32 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Kehidupan Sehari hari

Diposting pada

32 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Kehidupan Sehari hari – Kalimat majemuk bertingkat merupakan salah satu jenis kalimat majemuk disamping kalimat majemuk setara dan campuran. Setelah kita membahas pengertian kalimat majemuk, dan contoh kalimat majemuk. Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang contoh kalimat majemuk bertingkat beserta dengan ciri-ciri kalimat majemuk bertingkat.

kalimat majemuk bertingkat
kalimat majemuk bertingkat

Sering kali kita melontarkan kalimat yang bahkan kita tidak ketahui jenisnya. Kalimat majemuk pada dasarnya sudah sering kita gunakan ketika bercakap cakap dengan orang lain. Hanya saja kita kurang menyadari pola penggunaan kalimat tersebut. Dari sini munculah berbagai pertanyaan. Sebenarnya apa itu kalimat majemuk bertingkat? Berdasarkan artikel sebelumnya yang membahas pengertian kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat majemuk bertingkat merupakan kalimat majemuk yang memiliki hubungan antar unsur kalimat yang memiliki derajat yang berbeda atau tidak setara. Kalimat majemuk bertingkat memiliki susunan klausa yang berbeda berdasarkan perluasan makna yang terjadi pada salah satu klausa tersebut. Ciri-ciri kalimat majemuk bertingkat dapat diketahui dengan memperhatikan induk kalimat dan anak kalimat yang terdapat pada kalimat itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Majemuk Setara Dan Majemuk Bertingkat

32 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Kehidupan Sehari hari

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalimat majemuk merupakan kalimat yang dapat berdiri sendiri. Kalimat majemuk tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah kalimat majemuk bertingkat. Jenis kalimat majemuk ini memiliki induk maupun anak kalimat di dalamnya. Lantas bagaimana contoh kalimat majemuk bertingkat itu?

Materi kalimat mejemuk bertingkat maupun setara sebenarnya sangat mudah kita temukan. Terlebih lagi jika kita masih berada di jenjang SMP maupun SMA sudah pasti menemukan jenis kalimat ini. Setelah kita mengetahui pengertian dan penggunaan jenis kalimat diatas. Sekarang saatnya kita membahas tentang contoh kalimat majemuk bertingkat. berikut adalah contoh kalimat majemuk bertingkat:

  1. Ketika tengah memanggang ayam bersama teman-temannya, Agung pingsan tak sadarkan diri.
  2. Jika kamu rajin bersedekah maka rejekimu akan melimpah.
  3. Jika kamu rajin belajar, maka dengan mudah kamu akan dapat mengerjakan ujian kenaikan kelas.
  4. Andaikan siska datang lebih cepat kemarin, pasti aku bisa berjumpa dengannya.
  5. Seandanya aku tidak terlambat, pasti ini semua tidak akan terjadi.
  6. Kakekku tinggal bersama orang tuaku, agar orang tuaku dapat megnurus kakekku.
  7. Rini tinggal di desa, supaya dapat membantu orang tuanya.
  8. Meskipun aku baru saja mengalami kecelakaan, namun aku tidak merasakan sakit.
  9. Ririn tidak pernah menangis, meskipun hatinya sedang terluka hebat.
  10. Lebih baik belajar dari pada menghabiskan waktu untuk hal tidak penting.
  11. Mebantu orang tua lebih baik dari pada melamun.
  12. Berolahraga lebih baik, dari pada bengong.
  13. Makan malam di restoran itu dibatalkan, karena terjadi peristiwa tidak menyenangkan.
  14. Pelajaran ditiadakan, karena guru sedang mengadakan rapat mendadak.
  15. Dia bertingkah biasa, seolah tidak terjadi apa-apa.

Contoh kalimat majemuk bertingkat diatas adalah beberapa kalimat yang dapat anda pelajari dan anda kembangkan. Untuk membuat contoh kalimat majemuk bertingkat hal yang terpenting yang harus kita ketahui adalah memperhatikan struktur kalimat yang harus mengandung induk kalimat sebagai kalimat utama dan anak kalimat sebagai perluasan dari induk kamlimat itu sendiri.

Baca Juga : Contoh Kalimat Majemuk Setara

Setelah membaca contoh kalimat majemuk bertingkat maka kita dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari struktur kalimat itu sendiri. dan berikut adalah ciri-ciri dan struktur kalimat majemuk bertingkat.

Ciri Ciri Kalimat Majemuk Bertingkat

Sama seperti kalimat pada umumnya. Kalimat majemuk bertingkat juga memiliki ciri-ciri khusus yang berfungsi untuk membedakannya dengan kalimat majemuk lainnya. Setelah melihat contoh kalimat majemuk di atas, sekaarang kita akan mempelajari ciri-ciri dan struktur kalimat majemuk bertingkat.

Materi kali ini akan dibagi menjadi 3 bagian yakni: contoh kalimat majemuk bertingkat, lalu kita akan mengidentifikasi struktur kalimat majemuk bertingkat dan akhirnya kita akan mempelajari dan menyimpulkan anak kalimat dan induk kalimat pada bagian penjelasan.

Contoh kalimat majemuk bertingkat:
Ketika tengah memanggang ayam bersama teman-temannya, Agung pingsan tak sadarkan diri.

Struktur kalimat majemuk bertingkat:
Anak kalimat: Ketika tengah memanggang ayam bersama teman-temannya.
Induk kalimat: Agung pingsan tak sadarkan diri.

Penjelasan:
Anak kalimat merupakan perluasan dari induk kalimat. “Agung pingsan tak sadarkan diri” merupakan induk kalimat. Selanjutnya diperluas dengan menambah anak kalimat yakni “ketika tengah memanggang ayam bersama tema-temannya”.

Itulah penjelasan tentang contoh kalimat majemuk bertingkat, ciri-ciri dan struktur kalimat majemuk bertingkat yang dapat anda pelajari. Disamping kalimat majemuk bertingkat terdapat 2 jenis kalimat majemuk lainnya yakni kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk campuran/ratapan yang akan kita pelajari pada artikel selanjutnya. Terimakasih.

Baca Juga  Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.