8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Diposting pada

8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya – Contoh teks eksposisi singkat merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya yang berjudul Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi. Sebelum kita menginjak contoh teks eksposisi mari kita ingat tentang teks eksposisi secara umum. Pengertian teks eksposisi adalah salah satu teks dalam bahasa indonesia yang memiliki tujuan untuk memaparkan suatu kejadian berdasarkan pengalaman kepada para pembacanya. Sama seperti teks-teks lain pada umumnya teks eksposisi memiliki ciri-ciri khusus untuk membedakan dengan teks yang lainnya. Paragraf pertama biasanya berisi tesis atau latar belakang hal yang dibicarakan, disambung dengan argumentasi ang berisi tentang pokok bahasan dan diakhiri dengan paragraf penguat yang bertujuan memperkuat argumentasi.

Terdapat banyak sekali contoh teks eksposisi singkat yang dapat kita pelajari dalam berbagai media. Bahkan dalam konteks pendidikan pun kita bisa menjumpai materi teks eksposisi hampir di semua jenjang. Teks tersebut dapat dikategorikan kedalam contoh teks eksposisi pendidikan, tentang politik, sosial, ekonomi budaya dan lain sebagainya. Majalah, khususnya majalah gosip adalah salah satu media cetak sempurna yang berisi banyak sekali teks dengan gaya penulisan eksposisi.

3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan

Tujuan utama penulisan teks dengan gaya eksposisi adalah untuk memaparkan informasi secara detil. Penggunaan teks eksposisi banyak digunakan didalam penulisan majalah, koran dan berbagai meda cetak lainnya. Pada kenyataannya tanpa harus mencari contoh teks eksposisi kita sudah kerap kali menggunakannya dalam percakapan kita sehari-hari. Seperti kita memberikan informasi secara rinci kepada teman, kita menjelaskan materi pada saat belajar kelompok dan lain sebagainya.

8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Dalam Bahasa Indonesia memang banyak sekali jenis teks di dalmnya. Teks teks tersebut memiliki definisi, ciri ciri, struktur dan contohnya masing masing. Misalnya saja teks eksposisi yang juga memiliki definisi, ciri ciri dan contohnya sendiri. Apakah anda tahu ap[a yang dimaksud teks eksposisi itu?

Sayangnya masih banyak siswa yang kesulitan membedakan contoh teks eksposisi dengan teks jenis lainnya. Padahal kita bisa membedakannya dengan memperhatikan kaidah kebahasaan serta struktur teks eksposisi. Pada artikel sebelumnya pun juga telah kita bahas materi eksposisi dengan sangat jelas. Namun saya akan sedikit menggaris bawahi pokok materi yang penting saja.

Sebelum mulai membaca teks eksposisi lantas apa yang perlu kita lakukan? tentu saja mempelajari struktur dan pola kalimatnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai upaya awal untuk mengenali teks tersebut. Tidak mungkin kita bisa menganalisa contoh teks eksposisi jika tidak mengetahui struktur teksnya. Seluruh contoh teks beserta materi teks eksposisi di bawah ini ditulis oleh Ivo Veronica A.

Struktur Teks Eksposisi

Sama seperti teks bahasa indonesia lainnya, teks eksposisis memiliki struktur yang membedakan teks ini dengan jenis jenis teks lainnya. Struktur teks eksposisi pada umumnya terdiri dari 3 bagian yakni pembukaan, isi, argumentasi dan penegasan ulang.

  • Pembukaan (Orientasi) : Argumentasi merupakan bagian pertama yang menjelaskan tentang pandangan penulis mengenai permasalahan yang dibahas.
  • Thesis (isi) : Pada bagian ini umumnya memuat penjelasan dari orang lain maupun penulis itu sendiri yang berkaitan dengan topik bahasan teks eksposisi itu sendiri. Pada kebanyakan contoh teks eksposisi, bagian thesis inilah yang menjadi isi teks yang memuat pokok bahasan.
  • Argumentasi : Dalam struktur teks eksposisi kita mengenal istilah argumentasi. Bagian ini akan berisi tentang bukti konkrit yang memperkuat pernyataan penulis pada bagian thesis. umumnya argumentasi akan disertai dengan bukti bukti dan fakta fakta yang berkaitan langsung dengan topik permasalahan.
  • Penegasan ulang : Penegasan ulang merupakan bagian penutup pada contoh teks eksposisi yang mengandung kesimpulan atau penegasan tentang apa saja yang telah disampaikan oleh penulis.

Setelah kita membaca materi di atas sudah pasti kita bisa menganalisa struktur pada teks eksposisi yang akan saya berikan. Namun untuk memastikan dan membantu anda dalam menganalisa. Saya telah memberikan klasifikasi struktur pada setipa contoh teks eksposisi yang sudah saya rangkum.

Contoh teks eksposisi singkat yang akan saya berikan kali ini masuk dalam kategori teks eksposisi pendidikan, globalisasi, dan sosial budaya atau alam. Untuk lebih jelasnya simaklah contoh eksposisi singkat dibawah ini.

Baca Juga : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu sektor vital yang sering mendapat perhatian lebih. Banyak sekali kejadian maupun informasi terkait pendidikan yang bisa diekspose ke publik. Misalnya saja ketika kita menyoroti mutu pendidikan, keadaan pendidikan, serta lemahnya kurikulum sekarang ini.

Nah berdasarkan pernyataan diatas saya telah menyediakan contoh teks eksposisi beserta strukturnya dengan tema peningkatan pendidikan. Rangkuman teks di bawah saya ambil berdasarkan keadaan nyata yang terjadi saat ini. Contoh teks eksposisi pendidikan di bawah ini ditulis oleh Ivo Veronica sebagai admin sekaligus pengarang blog.

Tesis :
Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada. Dengan kata lain memberikan pendidikan bagi generasi muda sangatlah penting untuk dilakukan. Karena melalui generasi mudalah cita cita bangsa dapat diteruskan.

Argumentasi :
Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya.

Penegasan Ulang :
Jika peserta didik semakin aktif sert diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya dinegara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Selain pendidikan, salah satu sektor yang dianggap penting bagi keberlangsungan negara adalah pada perekonomian. Tanpa adanya penggerak di bidang ekonomi sudah pasti negara akan kolaps dan macet total. Terlebih lagi jika mengingat negara kita memiliki hutang hingga triliunan rupiah.

Dengan adanya contoh teks eksposisi beserta strukturnya tentang ekonomi diharapkan mampu meningkatkan kualitas sektor tersebut. Informasi yang bisa disorot dari segi ekonomi dan perekonomian tentunya sangatlah luas. Misalnya saja perkembangan ekonomi, peristiwa krisis, dan lain sebagainya. Kembali saya tegaskan bahwa contoh teks eksposisi dalam artikel ini ditulis sendiri oleh Ivo veronica sebagai admin blog.

Tesis :
Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukan hasil yang efektif walaupun keadaan ekonomi di dunia sedang mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tersebut kurang lebih 6,4 % lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan bedasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% untuk wilayah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa menjadi pusat perkembangan ekonomi. Jika dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 pada tahun 2016 lebih baik daripada semeter 1  tahun 2015 yang hanya berkembang sebanyak 6,3%.

Argumentasi :
Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Adapula faktor lain yang membuat perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan.

Faktor tersebut dapat dibagi menjadi empat yaitu perkembangan ekonomi dapat dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak asing karena banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, maupun adanya ekspor bahan mentah keluar negri yang semakin meningkat jumlahnya.

Selain Salamuddin Daeng adapula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada yang bernama A. Tony Prasetiantono yang  berpendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri. Namun akibat dari krisis global yang terjadi maka membut ekspor pada suku ke tiga maupun keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Penegasan Ulang :
Dengan tingkat biaya yang lebih besar dengan tingkat aspirasi pemerintah yang cepat dapat mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A. Tony Prasetiantono. Hal tersebut dapat membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kurang dari 5%. Jika tingkat inflasi menurun maka jumlah tunjangan akan semakin membesar.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Globasisasi

Globalisasi ialah tindakan yang mendunia seolah tidak mengenal lagi batas geografis di antar negara. Keterbukaan dan adaptasi dalam segala bidang kegiatan menandakan bahwa globali sasi telah meningkat pesat dari tahun ke tahun, mulai dari sosial, budaya, politik,yang berlangsung secara meluas dengan sasaran yang tepat.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai negara tentunya membutuhkan satu sama lain, namun tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi persaingan antar negara tersebut. Sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), hak asasi antara manusia dapat ditunjang dengan semakin berkembang pesatnya globalisasi. Sehingga masing-masing negara akan mendapatkan keuntungan dari negara lain seperti negara indonesia yang memasok daging sapi dari australia, maupun negara malaysia yang mengimport beras dari negara kita.

berdasarkan penuturan Anton ariska putra, “Globalisasi dapat membawa dampak positif pada berbagai bidang”. Bidang-bidang tersebut diantaranya adalah :

  1. Bidang ekonomi, Dapat meningkatkan kualitas SDM karena akan membuka lapangan pekerjaan yang layak.
  2. Dalam bidang politik. Politik dengan asas demokrasi dimana setiap orang behak untuk memilih dan bersuar dapat ditegakkan.
  3. Dalam bidang sosial dan budaya. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi oleh masyarakat dan juga masuknya budaya asing ke Indonesia.

Dengan adanya globalisasi dapat menjadikan negara lebih maju yang nantinya akan meberikan dampak positif di berbagai sektor. Namun hal yang harus diingata dari globalisasi adalah kita harus memproteksi dri daari pengaruh negatif yang masuk.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Bunga Sepatu

Bunga sepatu merupakan bunga indah yang berwarna merah keputih-putihan, tidak berbau, dan memiliki daya tarik yang kuat karena kecantikannya. Seperti bunga lainnya, bunga sepatu memiliki cairan nektar, oleh sebab itu banyak kupu-kupu akan menghinggapi bunga sepatu. Kupu-kupu memiliki hubungan yang erat dengan bunga sepatu, Kupu-kupu menghisap nektar untuk memenuhi makanannya, sedangkan dengan kupu-kupu menghisap nektar akan memberikan keuntungan pada bunga karena kupu-kupu membantu proses penyerbukan bunga. Proses yang saling menguntungkan ini disebut sibiosis mutualisme dimana setiap pihak saling diuntungkan.

Baca Juga : Teks Eksplanasi, Pengertian, Struktur, Dan Contoh

Dengan begitu kupu-kupu dapat bertahan hidup dengan menghisap nektar bunga dan bunga sendiri dapat berkembang biak dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh kupu-kupu. Maka dari itu kita harus melestarikan hewan dan tumbuhan disekitar kita.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan Remaja

Sebelum beranjak ke masa dewasa tentunya anak-anak harus melewati masa remaja terlebih dahulu. Sedangkan usia remaja adalah usia dimana kita berumur kisaran 11 tahun sampai dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja bisa dikatakan berada dala fase rawan karena pengaruh baik maupun buruk dapat masuk dengan mudah. oleh karena itu fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja setelah dewasa.

Tidak hanya berkembang dari segi fisik namun remaja juga akan mengalami perkembangan psikis yang mengakibatkan mereka dapat bergejolak emosinya. Karena itulah remaja harus mampu mengendalikan diri di lingkungan baik di rumah maupun di sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Pada masa ini peran orang tua sangat diperlukan agar remaja nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Sudah terbukti bahwa dengan pendidikan karakter disekolah dapat membantu para remaja untuk menuju hal yang positif. Pendidikan karakter mengajarkan para remaja untuk hidup dengan berpegang teguh pada agama dan norma-norma yang berlaku.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi remaja untuk membantu mereka menuju hal yang positif. Dengan remaja yang positif tentunya akan memicu perubahan yang positif pula pada negara karena remaja adalah pewaris negara ini. Jika memiliki remaja yang berkualitas maka negara juga akan berkualitas juga.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebersihan

Memelihara kebersihan dan lingkungan memang sangatlah penting. Kebersihan mencerminkan pribadi yang baik dan sehat. Oleh karena itu kita harus menggalakkan kegiatan ini di lingkup masyarakat. Sayangnya masih banyak orang yang tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan.

Maka dari itu saya juga membuat contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya yang membahas kebersihan. Sama seperti biasanya, saya pun telah memisahkan strukturnya agar kita mudah untuk memahaminya. Silahkan simak contoh teks singkat di bawah ini.

Tesis :
Untuk menciptakan kenyamanan pada lingkungan sekitar serta memberi contoh untuk lingkungan sekolah maka anda harus memelihara kebersihan lingkungan rumah terlebih dahulu. Setiap desa telah menerapkan sistem kebersihan lingkungan rumah. Untuk menarik minat warga maka pihak kelurahan desa sering mengadakan perlombaan kebersihan lingkungan antar desa. Terdapat beberapa cara memelihara kebersihan lingkungan rumah yaitu dengan membuat tempat sampah disekitar rumah, membersihkan area sekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak lagi.

Argumentasi :
Setiap hari diadakan pemeliharaan lingkungan rumah oleh setiap  warga. Namun untuk pemeliharaan sekitar lingkungan selalu diadakan kegiatan bersih bersih bersama setiap seminggu sekali. Pemeliharaan  tersebut meliputi menyapu halaman rumah, membersihkan selokan sekitar rumah dan lain lain. Selain hal tersebut setiap minggu para warga diajak untuk melakukan kegiatan pemeliharan lingkungan oleh kepala desa. Dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan maka dapat berdampak baik terhadap lingkungan yang bersih, semakin baiknya hubungan antar warga, serta meningkatkan kerja sama agar tetap terjalin.

Penegasan Ulang :
Kebersihan lingkungan rumah dapat menjadi contoh untuk pemeliharaan kebersihan sekolah mupun kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan rumah akan menyehatkan serta menjaga kebersihan seluruh keluarga yang terdapat dalam rumah tesebut. Memelihara kebersihan ialah segala usaha manusia untuk menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan karena kebersihan berbeda dengan kemewahan.

Penggunaan blog /webblog
Blog atau webblog merupakan laman yang terdapat di dunia maya yang menggunakan platform blog gratis, umumnya pengguna blog tau webblog akan memilih blogspot dan wordpress sebagai platformnya. Untuk dapat membuat blog, terlebih dahulu anda harus memiliki email aktif, gmail adalah salah satu layanan email milik google yang dapat kita gunakan.

Setelah selesai membuat akun gmail, maka kita harus membuat akun google plus sebagai syarat mendaftar blogspot. setelah syarat tersebut terpenuhi anda dapat membuat blog dengan mengklik create blog. Didalam blog anda dapat membuat artikel sama seperti artikel ini. mengklasifikasikanny menjadi beberapa label dan mulai submit ke google.

Disamping membuat artikel anda juga dapat memodifikasi template mengubahnya sesuai dengan keinginan anda. Ini termasuk dalam kategori kreatifitas. Jika anda melakukan browsing anda dapat mencari dan menemukan artikel tentang contoh teks eksposisi dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Perbandingan

Apakah sebuah teks eksposisi harus ditulis panjang lebar? tidak juga. Teks eksposisi tidak berpatokan pada banyaknya kata yang dituliskan. Melainkan tentang informasi tersurat yang terdapat dalam tulisan itu sendiri. Jadi asalkan teks tersebut sudah memenuhi kriteria baik kaidah kebahasaan maupun strukturnya maka teks tersebut bisa dikategorikan eksposisi.

Dalam contoh kali ini saya akan memberikan contoh paragraf eksposisi singkat tentang perbandingan gaya hidup. Teks ini saya rangkum untuk menegaskan bahwa contoh teks eksposisi tidak serta merta harus panjang lebar. Melainkan bisa juga dibuat dalam bentuk satu paragraf asalkan sudah mencakup semua informasi dan kaidah kebahasaan itu sendiri.

Jika dibandingkan, orang yang gemar bersepeda adalah mereka yang umumnya tinggal di daerah pedesaan. Orang desa biasanya memang sangat menghargai kelestarian alam dan lingkungan. Sebaliknya orang perkotaan biasanya lebih memilih menggunakan mobil untuk menunjang aktifitasnya. meskipun hanya berjarak beberapa meter dari rumah mereka akan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai tujuan. Pada dasarnya kita akan lebih sehat jika berjalan kaki. Disamping menyehatkan badan dengan berjalan kaki kita dapat mencegah pencemaran udara dan lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Klasifikasi

Dalam contoh teks kali ini senagaja tidak saya cantumkan sturkturnya agar anda juga bisa berlatih menganalisanya. Pada contoh teks eksposisi kali ini saya mengangkat tema klasifikasi yang ada pada dunia pendidikan. Lebih tepatnya tentang kemampuan berbahasa inggris. Lantas seperti apa bentuk teksnya? silahkan simak pada rangkuman di bawah.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipakai di berbagai negara. Di era modern dan serba maju seperti saat ini kemampuan berbahasa inggris sangatlah diperlukan. Bahkan bahasa inggris juga dijadikan tolak ukur dalam pendidikan maupun lingkungan kerja. Dalam bahasa inggris terdapat 4 skill utama yang mendasari seseorang dikatakan mampu berbahasa inggris dengan baik atau tidak. skill tersebut adalah:

  1. Writing.
  2. Speaking.
  3. Listening
  4. Reading.

Berdasarkan penuturan ahli bahasa (Dr.Rudy Setiyanto) Klasifikasi pentingnya keempat skill tersebut adalah seimbang. umumnya skill writing akan berhubungan dengan skill reading karena sebelum menulis kita akan melewati fase membaca terlebih dahulu. Dan skill speaking akan berhubungan dengan skill listening karena sebelum membaca kita harus mengenal mendengarkan.

Dalam penggunaan bahasa inggris baik disekolah maupun lingkungan pekerjaan keempat skill tersebut sama pentingnya. Maka dari itu kita selalu dituntut untuk mempelajari semua skill bahasa inggris ini sewaktu kita masih di bangku sekolah.

Nah untuk anda yang ingin bertanya tentang biografi admin, pengarang, ataupun penulis silahkan menghubungi melalui kontak profil. Selain itu anda juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan terkait contoh teks eksposisi beserta strukturnya melalui kolom komentar. Saya membuka forum diskusi pada blog ini untuk memudahkan kita semua dalam mempelari materi pelajaran bahasa indonesia bersama.

Pada dasarnya contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya dapat dengan mudah kita temukan di internet mengingat pertumbuhan teknologi sekarang ini. Selain itu kita juga dapat menemukan kumpulan contoh teks eksposisi ini tanpa sadar ketika tengah membaca majalah maupun koran. Sekian artikel Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu diingat bahwa penggunaan teks eksposisi harus disesuaikan dengan konteks pembicaraan dan topiknya.

Baca Juga  Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya

8 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.