Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya

Diposting pada

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya – IMK atau interaksi manusia dan komputer ialah ilmu disiplin yang membahas tentang hubungan antara manusia dengan komputer seperti implementasi, perancangan dan evaluasi antar pengguna komputer sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi manusia dengan komputer tersebut mencakup serangkaian proses, kegiatan dan dialog yang dilakukan oleh manusia sehingga dapat melakukan interaksi dengan komputer secara interaktif agar tugasnya dapat diselesaikan dan dilaksanakan sesuai keinginan. Lalu apa tujuan interaksi manusia dengan komputer itu? Apa saja ruang lingkup IMK?

Interaksi Antara Manusia dan Komputer
Interaksi Antara Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dengan komputer (IMK) dapat didefinisikan sebagai sebuah ilmu yang berhubungan dengan evaluasi dan desain implementasi secara interaktif dari suatu sistem komputasi sehingga dapat dimanfaatkan dalam bidang studi dan manusia itu sendiri. Interaksi ini mencakup beberapa ruang lingkup seperti dalam interaksi antar manusia, antar komputasi mesin, maupun interaksi antara manusia dan komputer. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian interaksi manusia dan komputer (IMK) beserta tujuannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Beserta Tujuannya

Pengertian interaksi manusia dan komputer ialah sebuah ilmu yang membahas tentang bagaimana cara implementasi, desain dan evaluasi secara interaktif dalam sistem komputer sehingga manusia dapat dengan mudah menggunakannya. Interaksi sendiri dapat didefinisikan sebagai komunikasi antara sistem komputer dengan user (manusia) secara dua arah. Jika kedua belah pihak dapat memberikan respon (aksi reaksi) dan stimulan yang saling mendukung, maka proses terjadinya interaksi diantara keduanya dapat berjalan dengan maksimal. Tetapi jika salah satu pihak tidak memberikan respon atau timbal balik, maka interaksinya akan mengarah pada pembiasan tujuan dan mengalami hambatan tertentu. Lantas apa tujuan interaksi antara manusia dan komputer itu? Apa saja ruang lingkup IMK?

Baca juga : Pengertian Mikrotik, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya

Selain definisi di atas, adapula pengertian interaksi manusia dan komputer yaitu suatu ikatan dengan karakteristik tertentu antara manusia dengan komputer sehingga dapat menggapai tujuan tertentu melalui sistem interface atau antar muka. Prinsip kerja dalam komputer sama dengan proses input dan output. Komputer tersebut akan menerima data yang berupa deretan huruf dan angka. Setelah itu komputer akan mengolah data tersebut dan mengeluarkannya sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan dari para penggunanya (manusia). Dari sinilah akan terjadi interaksi antara manusia dan komputer melalui layar monitor. Komunikasi tersebut dilakukan dalam bentuk menekan tombol pada keyboard komputer, baik tombol angka ataupun tombol huruf.

Interaksi manusia dan komputer (IMK) yang kita lakukan tersebut akan menghasilkan data input untuk dirubah menjadi informasi yang diinginkan. Dengann begitu informasi tersebut dapat muncul pada layar monitor maupun printer (mesin pencetak). Di bawah ini terdapat beberapa tujun IMK dan penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Tujuan Interaksi antara Manusia dan Komputer

Lazimnya interaksi terjadi antara sesama manusia untuk mencapai tujuan komunikasi. Tapiseiring berjalannya waktu kini manusia pun bisa berinteraksi dengan komputer sebagai usernya. Pendapat tersebut sudah dikonfirmasi oleh para pakar sebagai salah satu hasil kemajuan iptek abad 21.

Setelah membahas tentang pengertian interaksi manusia dan komputer (IMK), selanjutnya saya akan membahas tentang tujuan interaksi manusia dengan komputer. Berikut beberapa tujuan IMK yaitu diantaranya:

Membuat Sistem

Tujuan IMK yang pertama ialah untuk membuat sistem. Sistem yang ingin dibuat IMK bertujuan agar kinerjanya menjadi lebih baik. Dengan begitu akan tercipta sistem yang lebih:

  • Efektif
  • Usable (berguna)
  • Efisien
  • Produktif
  • Fungsional
  • Aman

Meningkatkan Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan IMK selanjutnya ialah untuk meningkatkan interaksi antara manusia dan komputer. Dengan begitu sistem komputer yang digunakan lebih safe (aman) dan usable (bermanfaat) sehingga fungsi dari sistem tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu sistem ini juga dapat meningkatkan dan mengembangkan beberapa hal seperti :

  • Efektifitas atau Efectiveness
  • Keamanan atau Safety
  • Efisiensi atau Eficiency
  • Ketergunaan atau Usability
  • Utilitas atau Utility

Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya

Dalam konteks interaksi manusia dan komputer tersebut terdapat sistem yang mencakup perangkat lunak dan perangkan keras komputer serta keseluruhan lingkungan di dalamnya, baik lingkungan keluarga ataupun lingkungan organisasi kerja dalam masyarakat. Selain itu yang dimaksud ketergunaan disini mencakup pembuatan sistem yang mudah dipelajari dan mudah digunakan oleh kelompok maupun individu. Utilitas interaksi manusia dengan komputer merujuk pada peningkatan keefisienan, fungsionalitas dan keefektifan dari sistem kerjanya.

Perancang interface atau antarmuka manusia dengan komputer ini berharap agar rancangan sistem komputernya dapat memiliki sifat yang user friendly atau ramah dan akrab dengan penggunanya. Agar interaksi manusia dan komputer (IMK) dapat menciptakan interface yang baik, maka membutuhkan beberapa pemahaman dalam bidang ilmu tertentu. Berikut beberapa bidang ilmu yang perlu dipahami yaitu meliputi:

Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika
Ilmu komputer dan teknik elektronika merupakan bidang ilmu pertama yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara manusia dan komputer. Bidang ilmu ini perlu dipahami karena bertujuan untuk menyampaikan kerangka kerja agar sistem HCI dalam IMK dapat dirancang.

Ilmu Psikologi
Ilmu psikologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi manusia dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari tentang keterampilan motorik, kebiasaan, pengolahan kognitif dan persepsi dari usernya (pengguna).

Ilmu Tipografi dan Perancangan Grafis
Ilmu tipografi dan perancangan grafis merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi manusia dengan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari tentang suatu gambar yang memiliki makna yang sama dengan beribu kata. Gambar tersebut berguna untuk sarana dialog manusia dengan komputer yang cukup efektif.

Ilmu Ergonomik
Ilmu ergonomik merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi manusia dan komputer. Bidang ilmu ini berkaitan dengan unsur fisik dalam memperoleh kenyamanan di lingkungan kerja seperti:

  • Pengaturan lampu,
  • Bentuk kursi dan meja kerja,
  • Posisi duduk,
  • Kebersihan tempat kerja,
  • Bentuk keyboard dan layar tampilan.

Ilmu Antropologi
Ilmu antropologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara manusia dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari tentang manusia. Ilmu antropologi dalam IMK berguna untuk memberikan pandangan cara kerja kepada masing masing anggota kelompoknya sehingga dapat menghasilkan kontribusi berdasarkan bidangnya sendiri sendiri.

Ilmu Linguistik
Ilmu linguistik merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi manusia dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari tentang bahasa. Agar dialog dapat dilakukan maka membutuhkan sarana komunikasi yang cukup seperti:

  • Bahasa Grafis.
  • Bahasa Menu
  • Bahasa Perintah
  • Bahasa Khusus
  • Bahasa Alami

Baca juga : Mengenal Panel Listrik dan Komponen Komponen di Dalamnya

Ilmu Sosiologi
Ilmu sosiologi merupakan bidang ilmu selanjutnya yang perlu dipahami dalam interaface interaksi antara manusia dan komputer. Bidang ilmu ini mempelajari tentang sistem manusia dan komputer yang mempengaruhi struktur sosial. Contohnya sistem PHK yang dipengaruhi oleh otomasi kantor.

Ruang Lingkup Interaksi Manusia dan Komputer

Selanjutnya saja akan menjelaskan tentang ruang lingkup interaksi antara manusia dan komputer (IMK). Adapun beberapa ruang lingkup IMK yang terdiri dari beberapa komponen seperti:

  • Manusia ialah user (pengguna) yang menjalankan komputer. Karakteristik setiap user berbeda beda sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka dalam mengoperasikan komputer itu sendiri.
  • Komputer ialah sebuah alat elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
  • Interaksi ialah komunikasi yang terjadi diantara manusia dengan komputer secara dua arah.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian interaksi manusia dan komputer beserta tujuan interaksi manusia dengan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer dapat didefinisikan sebagai sebuah ilmu yang membahas tentang bagaimana cara implementasi, desain dan evaluasi secara interaktif dalam sistem komputer sehingga manusia dapat dengan mudah menggunakannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi dan Jenis Jenis Transistor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.