pada strukturnya saja.

Ciri ciri teks eksemplum meliputi beberapa aspek diantaranya kejadian yang tidak diinginkan oleh tokoh. Lalu peristiwa tersebut disajikan secara urut dan jelas, dan tergolong kedalam bahasa yang naratif. Contoh paragraf eksemplum dibuat dengan unsur kebahasaan yang baik. Diantaranya adalah:

  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
  • Didalamnya terdapat kalimat kompleks
  • Menggunakan kata kerja
  • Menggunakan kata rujukan

Setelah membahas pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum disertai dengan ciri ciri teks eksemplum dan unsur kebahasaan teks eksemplum. Selanjutnya saya akan menyajikan contoh teks eksemplum singkat tentang pendidikan dan pengalaman pribadi.

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Sebuah bacaan yang disusun dari paragraf eksemplum sebenarnya memiliki cakupan tema yang luas. Memang benar cerita diangkat berdasarkan pengalaman pribadi dari sang penulis. Tapi temanya pun bisa bersifat random misalnya pendidikan, sekolahan, pelajaran, ataupun hal yang berkaitan dengan masyarakat.

Pada sesi ini saya akan memberikan contoh teks eksemplum singkat beserta strukturnya. Melalui bacaan di bawah kalian bisa menganalisa sendiri setiap unsur dan aspeknya.

Orientasi :
Aku merupakan seorang mahasiswa yang sedang pulang kuliah. Setelah pulang aku segera ingin makan siang. Kemudian aku mencari makan yang dekat dengan rumah karena aku terlalu capek untuk berjalan. Akhirnya aku membeli mie ayam yang ada digang depan rumahku. Sesampainya disana aku bertemu dengan kakakku yang juga sedang membeli mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku langsung membuka mie ayam itu lalu memakannya. Tapi aku menunggu mie ayam itu sampai dingin terlebih dahulu. (Awalan Contoh Teks Eksemplum )

Inisden :
Melihat kakakku yang lahap makan membuatku tidak sabar untuk segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya aku tergoda untuk segera membuka mie ayam tadi walaupun masih dalam keadaan yang panas. Aku buru buru ingin membuka plastik mie itu karena sudah sangat lapar. Namun plastik yang aku gigit terbuka lebar dan mie ayam tadi tumpah keluar dari mangkok. Mie ayam itu juga membuat celanaku menjadi basah. Dengan kejadian ini membuatku malu didepan kakakku. Kakakku berpesan bahwa aku harus sabar dan hati hati dalam membuka mie ayam tersebut agar tidak tumpah. Kejadian itu membuatku tidak makan siang. (Peristiwa tak terduga Contoh Teks Eksemplum )

Interpretasi :
Cerita ini menjelaskan bahwa kita harus berhati hati dan sabar sebelum mengambil sebuah keputusan. Kemudian kita juga harus memperhitungkan akibat yang akan ditimbulkan nanti. (Pesan Contoh Teks Eksemplum).

Contoh Pengalaman Pribadi (Kejadian di Parkiran Reataurant)

Pengalaman ini merupakan sebuah peristiwa yang tidak akan pernah lupa dalam hidupku. Dua bulan yang lalu aku mendapatkan prestasi karyawan teladan dalam sebuah kantor perpajakan tahun ini. Dengan prestasi karyawan terbaik yang aku dapatkan ini membuat para sahabat dan rekan kerjaku mengucapkan selamat secara langsung maupun melalui media sosial. Prestasi ini mmbuat kedua orang tuaku bangga dan mereka memberikan hadiah kepadaku. Ayah memberikanku sebuah mobil sport Lamborgini Gallardo dengan desain yang mewah seharga 5.200.000.000. Mobil mewah ini diberikan kepadaku karena ayah sangat bangga karena prestasiku diusia muda ini.

Setelah kejadian itu kira kira seminggu kemudian aku berniat untuk mengajak seluruh keluargaku untuk makan malam disebuah restoran berbintang yang ada di Bandung. Akupun bertanya kepada seluruh pihak keluarga dan mereka menyetujuinya. Makan malam ini sekaligus merayakan prestasi yang aku dapatkan dan membuat seluruh keluargaku bahagia. Setelah semua keluargaku setuju, kemudian hari yang dinantikanpun tiba. Kami bersama sama menuju restaurant yang dituju. Setelah sampai direstaurant tersebut kami memesan makanan dan setelah seleai kemudian membayarnya. Makan malam tersebut berlangsung secara bahagia penuh canda tawa dari seluruh keluarga.  Karena kami terlalu asik berbincang bincang ternyata waktu sudah menujukkan pukul 19.00 malam. Pada saat itulah aku harus menghadiri sebuah konferensi pers yang ada di Mall Bandung.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempromosikan toko batik yang akan aku buka minggu depan. Karena janjiku tersebut membuatku segera menyelesaikan makan dan segera berpamitan dengan meminta maaf dikarenakan pergi terlebih dahulu. Setelah meminta ijin untuk pergi, kemudian aku segera keparkiran menuju mobilku tadi. Akupun segera masuk kemobil namun ada wanita yang menarik tanganku kemudian menutup mulutku. Wanita itu tangguh dan menyeramkan, ia berkata untuk menyerahkan uang yang aku punya atau memilih untuk mati. Karena perasaaanku sudah tidak tenang akhirnya aku segera mengambil seluruh uang yang terdapat didompetku kemudian aku berikan kepada wanita tadi.

Baca Juga  6 Contoh Teks Eksplanasi Singkat, Padat, Jelas Beserta Strukturnya

Aku tidak bisa melawannya karena ia bersama kedua orang laki laki yang membawa pisau. Pisau itu d arahkan tepat keleherku. Setelah mengambil seluruh uangku kemudian mereka pergi mengunakan mobil miliknya. Melihat mereka sudah pergi kemudian aku segera masuk kemobil dan menguncinya. Didalam mobil aku berusaha untuk tenang akibat kejadian yang menimpaku tadi. Keringatku masih bercucuran dan badanku masih gemetaran. Aku sangat bersyukur karena Allah masih melindungiku dari penjahat penjahat tadi. Walaupun aku kehilangan semua uang yang ada didompetku namun aku masih bersyukur tidak ada barang berharga lain yang diambil sepeti laptop dan lain lain yang ada dalam mobilku. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus berhati hati dan pintar mengatur waktu terutama saat hari sudah malam.

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Tidak Ada Makan Malam)

Setelah salat maghrib aku merasa lapar karena sudah waktunya untuk makan malam. Aku segera mencari makanan digang depan rumahku. Karena aku tidak ingin berjalan terlalu jauh kemudian aku hanya membeli ketoprak digang depan saja. Sesampainya disana ternyata sudah ada tetangga tetanggaku yang juga makan disana. Mereka dengan lahapnya memakan ketoprak yang masih panas. Karena terlalu panas aku tidak segera memakannya walaupun aku sebenarnya sangat lapar. Ketoprak yang ada dipiringku sangat lezat untuk segera dimakan. Karena aku sudah sangat lapar kemudian aku tergesa gesa memakannya.

Contoh paragraf eksemplum pengalaman pribadi ini menceritakan pengalaman buruk ketika hendak makan

Setiap sendok lahapan ketoprak aku makan dengan lezatnya. Akhirnya karena tergesa gesa akhirnya ketoprak yang aku beli tumpah dan membuat celana dan bajuku kotor.  Tiba tiba aku kaget dan malu
karena kejdian tersebut. Saat itu rasa kaget dan maluku luar biasa karena disaksikan oleh tetangga tetanggaku. Ada salah satu tetanggaku yang berkata kepadaku, saat makan jangan buru buru dan tergesa gesa. Apabila kita tidak sabar pasti akan tumpah seperti yang aku alami. Akhirnya makan malamku hancur dan aku kelaparan dimalam itu.  Berdasarkan cerita ini mengajarkan bahwa apapun yang kita lakukan harus dilakukan dengan sabar dan hati hati karena harus memperhatikan akibat nantinya.

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Saat semasa liburan sekolah aku mempunyai pengalaman yang tak akan kulupakan. Saat liburan sekolah tiba, merupakan saat saat yang paling menyenangkan. Siang itu aku didatangi oleh teman teman sekolahku. Mereka datang untuk menjemputku karena ingin mengajak kekota. Kami bersama sama menuju sebuah taman bermain dengan banyak sekali wahana. Disana terdapat wahana yang menantang dan menyeramkan seperti wahana berputar 360 derajat, wahana halilintar, dan masih banyak lagi. Kami sampai di wahana histeria kemudian segera membeli tiket untuk menaikinya. Wahana ini membuat aku dihempaskan keudara setinggi 20 meter, kemudian dijatuhkan seakan akan jatuh kebawah tanpa pengaman.

Namun saat sedang asik dan berada diatas, wahana ini tiba tiba berhenti sendiri. Kami pun panik mengalami kejadian ini karena posisinya masih diatas ketinggian. Semua yang menaiki wahan ini meminta tolong. Peristiwa ini tak terduga bahkan tidak terbayangan akan seperti ini. Ada orang yang ketakutan bahkan menangis akibat wahana yang mati mendadak ini. Akupun merasa takut seakan nyawaku sedang diambang batas, seketika aku teringat kedua orang tuaku. Aku menangis dan menyebut nama mamaku. Sudah hampir 30 menit kami tersangkut diwahana ini,namun terdapat beberapa petugas yang memperbaiki wahana tersebut.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh

Akhirnya berkat para petugas tadi nyawa kami semua terselamatkan tanpa ada satupun yang terluka. Setelah itu kami terasa lega dan bersyukur kepada Allah karena masih diberi keselamatan. Akibat kejadian itu aku menjadi takut ketika melihat wahana yang sama. Akhirnya aku selalu hati hati dan waspada dalam melakukan sebuah tindakan. Karena kita tidak akan pernah menyangka apa yang akan terjadi kedepannya. Sebelum menaiki wahana tersebut harusnya kita bertanya terlebih dahulu kepada petugas apakah wahana ini aman untuk dinaiki.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Tema pendidikan menjadi tajuk yang paling banyak dipilih oleh siswa sekolah. Ada banyak kejadian unik yang harus dialami siswa ketika proses belajar mengajar. Misalnya dimarahi guru, kesulitan mengerjakan soal, mendapat ejekan teman, dan lain sebagainya. Semua pengalaman yang tak ingin terjadi tersebut bisa menjadi contoh teks eksemplum singkat.

Begitu juga saya yang notabenya juga pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan. Bahkan saya pun enggan mengingatnya kembali karena berbagai alasan pribadi. Intinya, saya tak begitu menyukai pelajaran matematika namun harus berhadapan dengannya karena menjadi bagian dari mapel wajib di SMA.

Jangan Matematika
Aku sebenarnya memang tidak terlalu pandai jika harus dihadapkan dengan persoalan matematika. Ketika aku duduk di bangku sekolah dasar, aku mencoba mengerjakan soal soal matematika yang aku rasa sangat berat dan susah untuk dikerjakan.

Ibuku sendiri adalah wanita penyabar dan perhatian, terlebih lagi pada anak anaknya. beliau ingin semua anaknya menjadi anak yang cerdas, berbakti dan mampu membanggakan orangtuanya. Sedangkan menginjak bangku kelas 2 SD saja aku sudah mulai malas dan nakal terutama dalam hal belajar. Jika ada teman sekelas yang mengajakku bermain, tentu aku akan lebih memilih bermain dibandingkan mendengarkan penjelasan guru yang berbelit belit menjelaskan pelajaran yang tidak aku mengerti.

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi
contoh teks eksemplum tentang pendidikan

Disuatu siang, aku pulang sekolah dalam keadaan capek, lemas dan lesu. Bukan karena alasan, namun karena nilai matematika yang aku dapatkan tidak sesuai harapanku alias jelek. Sembari mengeluarkan bukuku dari dalam tas ibuku bertanya “Kamu dapat nilai berapa hari ini?” Aku hanya bisa diam mendengar pertanyaan ibuku. Hingga akhirnya ibu mengulangi pertanyaan itu kembali. Dengan sangat berat hati aku beritahukan nilaiku yang sebenarnya pada ibu.

Dengan gugup dan takut mengecewakan ibu aku berkata “Nilai matematikaku hanya dapat 2 bu”. Mendengar jawabanku ibu langsung marah dan melemparkan buku matematikaku ke lantai hingga menimbulkan suara yang keras. Tetapi dibalik kemarahan ibuku, beliau juga bangga karena aku mampu berkata jujur meskipun itu akan membuat ibuku marah. Ibuku bangga ketika aku mengakui kesalahanku sendiri dan mau untuk berusaha lebih rajin.

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Sejak saat itulah aku mulai berusaha untuk menyukai matematika dan pelajaran pelajaran yang awalnya dulu aku benci. Selain itu aku juga telah berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti bermain dengan teman ketika guru menerangkan materi pembelajaran kepada muridnya.

Contoh teks eksemplum singkat tentang pendidikan di menceritakan pengalaman pribadi. Pasalnya setiap event di dalamnya bersenggolan dengan apa yang pernah dialami oleh tokoh ketika berada di bangku sekolah.

Inilah beberapa contoh teks eksemplum singkat tentang pendidikan dan pengalaman pribadi yang dapat saya sajikan. Pembuatan teks eksemplum ini harus memperhatian struktur, ciri ciri serta hal lain yang terkandung didalamnya. Contoh paragraf eksemplum yang baik dapat dibuat dengan berpedoman kepada hal hal tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *