Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Diposting pada

Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh – Apa yang dimaksud iklan baris itu? Bagaimana unsur unsur pada iklan baris itu? Bagaimana bentuk contoh iklan baris? Secara umum iklan dapat diartikan sebagai berita pesanan yang berguna untuk membujuk dan mendorong khalayak umum agar tertarik dengan jasa dan barang yang ditawarkan.

Selain itu adapula yang mengartikan iklan sebagai pemberitahuan tentang jasa atau barang yang dipajang ataupun di jual melalui tempat umum maupun media massa kepada khalayak umum. Disisi lain Dewan Periklanan Indonesia juga mengungkapkan pengertian iklan yaitu sebuah bentuk komunikasi kepada target sasaran terkait merk dan produk tertentu.

Unsur Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh
Contoh Bentuk Iklan Baris

Tujuan utama mengapa orang menggunakan iklan baris tak lain untuk mendapat feedback dengan harga murah. Sayangnya, dalam penulisan iklan baris tidak semua orang memahami apa saja unsur unsurnya. Hal inilah yang akhirnya membuat contoh iklan baris menjadi kurang efektif karena makna yang tidak tersampaikan. Padahal unsur unsur iklan baris harus memenuhi beberapa aspek penting.

Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Dalam dunia publikasi kita bisa membagi iklan menjadi beberapa jenis, salah satunya yakni iklan baris.Apa yang dimaksud iklan baris? Pengertian iklan baris ialah iklan yang mengandung beberapa baris dalam kolom sehingga pemasangannya dapat berbentuk baris baris. Untuk mengetahui jenis iklan baris ini tentunya dapat dilakukan dengan melalui karakteristik yang dimilikinya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa iklan baris memiliki beberapa karakteristik di dalamnya. Karakteristik iklan baris ini dapat meliputi penyusunannya dalam kontak empat persegi panjang sehingga bentuknya berbaris, dimana maksimal 10 baris dan minimal dua baris. Dalam iklan tersebut terdapat penyajian teks yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan dalam iklan ini tidak mengandung ilustrasi atau gambar. Iklan baris juga mengandung pernyataan opini dan fakta seperti pada iklan secara umum. 

Baca juga : Pengertian Kalimat Imperatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Kita tahu bahwa iklan memang mengandung opini dan iklan. Opini ialah sesuatu dengan kebenaran yang belum diketahui karena bersifat subjektif. Sedangkan fakta ialah sebuah kenyataan yang kebenarannya tidak terbantahkan. Sebelum menjelaskan tentang unsur unsur iklan baris dan contoh iklan baris ini. Maka saya akan membahas sedikit mengenai iklan baris secara umum.

Unsur Singkatan Dalam Iklan Baris

Menggunakan singkatan sebenarnya termasuk unsur unsur iklan baris yang tidak boleh kita lupakan. Pasalnya singkatan membuat harga iklan yang dipasang jauh lebih murah mengingat tarifnya dipatok perhuruf. Selain itu, penyingkatan kata juga berfungsi untuk memperpendek iklan agar tidak memenuhi halaman koran.

Sederhananya, dalam iklan baris terdapat penyingkatan teks yang memberikan ruang menjadi lebih minim. Di bawah ini terdapat contoh teks dalam iklan baris yang disingkat yaitu meliputi:

  1. Rumah dapat disingkat RMH.
  2. Hak milik dapat disingkat HM.
  3. Luas tanah atau luas bangunan dapat disingkat LT/LB.
  4. Jalan raya dapat disingkat Jl Ry.
  5. Cocok dapat disingkat Cck.
  6. Usaha atau kantor dapat disingkat u/Ush/Ktr.

Semua contoh singkatan di atas normalnya digunakan sebagai salah satu unsur iklan baris. Namun penyajian informasinya harus tetap lengkap supaya iklan yang ditawarkan dapat dipahami oleh pembaca dengan mudah. Pemanfaatan iklan baris biasanya untuk perusahaan perusahaan kecil maupun perorangan. Iklan yang disajikan dalam bentuk lisan dapat dinyatakan melalui televisi dan radio.

Kita juga bisa menjumpai contoh iklan baris yang memuat beberapa penawaran. Seperti jasa, properti seperti apartemen, tanah, otomotif, karir atau lowongan kerja, barang, rumah, kehilangan, ruang usaha dan sebagainya. Sebelum mulai membuat contohnya, saya akan jelaskan terlebih dulu unsur unsur iklan baris yang wajib kalian ketahui.

Aspek dan Unsur yang Harus Ada Dalam Iklan Baris

Penyajian penawaran iklan baris memang bentuknya singkat. Untuk itu kemampuan seorang pengiklan harus mahir dalam menulis iklan baris. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki yaitu menguasai unsur unsur pada iklan baris tersebut. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai unsur unsur yang ada pada iklan baris yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap

Unsur Iklan BarisKeterangan
Nama barang/jasaNama produk membantu pembaca mengidentifikasi barang apa yang sedang dijual.
SpesifikasiDalam menawarkan produk barang atau jasa kalian harus mencantumkan spesifikasi agar pembaca mampu menilai kualitasnya.
Keadaan dan status barang atau jasaCantumkan keadaan apakah barang dalam kondisi baik/buruk, baru/second, dan lain-lain.
HargaHarga adalah unsur iklan baris yang wajib ada agar pembaca mampu menilai value.
LokasiLokasi dapat membantu pembaca mengidentifikasi dimana letak dan jarak tempuh untuk mendapatkan barang/jasa tersebut
Posisi yang diperlukanUnsur iklan baris satu ini biasanya muncul dalam iklan lowongan kerja. Berisi lowongan pekerjaan yang sedang dicari.
Syarat pendidikanKualifikasi minimal yang wajib dipenuhi apabila ingin melamar pekerjaan
Syarat khususpersyaratan lain yang biasnaya mengarah pada keterampilan, kompetensi, kepribadian, penampilan, dan hal-hal spesifik lainnya.
Contact personBerisi informasi berupa nomor HP atau alamat yang bisa dihubungi.
Kode iklanKode iklan biasanya menyertakan asal redaksi.
Tabel unsur unsur yang harus ada dalam iklan baris

Dengan mengikuti tabel di atas maka saya jamin kalian bisa menghasilkan contoh iklan baris yang efektif dan efisien dari segi apapun.

Tapi dalam menerapkan unsur unsur iklan baris tidaklah bersifat mutlak. Misalnya pada iklan lowongan kerja maka tak perlu mencantumkan spesifikasi. Melainkan wajib melampirkan syarat khusus atau pendidikan. Demikian pula apabila kalian coba menjual mobil yang notabenya termasuk kategori barang. Maka harus menyampaikan status, kondisi, dan spesifikasi.

Contoh Iklan Baris

Meski penggunaan iklan baris kini sudah kian memudar tapi tak serta merta membuatnya jadi materi yang terlupakan. Faktanya, siswa masih harus menghafal unsur unsur iklan baris saat menginjak bangku sekolah menengah.

Setelah menjelaskan tentang unsur unsur iklan baris di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh iklan baris yang memuat unsur unsur tersebut. Berikut contohnya yaitu:

  1. Bth Mrktg Sabun Muka P/W min D3, max 35 thn, pglm min 1 thn, pnya mtr.
    Lmr : Cengkareng Jl. Gajah Mada, Tmn Melati Rk Indah 5 Jakarta 44958472
  2. Dicari Lulusan SMK Komputer, Mengenal Komputer, Kirim CV ke Emali : [email protected].
  3. Jual Cepat (BU) HP Samsung A10, No minus, Pemakaian baru 2 hari. Hub. 0982 7822 2811.
  4. BU Tnh Pondok Indah 15 ha. Strategis Sblh Mall Cinere persis. Jln. Lebar bs utk perumahan 082134567876
  5. Tanaman hias – Renovasi/buat taman, air terjun, batu alam, tamen kering, gazebo, kolam. Hp : 085726354665

Sekian penjelasan mengenai unsur unsur iklan baris dalam Bahasa Indonesia beserta contoh iklan baris. Iklan baris merupakan iklan yang mengandung beberapa baris dalam kolom sehingga pemasangannya dapat berbentuk baris baris. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi unsur pada iklan baris di atas.

Baca Juga  7 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.