Contoh Frasa Nomina Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian)

Diposting pada

Contoh Frasa Nomina Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian) – Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada artikel Pengertian, Jenis, Dan Contoh Frasa sebelumnya. Frasa merupakan satuan gramatikal berupa gabungan beberapa kata dan bersifat non prediktif. Penggunaan frasa dapat dengan mudah kita temukan hampir di setiap percakapan kita sehari hari. Baik tulisan atau lisan kita selalu menyusun kata menjadi sebuah contoh frasa lengkap.

Dalam prakteknya sendiri penggolongan frasa dibagi menjadi dua yakni contoh frasa verba dan frasa nomina. Secara akademik, materi frasa bisa kita jumpai pada pembelajaran bahasa indonesia. Hampir semua jenjang pendidikan mengajarkan siswanya tentang penggunaan frasa sebagai tata bahasa dasar. Nah, tadi sudah saya sebutkan frasa terdiri dari dua jenis (nomina dan verbal). Keduanya memiliki pengertian dan penggunaan yang berbeda.

Meskipun kedengarannya simpel, namun tidak semua siswa mengerti betul tentang pengggolongan contoh frasa tersebut. Hal ini dibuktikan dengan sebuah survey dimana siswa masih kebingungan dalam menentukan jenis frasa. Nah, setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian frasa maka sekaarang kita akan beralih menuju contoh frasa verbal dan nomina. Langsung saja kita bahas contoh frasa nomina, verbal, dan contoh frasa endosentris di bawah ini agar kita dapat lebih mendalami materi ini.

Contoh Frasa Nomina Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian)

Sebagian siswa diberkahi dengan kemampuan berpikir dan mampu menyerap materi yang disampaikan dengan cepat. Sehingga guru tidak perlu menyampaikan materi frasa secara berulang ulang. Namun tidak semua siswa diberikan berkah demikian. Bagi sebagian siswa menghafal dan membedakan frasa sangatlah sulit karena keduanya hampir sama.

Apa yang dimaksud frasa itu? Frasa atau frase dapat diartikan sebagai gabungan beberapa kata yang sifatnya non predikatif. Dengan kata lain frasa ini berisi tentang subjek saja, fungsi saja ataupun diawali dengan preposisi maupun diawali dengan verba saja.

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Contoh Frasa

Untuk menjawab kebingungan siswa tentang penggolongan serta penggunaan frasa. Saya telah membuat rangkuman singkat tentang pengertian dan contoh frasa nomina dan verbal. Sebenarnya sudah banyak situs yang telah memberikan informasi tentang frasa lengkap beserta dengan contohnya. namun saya kali ini juga akan ikut memberikan contoh frasa baik frasa nomina, frasa verbal, dan frasa endosentrik agar kita semakin paham.

Contoh Frasa Nomina

Contoh Frasa Nominal Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian)

Frasa nomina adalah ketegori frasa yang memiliki distribusi sama besarnya dengan memperluas kata benda serta frasa induk merupakan frasa nomina. Secara umum frasa nomina dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :

  1. Frasa Nomina Modifikatif (contoh) : sepatu mungil, hari selasa, salak tiga biji, bulan kedua, dan lain sebagainya.
  2. Frasa Nomina Koordinatif (Contoh) : hak dan kewajiban, sayur mayur, sandang pangan, lahir dan bathin.
  3. Frasa Nomina Apositif (contoh) : Tangerang, Kota Seribu Sungai, Memiliki keindahan alam yang populer.

Semua frasa dia atas termasuk ke dalam frasa nomina karena memiliki induk frasa yang sama.

Baca Juga : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Frasa Verbal

Verbal atau Verb dalam bahasa inggris memiliki arti yakni kata kerja jadi dapat disimpulkan bahwa Frasa Verbal adalah kelompok kata yang disusun dari kumpulan kata kerja. Secara umum frasa verbal dapa dibagi menjadi tiga jenis yakni :

  1. Frasa Verbal Modifikatif (contoh) : Aku yakin mendapatkan makanan itu, Mereka pasti membuat makanan yang lebih enak besok.
  2. Frasa Verbal Koordinatif (contoh) : Orang itu menghancurkan dan merusak perabotan rumah, Dia pergi ke toko bunga atau tanaman.
  3. Frasa Verbal Apositif (contoh) : Johor rumahku dulu, sekarang sudah menjadi tambang kapur.

Sekian tentang Contoh Frasa Nomina Dan Verbal kali ini. Sebenarnya masih terdapat berbagai jenis frasa beserta dengan contoh-contohnya seperti frasa eksosentrik, frasa endosentrik dan lain sebagainya yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Terimakasih.

Baca Juga  6 Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Pendidikan, Sampah, Teknologi, Rokok Beserta Strukturnya

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.