Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Penjelasannya

Diposting pada

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Penjelasannya – Apakah anda sekarang sedang belajar meracik minuman? Jika iya, maka ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum mempelajari resep minuman dan makanan. Salah satunya adalah takaran konversi ukuran ounce dalam satu cangkir. Pada umumnya ukuran ounce dalam secangkir ini merupakan istilah yang tidak umum didengar dan bahkan di Indonesia cukup jarang digunakan.

Dalam kancah Internasional ukuran satuan ounce memang digunakan oleh beberapa negara. Penggunaan ounce ini sering kali dikaitkan dengan benda berwujud cair. Benda benda berwujud cair tersebut meliputi jus buah, air, kopi dan lain lain. Apakah anda tahu takaran ada berapa ounce dalam satu cangkir? Pertanyaan ini mungkin seringkali kita dengar dari orang orang yang sedang belajar meracik minuman menggunakan resep.

Ukuran Satuan Ounce

Cangkir kopi pada umumnya digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan takaran racikan dalam resep minuman dan makanan. Maka dari itu memahami konversi ukuran ounce berapa nilai satu cangkir memang sangat penting. Takaran seperti ini memang sering digunakan dalam penggunaan resep tertentu. Lantas bagaimana konversi ukuran ounce itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Penjelasannya

Penggunaan cangkir kopi biasanya sering kita temukan dalam dunia kuliner atau penerapan resep tertentu. Cangkir kopi ini berhubungan dengan satuan Ounce atau Oz. Apa itu ounce? Kita tidak hanya menemukan satuan ounce dalam resep saja, tetapi juga terdapat dalam takaran ukuran minuman yang pernah kita order.

Ounce dalam Bahasa Inggris dapat dinamakan dengan ons yakni satuan yang digunakan untuk menyatakan massa. Sama seperti jenis satuan lainnya, ounce dapat dikonversikan menjadi bentuk lainnya seperti takaran satu cangkir kopi. Maka dari itulah anda pasti sering mendengar pertanyaan mengenai ada berapa ounce dalam satu cangkir.

Sebelum mengetahui jawaban konversi ukuran ounce menjadi satu cangkir tersebut. Anda harus memahai pengertian ounce terlebih dahulu. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai definisi ounce dan cara mengkonversikannya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Apa yang dimaksud Ounce?

Satuan berat atau massa yang digunakan di Indonesia memang terdiri dari beberapa jenis. Namun satuan Ounce ini tidak terlalu umum untuk digunakan di Indonesia. Satuan berat benda yang sering digunakan adalah gram atau kilogram. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, satuan ounce tergolong dalam bahasa Belanda dan sering disebut dengan ons.

Macam macam penerapan ounce memang berbeda beda untuk setiap negara. Hal ini dikarenakan pengukuran berat dengan ounce tersebut memang tidak baku. Dalam bahasa Latin, Ounce bermakna Uncia yakni satuan untuk mengukur inci sesuai dengan ajaran bangsa Romawi. Ounce atau Oz menurut Bahasa Itali maknanya Onca dimasa pertengahan.

Ada berapa ounce dalam secangkir kopi? Ukuran satu ons sama dengan 28,349 gram. Lalu ukuran satu cup 240 ml setara dengan 8 ons.

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir?

Di Amerika Serikat terdapat beberapa jenis ukuran cangkir kopi. Menurut standar Amerika terdapat ukuran satu cangkir kopi yang setara dengan ukuran 6 ons. Jenis jenis ukuran cangkir kopi di negara Amerika Serikat tersebut adalah ukuran kecil, ukuran besar dan ukuran sedang. Di bawah ini terdapat beberapa jenis aturan dalam ukuran ounce ke satuan cangkir yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran
  • Satu cangkir kopi kecil memiliki nilai yang sama dengan 6 oz.
  • Satu cangkir kopi sedang memiliki nilai yang sama dengan 8 oz.
  • Satu cangkir kopi besar memiliki nilai yang sama dengan 10 oz.

Menurut Bobpaul nilai ounce dalam satu cangkir kopi sama dengan 5 oz di AS secara universal. Nilai ini dilakukan dalam pembuat merek Mr. Coffe sejak tahun 1970an. Kemudian adapula ketentuan nilai satu Oz berdasarkan Imperian yang setara dengan 28,413 ml. Sedangkan enurut US nilai ounce cair Amerika (fl oz) setara dengan 29,573 ml.

Baca juga : Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir / Gelas Plastik?

Gelas plastik biasanya lebih praktis digunakan untuk penjualan minuman. Plastic cup atau gelas plastik memiliki berbagai jenis ukuran, baik dari yang terkecil hingga terbesar. Gelas plastik yang digunakan tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan jenis minumannya. Nilai satu cangkir gelas plastik sama dengan 12 oz, 14 oz, 16 oz, 18 oz maupun 20 oz. Untuk bentuk gelas plastik yang oval memiliki ukuran terbarus yakni 22 oz. Kemudian untuk jenis minuman es kopi lebih sering menggunakan ukuran paling kecil 14 oz dan 12 oz. Untuk jenis minuman jus, teh, minuman sachet dan semacamnya menggunakan ukuran 22 oz hingga 16 oz.

Konversi Ukuran Ounce

Setelah menjelaskan tentang ada berapa ounce dalam satu cangkir tersebut. Selanjutnya saya akan membahas tentang konversi ounce menjadi jenis satuan lain seperti ml (volume), gram (berat) dan lain lain. Berikut penjelasan selengkapnya:

Konversi Satuan Ounce ke ml Standar Amerika

Dalam standar Amerika terdapat nilai satu ounce yang sama dengan 29,573 ml. Maka nilainya akan menjadi seperti di bawah ini:

  • 6 oz = 177,44 ml
  • 8 oz = 236,6 ml
  • 10 oz = 295,74 ml
  • 12 oz = 354,88 ml

Konversi Ounce ke Gram Menurut Internasional Ovoirdupois

Dalam standar Internasional ovoirdupois terdapat nilai satu ounce yang sama dengan 28,35 g. Maka nilainya akan menjadi seperti di bawah ini:

  • 6 oz = 170,1 g
  • 8 oz = 226,8 g
  • 10 oz = 283,5 g

Dari sini apakah anda sudah jelas ada berapa ounce dalam satu cangkir? Di beberapa negara tersebut memang terdapat beberapa sisem metrik untuk satuan ounce yakni gram. Contohnya di Jerman nilai 1 ounce = 30 gram, di China nilai 1 ounce = 50 gram, di Spanyol nili 1 ounce = 28,75 gram, di Belanda 1 ounce = 100 gram serta di Indonesia nilai 1 ounce = 100 gram.

Konversi Ukuran Ounce ke Pound

Nilai 1 ounce sama dengan 0,0625 lb. Maka dari itu kita dapat menentukan nilai ounce ke pound lainnya menggunakan dasar tersebut. Contohnya:

  • 6 oz = 0,375 lb
  • 8 oz = 0,5 lb
  • 10 oz = 0,625

Konversi Ounce ke Liter Standar Amerika

Nilai 1 ounce sama dengan 0,0296 L. Maka dari itu kita dapat menentukan nilai ounce ke liter lainnya menggunakan dasar tersebut. Contohnya:

  • 6 oz = 0,177 L
  • 8 oz = 0,2366 L
  • 10 oz = 0,296 L

Sekian penjelasan mengenai ada berapa ounce dalam satu cangkir. Ounce merupakan jenis satuan yang digunakan untuk menghitung berat atau massa benda, meskipun sebenarnya satuan ini jarang digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.