Contoh Pelesatarian Ex Situ Beserta, Pengertian, dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Pelesatarian Ex Situ Beserta, Pengertian, dan Penjelasannya – Upaya melestarikan spesies flora dan fauna yang terancam punah bukan pekerjaan mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi demi mencapai tujuan itu. Sebagai bentuk dedikasi dipakailah dua metode konservasi yang akhirnya kita sebut sebagai Metode pelestarian In situ dan Ex situ.

Sebenarnya, pengetian pelestarian ex situ sudah tercantum di buku pedoman IPA. Bahkan materi ex situ harusnya sudah disampaikan kepada siswa sejak dini sebagai bentuk pembekalan. Walaupun termasuk materi yang sederhana tapi masih ada sejumlah siswa yang belum memahaminya. Mari kita bahas lebih detail apa yang dimaksud pelestarian Ex Situ terlebih dulu.

Contoh Pelesatarian Ex Situ Beserta, Pengertian, dan Penjelasannya

Meskipun diklaim memiliki manfaat yang besar tapi ada tantangan tersendiri terhadap pelestarian ex situ. Beberapa di antaranya adalah biaya yang tinggi, kesulitan dalam memelihara spesies di luar habitat alaminya, dan risiko hilangnya keragaman genetik. Namun, semua tantangan itu dapat teratasi berkat strategi inovatif, kerjasama lintas sektor, dan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak.

apa yang dimaksud pelestarian ex situ
apa yang dimaksud pelestarian ex situ

Selain mempelajari pengertian Ex situ, dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan contoh pelestarian Ex Situ secara lengkap. Setelah mempelajarinya semoga kalian tidak lagi bertanya dan mampu mencari perbedaan in situ dan ex situ.

Pengertian pelestarian Ex situ

Definisi pelestarian Ex Situ adalah upaya konservasi flora dan fauna yang dilakukan di luar habitat aslinya. Dalam kontekstualisasinya kalian bisa mengamati pelestarian ex situ pada kebun binatang, kebun botani, taman safari, dan lain sebagainya.

Proses Ex Situ melibatkan pengumpulan khususnya spesies yang hampir punah untuk selanjutnya dibawa ke penangkaran. Dalam fasilitas konservasi hewan dan tumbuhan akan memperoleh pemeliharaan, dan perlindungan. Sehingga Ex Situ merupakan pelestarian yang melibatkan campur tangan manusia dalam prosesnya.

Banyak ahli yang menuturkan bahwa pelestarian ex situ memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Sebab flora dan fauna harus beradaptasi dengan lingkungan buatan setelah dipindahkan dari habitat alaminya. Ada kalanya adaptasi tersebut gagal dan menyebabkan kematian pada satwa maupun tumbuhan yang ingin ditangkar.

Berdasar pengertian pelestarian Ex Situ di atas memang terkesan memiliki resiko. Tapi kita juga harus mempertimbangkan kelebihannya juga. Penerapan metode Exsitu memungkinkan pelestarian serta perlindungan spesies dalam fasilitas yang terkendali. Namun, Ex situ juga memiliki keterbatasan khususnya dalam aspek interaksi alami antara spesies dan habitatnya.

Contoh Pelestarian Ex Situ

Dari segi konsep saya rasa sudah semua siswa memahami apa yang dimaksud pelestarian ex situ. Tapi untuk melengkapi pengetahuan dan pendalaman materi tidak ada salahnya saya memberikan contohnya. Oleh karenanya, simaklah contoh contoh ex situ berikut:

Kebun Binatang

Contoh pelestarian Ex Situ pertama dan paling mudah kita jumpai adalah kebun binatang. Hampir setiap kota besar memiliki fasilitas penangkaran hewan semacam ini. Selain dapat melindungi dan melestarikan satwa, kebun binatang juga berpotensi meningkatkan perekonomian daerah.

Kebun binatang sendiri merupakan tempat pemeliharaan hewan dalam habitat buatan. Beberapa fasilitas kebun binatang dibekali dengan fasilitas untuk menunjang kegiatan riset, pendidikan, dan konservasi bagi satwa yang terancam punah.

Baca Juga  Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Baca juga: Apa yang Dimaksud Pelestarian In Situ? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Pelestarian Ex Situ sudah ditetapkan dalam undang undang dasar secara resmi. Serta mendapat dukungan keputusan menteri no 479 tahun 98 yang mengatur kriteria, syarat, hak, kewajiban, dan perizinan kebun binatang.

Tanpa saya sebutnya harusnya kalian sudah tau beragam contoh kebun binatang yang tersebar di kota besar. Seperti Bali Zoo Park, Gembiraloka di yogyakarta, Ragunan di jakarta, dan Solo Safari.

Kebun Botani

Contoh pelestarian Ex Situ selanjutnya adalah kebun botani (botanical garden). Kebun botani adalah fasilitas konservasi khusus untuk menampung, memeliharan, dan mengembangbiakan spesies tumbuhan. Dari segi konsep memang hampir sama seperti kebun binatang, perbedaanya hanya terletak pada objek pelestariannya saja.

Selain sebagai tempat penangkaran, kebun botani juga berfungsi sebagai fasilitas riset dan pendidikan. Banyak kegiatan pengembangan iptek yang dilakukan di dalam botanical garden dengan tujuan untuk pengembangan habitat baru bagi tumbuhan.

Fasilitas pelestarian Ex situ satu ini juga sering dipakai sebagai tempat rekreasi. Karena dikelilingi oleh beragam spesies tumbuhan membuat udara di sekitar kebun botani menjadi lebih sehat dan alami.

Di Indonesia, kita mengenal kebun botani dengan istilah kebun raya karena mempertimbangkan luasnya. Adapun contoh kebun botani yang sering dikunjungi masyarakat adalah kebun raya bogor, kebun raya kuningan, kebun raya cibodas, dan lain lain.

Beberapa universitas yang memiliki fakultas ilmu pertanian juga memiliki fasilitas pelestarian ex situ. Semua itu tentu saja untuk menunjang studi dan percobaan demi kepentingan pendidikan.

Taman Safari

Contoh pelestarian Ex Situ terakhir yang akan saya jelaskan yakni taman safari. Taman safari adalah tempat konservasi yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai habitat asli flora dan fauna.

Bisa dibilang taman safari menjadi habitat buatan yang hampir sama seperti aslinya. Prosesnya melibatkan banyak aspek mulai dari pengumpulan data, perawatan, hingga pemindahan flora dan fauna itu sendiri.

Sama seperti kebun binatang, Taman safari juga memiliki regulasi yang sudah diatur dalam UUD. Adapun contoh taman safari yang terkenal dan masih aktif menjadi destinasi wisata adalah taman cisarua bogor.

Kesimpulannya, Ex Situ adalah upaya pelestarian yang dilakukan di luar habitat asli flora dan fauna. Bentuk konservasi ex situ sendiri mencakup taman safari, kebun binatang, hingga botanical garden. Karena bukan lingkungan alamiah maka manusia memegang peran penting untuk menjaga dan mengawal proses adaptasi hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan yang baru.

Cukup sekian artikel yang membahas pengertian pelestarian ex situ dan contohnya. Apabila dalam belajar kalian memiliki pertanyaan maupun kendala, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar.