8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Diposting pada

8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Setiap makhluk hidup memiliki susunan sel yang berbeda-beda. Baik struktur sel manusia, hewan, bahkan tumbuhan sekalipun tidak bisa disamakan. Perbedaan sel tumbuhan dan hewan sendiri merupakan sesuatu yang tak asing lagi bagi siswa sekolah mengah. Pada hakekatnya hewan dapat diklasifikasikan kedalam 5 kingdom yang berbeda. Sedangkan tumbuhan sendiri dibagi menjadi berbagai macam kingdom sesuai dengan klasifikasinya.

Materi perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dengan mudah kita temukan pada pembelajaran biologi di tingkat universitas mapun SMA. Penelitian secara anatomi sendiri telah membuktikan bahwa struktur sel hewan dan tumbuhan memang berbeda. Namun jika dikaji lebih dalam lagi kita akan menemukan fakta bahwa struktur dasar sel hewan dan sel tumbuhan juga memiliki kesamaan.

Yang menjadi point penting dalam perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah tentang perbedaan yang terdapat pada struktur dinding sel serta vakuolanya. Baik stuktur sel hewan dan tumbuhan memiliki kesamaan walaupun hanya sedikit. Namun kedua sel ini mengalami perbedaan dalam hal perkembangan yang menyesuaikan dengan lingkungan. Akibatnya timbulah perbedaan pada struktur selnya.

8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Secara garis besar struktur sel hewan dan tumbuhan memang memiliki perbedaan cukup signifikan. Masalahnya, tak semua siswa mengetahui hal tersebut karena berbagai alasan. Akhirnya mereka pun kesulitan ketika diminta menjelaskan atau membuat gambar sel dari keduanya.

Kita bisa melakukan uji laboratorium yang menyertakan sampel dari setiap subjek. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembuktian serta kejelasan dari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan itu sendiri. Dalam meneliti sel hewan dan tumbuhan pun juga harus dilakukan secara teliti. Mengapa demikian? karena jika kita tidak terlalu paham dalam proses penelitian ini kita tidak akan mampu menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan cuplikan singkat tentang hasil penelitian yang membuktikan adanya perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Namun untuk memahaminya, kalian perlu mengetahui terlebih dulutentang perbedaan struktur sel hewan dan sel tubuhan. Mengapa demikian? karena lewat struktur inilah kita bisa mengidentifikasi ciri-ciri serta karakteristik dari dua jenis sel makhluk hidup tersebut.

Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Secara garis besar struktur sel hewan dan sel tumbuhan terdiri dari konstruksi dasar yang sama. Seperti yang telah saya terangkan sebelumnya perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan ini terlihat pada perkembangan yang signifikan sesuai dengan lingkungan masing masing sehingga menyebabkan timbulnya perbedaan antara hewan dan tumbuhan tersebut.

Kalian bisa melihat perbedaan signifikan antara keduanya dari segi ekologi. Dimana tumbuhan merupakan makhluk yang mampu memproduksi makanan sendiri. Sedangkan hewan berperan memakan makhluk lain untuk bertahan hidup.

Struktur sel hewan dan sel tumbuhan juga bersenggolan langsung dengan jaringan jaringan sel yang terdapat pada hewan dan tumbuhan tersebut. Hal ini sendiri telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Perbedaan Jaringan Hewan dan Jaringan Tumbuhan.

Baca Juga  Metagenesis Tumbuhan Paku Beserta Skema Metagenesis Paku

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sebutkan perbedaan sel hewan dan tumbuhan! beberapa siswa kesulitan ketika diminta menjawabnya. Hal ini pun menurut saya cukup lumrah karena biologi termasuk mata pelajaran yang sulit. Tak sedikit siswa mengeluh karena harus membaca banyak teori. Oleh karenanya, dalam sesi ini saya ingin membuat ringkasan tentang ciri-ciri sel tumbuhan dan hewan.

Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Berdasarkan tabel perbedaan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat 7 perbedaan dasar pada sel hewan dan sel tumbuhan. Sedangkan Perbedaan ke 8 terletak pada jaringan jaringan sel itu sendiri yang sebelumnya telah kita bahas.

Baiklah, kita telah mengetahui apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan seperti diatas. Maka saatnya kita membaca penjelasan tentang sel hewan dan sel tumbuhan itu sendiri. Dengan tujuan agar materi yang kita dapatkan mudah untuk diingat dan dicerna.

Struktur Sel Hewan

Sel hewan memiliki jaringan organ yang khas dan unik pada setiap selnya yang tidak terdapat pada sel tumbuhan yang disebut sentriol. Sentriol sendiri merupakan sepasang struktur menyerupai silinder dengan lubang ditengahnya dan tersusun dari kumpulan protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol ini umumnya terletak paa posisi yang menyudut ke kanan satu sama lain. Sentriol sendiri tersusun dari mikrotubulus yang bersatu dan membentuk sebuah struktur protein layaknya jala yang beredakatan.

Selain memiliki sentriol ternyata hewan juga memiliki vakula. Vakoula merupakan ruang yang terdapat dalam sel dan berfungsi untuk menjaga tekanan sel itu sendiri. Meskipun juga terdapat beberapa hewan yang tidak memiliki bagian ini juga seperti amoeba dan hewan bersel satu lainnya.

Struktur Sel Tumbuhan

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai karakteristik serta ciri-ciri sel tumbuhan pada mapel biologi. Guru pun pasti akan menyampaikan materi tersebut secara intensif sebagai bekal agar siswa bisa lancar mengerjakan ujian.

Sel tumbuhan yang paling mencolok dan membedakan dengan sel hewan adalah adanya kloropla. Namun dalam bahasa sehari hari kita bisa menyebutnya sebagai klorofil. Bagian inilah yang membuat tumbuhan berwarna hijau dan mampu membuat makanan sendiri atau berfotosintesis.

Tentunya hal ini sangat jauh berbeda dengan hewan yang notabenya tak memiliki klorofil sehingga harus mencari makanan sendiri. Ukuran sel tumbuhan pun juga jauh lebih besar jika kita mengamatinya menggunakan mikroskop.

Pada hakekatnya baik hewan dan tumbuhan diciptakan untuk hidup saling berdampingan dengan manusia. Adanya kesinambungan antara manusia hewan dan tumbuhan juga telah memberikan dampak berupa munculnya rantai makanan dan jaring jaring makanan yang nantinya akan kita bahas setelah artikel ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.