14 Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana

Diposting pada

14 Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana – Materi teks prosedur sebenarnya sudah mulai diajarkan bahkan semenjak berada di bangku sekolah menengah. Struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri-cirinya pun bisa kalian baca sendiri di buku pedoman bahasa indonesia. Seiring berjalannya waktu cakupan pembahasan yang harus dikuasai siswa pun mulai meningkat. Ketika menginjak jenjang yang lebih tinggi kita pun dituntut harus mampu mengidentifikasi dan membuat contoh teks prosedur kompleks singkat.

Pada dasarnya jenis teks satu ini tak pernah lepas dari aktivitas kita sehari-hari. Contohnya saat kita mencari tutorial, cara memasak, dan informasi yang menunjunkan langkah-langkah kegiatan. Teks prosedur tak memiliki batasan tema layaknya jenis bacaan lain. Selama memenuhi kaidah kebahasaan dan struktur yang terdiri dari judul, alat/bahan, dan langkah-langkah maka bacaan tersebut masuk kategori teks prosedur.

Meski demikian beberapa siswa kurang mampu menyadarinya karena berbagai alasan. Padahal dalam konteks pendidikan materi satu ini sering kali menjelma menjadi butir soal ujian maupun tugas mandiri yang menyulitkan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh teks prosedur kompleks sederhana. Untuk menambah referensi maka akan saya tuliskan juga mengenai pengertian, tujuan, dan struktur lengkapnya.

14 Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana

Apa yang dimaksud dengan teks prosedur kompleks? Apa tujuan teks prosedur kompleks? Bagaimana struktur teks prosedur kompleks itu? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Untuk mengetahuinya, pertama kalian harus bisa mengidentifikasi beberapa unsurnya.

Sebelum membahas mengenai teks prosedur, tidak ada salahnya terlebih dahulu kita membahas tentang pengertian prosedur. Menurut KBBI, prosedur adalah tahapan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Pengertian lain dari prosedur adalah metode atau langkah demi langkah dalam memecahkan suatu masalah.

Sedangkan pengertian teks prosedur adalah teks yang berisi penjelasan mengenai tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penyajian di dalamnya juga harus urut dan runtut agar mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca.

Lantas apa tujuan teks prosedur? berdasarkan buku pedoman bahasa Indonesia tujuanya tak lain adalah:

  • Memperoleh hasih yang ingin dicapai.
  • Memudahkan pembaca memahami langkah demi langkah.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Sebenarnya prosedur bukan termasuk bacaan yang panjang layaknya deskripsi, eksposisi, ataupun eksplanasi. Karena tujuan utamanya sebagai panduan melakukan/menyelesaikan sesuatu. Maka setiap unsurnya harus dibuat singkat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca.

14 Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana
Contoh Teks Prosedur Kompleks

Kalian tak membutuhkan paragraf panjang saat hendak membuat contoh teks prosedur kompleks sederhana. Cukup tuliskan poin-poin penting yang menjadi unsur utamanya yang mencakup tujuan, material, dan urutan langkah. Sebelum menuju pembahasan selanjutnya alangkah lebih baik jika kalian baca struktur teks prosedur dan penjelasan di bawah ini: 

  • Tujuan : Pada bagian ini berisi tentang judul teks prosedur, tentang apa teks prosedur akan dibuat.
  • Material : Pada bagian ini berisi tentang alat yang dibutuhkan dalam melakukan suatu aktivitas. (Tidak semua teks prosedur memiliki struktur ini, hanya pada teks prosedur tertentu saja, misal teks prosedur tentang resep masakan dll).
  • Langkah-langkah : Pada bagian ini berisi tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Secara garis besar 3 unsur utama yang menjadi struktur di atas sangat mudah untuk kita pahami. Namun, ada kalanya kalian akan menjumpai contoh teks prosedur kompleks sederhana yang memang tak menuliskan tujuan/material secara eksplisit.

Inilah yang terkadang membuat siswa menjadi bingung saat mengidentifikasi. Maka dari itu, simaklah penjelasan di bawah karena saya telah merangkum pembahasannya menjadi satu.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pada sesi ini saya akan memberikan beragam contoh teks prosedur kompleks tema yang beragam. Dibawah ini akan saya sajikan contoh bacaan yang menggunakan struktur material dan yang tidak. Tujuannya tak lain agar nantinya kalian bisa mengetahui perbedaannya.

Biasanya contoh teks prosedur kompleks singkat tanpa material sangat mudah untuk dijumpi dalam bentuk cara melakukan sesuatu. Karena murni hanya berisi panduan dan tidak memerlukan alat/bahan sama sekali. Maka setelah struktur tujuan (judul) bisa langsung menuliskan langkah-langkah kegiatannya.

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak fitur. Sebelum kita menggunakan komputer, terlebih dahulu kita harus menghidupkannya agar dapat mengakses program-program yang terdapat di dalamnya. Untuk menghidupkan komputer, Anda bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Pastikan kabel monitor, mouse, dan keyboard telah terhubung ke CPU.
  2. Pastikan juga kabel power CPU dan monitor telah mendapat arus listrik dari stop kontak.
  3. Tekan tombol power pada CPU dan monitor.
  4. Tunggu proses booting.
  5. Setelah hidup, komputer sudah siap digunakan.

Cara Mematikan Komputer

Untuk menghemat daya listrik, setelah selesai menggunakan komputer haruslah mematikannya. Komputer memiliki prosedur sendiri untuk mematikannya, prosedurnya berbeda dengan cara menghidupkannya. Untuk mematikan komputer, Anda bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Tutup semua program aplikasi yang digunakan.
  2. Klik tombol Start di pojok kiri bawah menggunakan mouse.
  3. Setelah itu klik Shut Down.
  4. Tunggu komputer sampai benar-benar mati.
  5. Tekan tombol power monitor untuk mematikannya.
  6. Jangan lupa mencabut arus listrik dari stop kontak.

Cara Membuat Email di Gmail

Gmail merupakan layanan web milik Google yang dapat kita gunakan untuk membuat akun email. Kelebihan membuat email di Gmail adalah kita bisa mengakses semua produk google seperti Blogspot, YouTube, Google Plus, dan Google Drive dengan hanya menggunakan satu akun Gmail saja. Untuk membuat email di Gmail sangat mudah, berikut prosedurnya:

  1. Langkah pertama Anda harus mengunjungi website Gmail di www.gmail.com
  2. Kemudian klik Buat Akun.
  3. Setelah itu isi formulir yang telah disediakan dengan data-data Anda.
  4. Setelah formulir terisi, klik Langkah Berikutnya untuk melanjutkan.
  5. Lalu, masukkan nomor handphone Anda yang aktif karena akan digunakan untuk verifikasi.
  6. Setelah ada kode verifikasi dari Google, masukkan pada kolom yang telah disediakan.
  7. Langkah terakhir, klik Verifikasi.

Cara Membuat Email di Yahoo

Yahoo merupakan layanan website yang didirikan oleh Jerry Yang dan juga David Filo. Kita bisa membuat alamat email menggunakan Yahoo. Dengan memiliki email di Yahoo, kita dapat mengakses layanan dari Yahoo lainnya yaitu Flickr, Delicious, dan juga Yahoo Messenger. Untuk membuat email di Yahoo, Anda bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan masuk ke website Yahoo di www.id.mail.yahoo.com
  2. Setelah itu, klik Daftar.
  3. Kemudian, masukkan data diri Anda pada kolom yang telah disediakan.
  4. Jika sudah diisi, klik Lanjutkan.
  5. Kemudian Anda akan menerima SMS dari Yahoo berupa kode verifikasi.
  6. Masukkan kode verifikasi yang diberikan.
  7. Langkah terakhir, klik Verifikasi.

Cara Membuat Akun Facebook

Facebook merupakan sosial media yang paling popular sekarang ini. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckenberg dan resmi diluncurkan pada tahun 2004. Dengan menggunakan Facebook, kita bisa menemukan teman kita yang berada di luar negeri sekalipun. Untuk membuat akun facebook, Anda bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Masuk ke website Facebook di www.facebook.com
  2. Kemudian akan ada formulir pendaftaran, isi formulir dengan data lengkap Anda.
  3. Jika sudah, klik Buat Akun.
  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan tiga langkah yaitu tambahkan teman, temukan teman, dan tambahkan foto profil.
  5. Jika sudah, sekarang Anda buka email yang tadi digunakan untuk mendaftar facebook.
  6. Dalam isi email tersebut, klik Konfirmasi Akun Anda.

Cara Membuat Akun Instagram Android

Instagram merupakan sosial media yang sangat populer dan banyak digunakan. Dengan menggunakan Instagram, kita bisa mengaploud foto dan video yang kita punya agar bisa dilihat oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat melakukan live menggunakan Instagram. Untuk bisa menikmati semua fitur Instagram, Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu. Untuk membuat akun Instagram, silahkan ikuti prosedur di bawah ini:

  1. Masuk aplikasi instagram di Android.
  2. Pilih Sign up atau Daftar.
  3. Isi data Anda pada kolom yang disediakan, pastikan data benar.
  4. Kemudian pilih Daftar lagi.
  5. Lalu, Anda akan diminta menghubungkan Instagram Anda dengan akun Facebook.
Baca Juga  Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya

Cara Membuat Akun Twitter

Twitter merupakan sosial media layaknya Facebook. Bedanya dengan Facebook, Twitter lebih banyak digunakan oleh para artis dan aktor di seluruh dunia. Anda bisa berkenalan dengan idola Anda di Twitter namun harus mempunyai akunnya terlebih dahulu. Untuk membuat akun Twitter, silahkan ikuti prosedur berikut ini:

  1. Silahkan Anda masuk ke website Twitter di www.twitter.com
  2. Untuk memudahkan pendaftaran, ubah bahasanya menjadi Bahasa Indonesia.
  3. Kemudian, isikan data yang diminta seperti nama lengkap, alamat email, dan password.
  4. Jika sudah, klik Daftar ke Twitter.
  5. Pada langkah selanjutnya, silahkan tentukan username untuk akun Anda. Pada langkah ini, username tidak boleh menggunakan spasi, jika hendak memberikan jarak huruf silahkan gunakan simbol underscore atau garis bawah.
  6. Jika sudah, klik Daftar lagi.
  7. Langkah selanjutnya adalah penyesuaian tentang profil Anda seperti minat Anda, usulan untuk profil Anda, dan mengubah foto profil.
  8. Untuk mengkonfirmasi Twitter, silahkan masuk ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  9. Dalam email tersebut, klik tombol Konfirmasi Sekarang.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Blogspot merupakan salah satu produk Google yang sangat populer, dengan Blogspot kita bisa membuat blog secara gratis. Dengan memiliki blog, kita bisa menulis sesuai keinginan dan hobi. Blog juga bisa digunakan untuk berbagi, selain itu juga bisa digunakan untuk mencari uang. Untuk membuat blog, silahkan ikuti prosedur di bawah ini:

  1. Silahkan Anda masuk ke website Blogger di www.blogger.com
  2. Setelah itu, login menggunakan akun Gmail.
  3. Jika sudah, maka Anda akan masuk ke dashboard Blogger.
  4. Klik Buat Blog untuk membuat blog baru.
  5. Kemudian konfigurasi judul, alamat blog, dan template (tampilan blog) sesuai keinginan.
  6. Langkah terakhir klik Buat Blog.

Cara Membuat Blog di WordPress.com

WordPress.com berbeda dengan WordPress.org, perbedaanya terletak pada fitur-fiturnya. Fitur WordPress.org lebih lengkap jika dibandingkan dengan WordPress.com karena berbayar. Nah, untuk permulaan lebih baik menggunakan WordPress.com saja yang gratis. Untuk membuat blog di WordPress gratis, silahkan ikuti prosedur berikut ini:

  1. Silahkan Anda masuk ke website WordPress yang gratis di www.wordpress.com
  2. Selanjutnya masukkan alamat blog yang diinginkan.
  3. Kemudian klik Buat Situs Web.
  4. Lalu Anda akan diminta mengisi data yang disediakan seperti alamat email, nama pengguna, dan password.
  5. Masuk ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar di WordPress.
  6. Pada isi email tersebut, klik link tautan yang diberikan untuk melakukan verifikasi.
  7. Setelah melakukan verifikasi, Anda akan masuk ke dashboard WordPress milik Anda.

Cara Menggunakan Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang memiliki banyak kelebihan. Produk buatan Google ini juga sangat banyak digunakan, baik pengguna komputer, laptop, bahkan smartphone. Untuk menggunakan Google Chrome sangat mudah, silahkan ikuti prosedur di bawah ini:

  1. Silahkan buka software Google Chrome.
  2. Ketikkan kata kunci di search bar untuk melakukan pencarian di Google.
  3. Dan ketikkan alamat website di address bar untuk mengakses sebuah website.
  4. Pada Google Chrome terbaru, address bar dan search bar sudah digabungkan menjadi satu. Jadi kita bisa menggunakannya untuk dua fungsi sekaligus.

Contoh Teks Prosedur Singkat

Untuk 4 contoh berikutnya adalah contoh teks prosedur yang menggunakan struktur material. Jadi setelah menuliskan judul, akan dilanjutkan dengan struktur material, baru memasuki struktur langkah-langkah. Kalian tak perlu menuliskan paragraf pengantar seperti sebelumnya. Karena biasanya judul yang ditulis sudah merepresentasikan tujuan dari bacaan tersebut.

Ada banyak sekali contoh teks prosedur kompleks singkat meskipun harus menyertakan unsur material. Contohnya adalah resep masakan yang notabenya hanya berisi judul, alat/bahan, dan cara memasak. Kalian pun bisa membacanya langsung dari buku masakan atau browsing di internet.

Tapi, untuk menambah pengetahuan saya telah mempersiapkan contoh teks prosedur beserta strukturnya untuk kalian analisa.

Cara Membuat Donat

Bahan yang diperlukan:

  1. 200cc air mineral.
  2. 1/2kg tepung terigu.
  3. 1/2 bungkus ragi instan.
  4. 4 sendok makan gula pasir.
  5. 4 sendok makan susu kental.
  6. 3 sendok makan mentega.
  7. 2 sendok teh garam.
  8. 2 butir telur.

Cara pembuatan:

  1. Kocok 2 butir telur itu dalam sebuah wadah menggunakan sendok, kemudian masukkan bahan-bahan lain seperti gula pasir. garam, tepung terigu, mentega, dan susu. Aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya, masukkan ragi instan ke dalam air, aduk hingga merata. Lalu masukkan ragi ke adonan tadi, diamkan dalam wadah tertutup sampai adonan mengembang, biasanya sekitar 20menit.
  3. Siapkan wadah dan taburi tepung terigu agar tidak lengket.
  4. Kemudian, ambil adonan tersebut 1 sendok makan dan buat bulatan donat dan taruh di wadah yang sudah disiapkan tadi. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Lubangi bagian tengah adonan yang sudah dibuat bulatan.
  6. Panaskan minyak, jika sudah panas masukkan adonan donat ke pengorengan.
  7. Jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan, angkat donat tersebut dan diamkan hingga dingin.
  8. Langkah terakhir, taburi dengan meses atau gula halus.

Cara Membuat Es Buah

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Es batu.
  2. Air putih matang.
  3. Gula pasir.
  4. Buah. (sesuai keinginan)
  5. Pengeruk buah.
  6. Susu.
  7. Mangkuk.

Cara pembuatan:

  1. Masukkan air matang ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan gula secukupnya lalu aduk dengan sendok hingga larut.
  3. Keruk buah yang sudah disiapkan, lalu masukkan ke mangkuk.
  4. Masukkan es batu sesuai selera.
  5. Tuangkan susu untuk menambah rasa nikmat es buah.
  6. Langkah terakhir, aduk-aduk agar semuanya merata.

Cara Membuat Rendang Jengkol

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Jengkol.
  2. Air putih.
  3. 6 butir bawang merah.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. Cabai sesuai selera.
  6. Minyak goreng.
  7. Peyedap rasa.
  8. 1 sendok teh gula pasir.
  9. 1 sendok teh garam.
  10. 1 lempeng gula merah.
  11. 1 lembar daun salam.

Cara pembuatan:

  1. Rendam jengkol terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hari untuk menghilangkan bau.
  2. Bersihkan kulit tipis yang masih menempel pada jengkol, usahakan sampai benar-benar bersih agar tidak mengurangi kelezatan masakan.
  3. Geprek jengkol namun jangan sampai hancur, ini dimaksudkan agar nanti jengkol mudah matang dan empuk.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga benar-benar halus dengan cara ditumbuk. Anda juga bisa menggunakan blender untuk mempercepat waktu dan menghemat tenaga.
  5. Tumis bumbu hingga harum, kemudian masukkan gula pasir, gula merah, daun salam, dan juga penyedap rasa. 
  6. Langkah terakhir, masukkan jengkol dan tunggu hingga benar-benar empuk.

Cara Menanak Nasi

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Beras.
  2. Rice cooker.
  3. Air putih.
  4. Daun pandan.

Langkah-langkah:

  1. Cuci beras hingga bersih, lakukan 2x atau lebih agar beras benar-benar bersih.
  2. Masukkan beras tersebut ke dalam rice cooker, jangan lupa tambahkan air untuk menanak nasi. Pastikan air berada pada ruas jari kedua dari permukaan beras, jangan lebih atau kurang.
  3. Nyalakan rice cooker pada posisi Cook untuk memulai menanak nasi.
  4. Tunggu beberapa menit hingga nasi matang, biasanya rice cooker akan berada pada posisi Warm ketika nasi sudah matang.

Teks prosedur merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel yang membahas tentang pengertian teks prosedur, tujuan teks prosedur, struktur teks prosedur, dan contoh teks prosedur ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.