Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal – Istilah mengenai pecahan, penyebut, pembilang, sekian per sekian dan sebagainya tentu sering kita dengar. Berbagai jenis istilah ini menggambarkan adanya sebuah nilai yang berasal dari pecahan atau pembagian bilangan yang satu dengan yang lainnya. Apakah anda tahu pengertian pecahan itu? Pecahan pada dasarnya terdiri dari pecahan biasa maupun pecahan campuran. Bagaimana cara menyelesaikan pecahan biasa itu? Bagaimana cara menyelesaikan pecahan campuran itu? Bagaimana cara menghitung pecahan biasa? Bagaimana cara menghitung pecahan campuran?

 

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal
Perkalian Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran

Pengertian pecahan secara sederhana ialah istilah Matematika yang berupa penyebut dan pembilang. Pembilang dapat diartikan sebagai bilangan yang akan dibagi, sedangkan penyebut dapat diartikan sebagai bilangan yang dijadikan sebagai pembagi. Pecahan secara umum dapat ditulis menggunakan nilai pembilang dan penyebutnya lebih kecil sehingga pembacaannya lebih mudah. Selain itu dalam pecahan juga menggunakan penyebut dengan basis 4 atau 8, namun nilai yang dimiliki tetap sama. Apakah anda tahu cara menyelesaikan contoh soal perkalian pecahan biasa itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal perkalian pecahan campuran? Perkalian pecahan biasa dan campuran pada umumnya memiliki bentuk yang berbeda beda.

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Kita dapat melihat contoh pecahan seperti bilangan pecahan 1/2. Pecahan ini pembacaannya lebih mudah dibandingkan pecahan berbentuk 400/800. Meski begitu bentuk pecahan 40/80 atau 400/800 lebih mudah dibaca dibandingkan bentuk pecahan 385/770. Bentuk bentuk pecahan tersebut pada umumnya memiliki nilai yang sama yaitu 1/2. Maka dari itu bilangan pecahan ini dapat disederhanakan sedemikian rupa agar pembacaannya lebih mudah. Cara menyelesaikan perkalian pecahan biasa pada umumnya hampir sama dengan cara menyelesaikan perkalian pecahan campuran. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perkalian pecahan biasa dan campuran beserta contoh soal perkalian biasa dan contoh soal perkalian campuran.

Pada umumnya perkalian pecahan memang tidak sama dengan perkalian bilangan desimal. Hal ini dikarenakan dalam pecahan tersebut terdapat perkalian antara pembilang dengan pembilang maupun penyebut dengan penyebut. Perkalian pada pecahan Matematika ini dapat dibagi menjadi dua yaitu perkalian pecahan biasa dan perkalian pecahan campuran. Pecahan tersebut pada umumnya memiliki konsep perkalian yang hampir sama.

Baca juga : Arti Metode Substitusi Dalam Matematika Beserta Contoh

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam perkalian pecahan ini dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan hanya cukup mengalikan pembilang dengan pembilang maupun penyebut dengan penyebut. Untuk itu cara mengerjakannya pun juga lebih mudah dilakukan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai perkalian pecahan biasa dan campuran beserta contoh soal perkalian pecahan biasa dan contoh soal perkalian campuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini:

Perkalian Pecahan Biasa Dengan Bilangan Bulat

Bagaimana rumus perkalian percahan biasa dan bilangan bulat? saya sering mendengar pertanyaan demikian dari siswa. Sebenarnya tak ada rumus pasti yang dapat menjadi acuan jika kita ingin mengalikan dua bentuk angka yang berbeda. Praktek mengerjakan soal secara langsung menjadi metode belajar paling ampuh menurut saya.

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah cara menghitung perkalian pecahan biasa dengan bilangan bulat. Cara mengerjakannya ialah mengalikan pembilangnya saja dengan bilangan bulat. Agar anda lebih memahami konsep perkalian pecahan ini, maka saya akan membagikan contoh soalnya. Adapun contoh soalnya yaitu:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Dari contoh soal perkalian biasa dengan bilangan bulat di atas dapat kita ketahui bentuk pecahan 16/5, dimana nilai pembilangnya lebih besar dibandingkan penyebut. Untuk itu bentuk pecahan ini tergolong tidak biasa. Maka dari itu pecahan 16/5 dapat diubah menjadi pecahan campuran seperti 3 1/5. Pecahan tidak biasa dapat anda ubah menjadi pecahan campuran menggunakan metode pembagian bersusun.

Perkalian Pecahan Biasa

Materi perkalian pecahan biasa dan campuran selanjutnya yang akan saya bahas ialah cara menghitung perkalian antar pecahan biasa. Pecahan biasa dengan pecahan biasa dapat dikalikan dengan cara mengalikan pembilang dengan pembilang serta mengalikan penyebut dengan penyebut.

Rumus perkalian pecahan biasa cukup sederhana karena siswa tak perlu repot menyamakan penyebutnya. Tapi kita bisa langsung membuat bagan perkalian antara dua bagian berbeda. Adapun contoh soal perkalian antar pecahan biasa yaitu sebagai berikut:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Dalam pecahan 6/10 di atas dapat disederhanakan menjadi 3/10. Penyederhanaan pecahan ini dapat dilakukan dengan cara membagi penyebut dan pembilangnya dengan FPB.

Perkalian Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran

Selanjutnya saya akan membahas tentang cara menghitung perkalian pecahan biasa dan pecahan campuran. Kedua bentuk pecahan ini dapat dikalikan dengan cara menggunakan metode distributif. Adapun metode distributif yang digunakan yaitu:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Baca juga : 1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap

Agar anda lebih memahami cara menghitung perkalian pecahan biasa dan campuran ini, maka saya akan membagikan contoh soal terkait metode di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Perkalian Pecahan Campuran

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara menghitung perkalian antar pecahan campuran. Pecahan campuran dengan pecahan campuran dapat dikalikan dengan metode distributif. Namun metode yang digunakan ini lebih panjang dibandingkan metode distributif sebelumnya. Berikut metode distributif yang digunakan yaitu:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Agar anda lebih memahami cara menghitung perkalian antar pecahan campuran ini, maka saya akan membagikan contoh soal terkait metode di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Demikianlah penjelasan mengenai perkalian pecahan biasa dan campuran beserta contoh soal perkalian biasa dan contoh soal perkalian campuran. Pengertian pecahan secara sederhana ialah istilah Matematika yang berupa penyebut dan pembilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.