Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Diposting pada

Tabel Trigonometri Sudut Sudut IstimewaDalam pelajaran Matematika terdapat materi mengenai tabel trigonometri. Pelajaran ini sering kali kita temui ketika dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Trigonometri merupakan salah satu pelajaran Matematika yang berkaitan dengan Tangen, Sinus, dan Cosinus (fungsi trigonometri). Sebenarnya trigonometri memiliki hubungan dengan Geometri karena merupakan salah satu bagiannya.

Trigonometri pada dasarnya juga berkaitan dengan sudut sudut istimewa seperti 0º, 30º, 45º, 60º, dan 90º. Materi trigonometri tersebut secara umum memang berhubungan dengan sudut sudut istimewa. Dengan sudut sudut istimewa tersebut, nilai trigonometrinya dapat ditemukan sesuai dengan konsep dasar yang berlaku.

Konsep dasar trigonometri pada sudut sudut istimewa ini disesuaikan dengan kuadran tempat sudut tersebut berlaku. Masing masing kuadran sudut memiliki nilai trigonometri yang berbeda beda. Maka dari itu agar anda lebih mudah untuk memahami materi trigonometri sudut istimewa tersebut, saya akan menyajikan pembahasan ini menggunakan tabel khusus.

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa
Tabel Trigonometri Sudut Istimewa

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa sudut sudut istimewa yang saya sebutkan tadi termasuk kedalam sudut Trigonometri Siku Siku. Tabel pada materi Trigonometri juga mencakup sudut sudut istimewa pada satu lingkaran penuh yaitu 360º. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai tabel trigonometri sudut sudut istimewa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Sudah saya jelaskan di atas bahwa materi trigonometri berkaitan dengan Tangen, Sinus, dan Cosinus (fungsi trigonometri). Nah apa itu Sinus? Apa itu Cosinus? dan Apa itu Tangen? Sinus (sin) ialah perbandingan dalam sebuah segitiga antara sisi depan sudut dengan sisi miringnya. Namun perbandingan sinus ini hanya berlaku untuk segitiga siku siku saja ataupun segitiga yang salah satu sudutnya 90 derajat. Kemudian pengertian Cosinus (cos) ialah perbandingan dalam sebuah segitiga antara sisi dalam sudut segitiga dengan sisi miringnya.

Untuk perbandingan cosinus juga hanya berlaku untuk segitiga siku siku ataupun segitiga yang salah satu sudutnya 90 derajat. Sedangkan pengertian Tangen (tan) ialah perbandingan dalam segitiga antara sisi di depan sudut dengan sisi di dalam sudut. Penggunaan perbandingan tangen juga berlaku sama seperti sin dan cos. Di bawah ini terdapat tabel trigononetri secara umum yaitu:

Baca juga : Cara Membaca Angka Romawi (Jumlah Karakter, Cara Penulisan, dan Contoh)

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa
Tabel Materi Trigonometri Secara Umum

Tabel di atas juga berlaku untuk satu lingkaran penuh. Namun untuk satu lingkaran penuh dapat dibagi menjadi 4 kuadran yaitu kuadran I (dari sudut 0º sampai 90º), kuadran II (dari sudut 120º sampai 180º), kuadran III (dari sudut 210º sampai 270º), dan kuadran IV (dari sudut 300º sampai 360º). Berikut tabel materi trigonometri di masing masing kuadran yaitu:

Tabel Trigonometri Kuadran I

Trigonometri yang pertama ini terletak di kuadran satu dengan besar sudut sekitar 0º sampai 90º. Adapun nilai nilai trigonometri di kuadran I yaitu:

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Tabel Trigonometri Kuadran II

Selanjutnya adapula tabel materi trigonometri yang letaknya di kuadran dua. Di kuadran ini terdapat sudut istimewa yang besarnya 120º sampai 180º. Adapun nilai nilai trigonometri di kuadran II yaitu:

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Baca juga : Rumus Pythagoras Segitiga Siku Siku Beserta Contoh

Tabel Trigonometri Kuadran III

Tabel trigonometri selanjutnya terletak di kuadran tiga. Di kuadran ini terdapat sudut istimewa yang besarnya 210º sampai 270º. Adapun nilai nilai trigonometri di kuadran III yaitu:

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Tabel Trigonometri Kuadran IV

Selanjutnya adapula tabel materi trigonometri yang letaknya di kuadran empat. Di kuadran ini terdapat sudut istimewa yang besarnya 300º sampai 360º. Adapun nilai nilai trigonometri di kuadran IV yaitu:

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Demikianlah penjelasan mengenai tabel trigonometri sudut sudut istimewa. Tabel ini berguna untuk memudahkan anda dalam mengerjakan soal soal sinus, cosinus dan tangen yang berhubungan dengan sudut sudut istimewa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Irisan Dua Lingkaran Beserta Contoh Soal Lengkap

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.