4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap

Diposting pada

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap – Seperti yang kita tahu bahwa dalam Matematika kita mengenal adanya bangun ruang. Bangun ruang sendiri terdiri dari beberapa unsur seperti panjang, lebar dan tinggi. Bangun ruang tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantuk bentuk bangunnya. Bangun ruang tersebut dapat meliputi balok, limas, kubus, prisma, bola, tabung dan kubus. Salah satu macam bangun ruang yang akan saya bahas adalah limas. Apa itu limas?

Limas adalah salah satu bangun ruang Matematika. Bangun ruang ini dapat kita jumpai disekeliling rumah bahkan bermanfaat pula untuk kehidupan manusia. Misalnya atap rumah yang berbentuk limas, bentuk menara, tower dan masih banyak lagi. Bangun limas juga digunakan untuk soal soal ujian sekolah. Maka dari itu setiap siswa dianjurkan untuk mengetahui rumus limas yang meliputi rumus volume dan rumus luas permukaannya. Bangun ruang ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis limas. Setiap jenis memiliki sifat sifat limas yang berbeda beda.

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Macam Macam Limas

Pada jaman dahulu, bangun ruang limas digunakan sebagai bentuk piramida dikerajaan Mesir Kuno. Bentuk ini memang banyak digunakan sebagai bentuk atap rumah maupun bentuk piramida pada saat itu. Maka dari itu tidak heran jika limas sering kita jumpai setiap hari. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis limas beserta penjelasan dan sifat sifat limasnya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap

Limas dalam ilmu geometri merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki bentuk alas segi n dan bentuk sisi tegak berupa segitiga. Sisi limas dapat dihitung dengan rumus n + 1 (n = jumlah rumusk  rusuk alas), jumlah rusuk 2n, dan jumlah titik sudut memiliki rumus n + 1. Bangun ruang kerucut dapat dinamakan limas dengan bentuk alas lingkaran. Kemudian untuk jenis limas yang bentuk alasnya persegi dapat dinamakan dengan piramida.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian limas ialah benda ruang yang mempunyai sisi bidang segitiga dan mempunyai alas yang berbentuk segitiga, segiempat, segilima dan sebagainya serta mempunyai titip puncak yang berhimpitan. Adapula pengertian limas secara umum yaitu sebuah bangun ruang yang mempunyai bidang atau sisi samping yang bentuknya segitiga serta mempunyai titik puncak.

Limas tersebut secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung bentuk alasnya. Jumlah rusuk dan disinya pun berbeda beda karena bentuk alasnya juga tidak sama. Meskipun limas dapat dibagi menjadi beberapa jenis, namun rumus luas dan volumenya tetap sama. Yang membedakan disini hanyalah rumus luas alasnya saja. Dibawah ini terdapat penjelasan jenis jenis limas beserta sifat sifat limas. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga : 4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Limas Segitiga

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Gambar Limas Segitiga

Jenis limas yang pertama ialah limas segitiga. Limas segitiga merupakan bangun limas yang alasnya memiliki bentuk segitiga, baik segitiga siku siku, segitiga sama kaki, segitiga sembarang maupun segitiga sama sisi. Adapun sifat sifat limas segitiga yaitu sebagai berikut:

  • Limas segitiga mempunyai 4 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di titik puncak dan 3 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 6 buah.
  • Memiliki 4 sisi, yaitu 1 sisi alas dan 3 sisi tegak.

Limas Segi Empat

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Gambar Limas Segi Empat

Jenis limas selanjutnya ialah limas segi empat. Limas segi empat merupakan bangun limas yang alasnya memiliki bentuk segi empat, baik belah ketupat, jajar genjang, persegi, persegi panjang, layang layang dan lain lain. Adapun sifat sifat limas segi empat yaitu sebagai berikut:

  • Limas segi empat mempunyai 5 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bagian puncak dan 4 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 8 buah.
  • Memiliki 5 sisi, yaitu 1 sisi alas dan 4 sisi tegak.

Baca juga : Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut Beserta Contoh Soal

Limas Segi Lima

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Gambar Limas Segi Lima

Jenis limas selanjutnya ialah limas segi lima. Limas segi lima merupakan bangun limas yang alasnya memiliki bentuk segi lima, baik segi lima beraturan maupun segi lima sembarang. Adapun sifat sifat limas segi lima yaitu sebagai berikut:

  • Limas segi lima mempunyai 6 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bagian puncak dan 5 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 10 buah.
  • Memiliki 6 sisi, yaitu 1 sisi alas dan 5 sisi tegak.

Limas Segi Enam

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Gambar Limas Segi Enam

Jenis limas yang terakhir ialah limas segi enam. Limas segi enam merupakan bangun limas yang alasnya memiliki bentuk segi enam, baik segi enam beraturan maupun segi enam sembarang. Adapun sifat sifat limas segi enam yaitu sebagai berikut:

  • Limas segi enam mempunyai 7 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bagian puncak dan 6 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 12 buah.
  • Memiliki 7 sisi, yaitu 1 sisi alas dan 6 sisi tegak.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis limas beserta sifat sifat limas lengkap. Limas merupakan salah satu bangun ruang yang bidang sisinya berbentuk segitiga dan alas yang berbentuk segitiga, segiempat, segilima dan segienam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Bilangan Cacah, Operasi, dan Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.