Globalisasi: Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi

Diposting pada

Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi – Globalisasi menurut para ahli adalah sebuah proses sosial yang disebabkan kemajuan zaman dan dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Menurut bahasanya globalisasi terdiri dari dua frasa yakni global dan sasi, global memiliki arti mendunia dan sasi berarti proses. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian globalisasi adalah proses kemajuan yang mengikuti arus perkembangan jaman.

Faktor penyebab globalisasi umumnya datang dari berbagai arah. Namun penyebab utama terjadinya globalisasi adalah perkembangan jaman yang semakin cepat. Perkembangan jaman ini menuntut manusia untuk beradaptasi agar dapat tetap bertahan hidup dengan kondisi jaman yang semakin maju dan modern. Dampak globalisasi dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari penggunaan smartphone, penggunaan internet, munculnya peralatan masak serba canggih, ditemukannya tenaga listrik dengan tenaga matahari dan lain sebagainya. Pada dasarnya globalisasi dapat memberikan dampak positif dan negatif jika dikaji lebih dalam.

Globalisasi: Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi
Makna Sebuah Globalisasi

Pengaruh globalisasi memang tidak dapat kita hindari, hal ini disebabkan karena arus perkembangan jaman terus meningkat. Semakin lama jaman semakin modern begitu juga dengan globalisasi yang terjadi. Akhirnya globalisasi kan terus terjadi dan berkembang seiring dengan arus perkembangan jaman.

Globalisasi: Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa globalisasi disebabkan oleh berbagai arah. Faktor penyebab ini dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Kita tahu bahwa globalisasi sendiri merupakan proses sosial yang bersifat positif atau negatif diakibatkan oleh perkembangan atau kemajuan zaman.

Pembahasan terkait globalisasi ini tidak hanya membuat definisinya saja. Namun ada beberapa dampak globalisasi tersebut. Apakah anda tahu apa dampak yang ditimbulkan globalisasi ini? Globalisasi secara umum memang menimbulkan beberapa dampat bagi masyarakat luas.

Pada dasarnya globalisasi memiliki banyak arti yakni pengertian globalisasi menurut bahasanya, pengertian globalisasi menurut para ahli, dan pengertian globalisasi secara umum. Terdapat banyak penyebab globalisasi diantaranya adalah perkembangan jaman dan kebutuhan manusia. Selain itu globalisasi juga menimbulkan dampak positif dan negatif, dan berikut adalah materi tentang globalisasi yang berhasil saya rangkum.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Selain definisi globalisasi secara umum di atas, adapula beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli. Para ahli menafsirkan pengertian globalisasi sebagai berikut:

  1. Thomas L Friedman: Globalisasi merupakan gabungan dari teknologi dan dimensi ideologi. Dimensi ideologi sendiri adalah pasar bebas dan kapitalisme, sedangkan dimensi teknologi adalah penggunaan informasi dan teknologi yang menghubungkan dunia.
  2. Emanuel Ritcher: Globalisasi adalah sebuah jaringan kerja dalam skala global yang menyatukan masyarakat dunia dalam suatu ikatan saling membutuhkan satu sama lain.
  3. Malcom Waters: Globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan pikiran bahwa pembatasan geografis dalam hal sosial dan budaya menjadi kurang penting.
  4. Achmad Suparman: Globalisasi adalah sebuah proses untuk menjadikan perilaku maupun benda menjadi ciri khusu suatu individu tanpa dibatasi oleh geografis dan wilayah.
  5. Martin Albrown: Globalisasi adalah proses menghubungkan masyarakat diseluruh dunia kedalam sebuah komunitas masyarakat tunggal dunia.
Baca Juga  Ancaman Non Militer Terhadap Integrasi Nasional Lengkap

Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi yang terjadi bukanlah suatu kebetulan, faktor penyebab globalisasi dapat dibagi menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor faktor penyebab globalisasi yaitu diantaranya:

Faktor Internal Penyebab Globalisasi

  1. Rasa ketergantungan suatu Negara dengan Negara lain.
  2. Berkembangnya demokrasi dan transparansi pemerintahan.
  3. Kebebasan berpendapat.
  4. Munculnya berbagai lebaga swadaya masyarakat dan lembaga politik.
  5. Perkembangan pola pikir dan pendidikan masyarakat.

Faktor Eksternal Penyebab Globalisasi

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK.
  2. Perkembangan sarana komunikasi.
  3. Munculnya kesepakatan diselenggarakannya pasar bebas.
  4. Meningkatnya fungsi dan peran lembaga Internasional.
  5. Terjadinya modernisasi di berbagai bidang.
  6. Perkembangan HAM yang berlaku.

Dampak Globalisasi

Terjadinya globalisasi tentunya akan menimbulkan dampak baik itu positif maupun negatif. Dampak dampak tersebut tidak dapat kita hindari karena bersifat konkret. Di bawah ini terdapat beberapa dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi yaitu sebagai berikut:

Dampak Positif Globalisasi

  1. Meningkatnya kedisiplinan dan etos kerja yang dimiliki oleh masyarakat.
  2. Meningkatnya produktivitas masyarakat yang akan mengarah pada penghidupan yang lebih baik.
  3. Penggunaan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  4. Kemajuan di bidang transpostasi, teknologi dan komunikasi.
  5. Mobilas tinggi karena meningkatnya sarana transportasi.
  6. Meningkatnya pembangunan suatu daerah.
  7. Dapat menyebarluaskan kebudayaan melalui jalur pariwisata.
  8. Meluasnya pasar dan peningkatan pendapatan negara.

Dampak Negatif Globalisasi

  1. Semakin mudahnya kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia.
  2. Semakin luntur rasa gotong royong yang dimiliki oleh masyarakat karena selalu bergantung pada teknologi.
  3. Terjadinya penyelundupan barang ilegal masuk ke Indonesia.
  4. Terjadinya kesenjangan sosial.
  5. Menghambat pertumbuhan di sektor industri dalam Negeri.
  6. Timbulnya kebiasaan boros dan suka menghambur hamburkan uang.

Itulah materi tentang globalisasi yang mencakup pengertian globalisasi , penyebab globalisasi dan dampak globalisasi yang terjadi di Indonesia. Globalisasi memang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan mempermudah kehidupan. Namun dengan adanya dampak negatif globalisasi kita sebagai seorang warga negara haruslah mawas diri dengan lingkungan sekitar kita agar tidak terpengaruh oleh dampak negatif ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.