Pengertian Pengukuran Dalam Fisika Beserta Contoh

Diposting pada

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika Beserta ContohDalam Fisika kita sering mendengar istilah tentang pengukuran. Bahkan setiap hari kita juga melakukan pengukuran secara tidak langsung. Tidak heran jika pengukuran merupakan ilmu penting yang diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Selain sebagai materi sekolah dan para ahli, ilmu pengukuran ini juga bermanfaat dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan kita perlu mengetahui panjang sebuah benda tertentu yang pastinya berada disekeleliling kita. Lalu apa pengertian pengukuran dalam Fisika? Apa saja contoh pengukuran dalam Fisika?

Apa kegunaan pengukuran dalam Fisika? Dalam ilmu fisika, pengukuran dapat digunakan untuk membandingkan besaran dan satuan baku, membuat interaksi objek menjadi lebih mudah, mengetahui ukuran sebuah objek dan sebagainya. Pengukuran dalam ilmu Fisika tersebut tidak jauh berbeda dengan pengukuran dalam Matematika.

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika Beserta Contoh
Pengukuran Dalam Fisika

Ilmu pengukuran memang bermanfaat untuk beberapa profesi, tetapi pada dasarnya setiap orang juga membutuhkannya. Misalnya penjahit yang menggunakan ilmu pengukuran dalam mengukur bahan yang ingin dijahit menjadi baju atau celana. Dengan pengukuran yang sesuai maka hasil jahitannya juga akan sesuai dengan keinginan konsumennya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pengukuran dalam Fisika dan contoh pengukuran dalam Fisika. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika Beserta Contoh

Pengukuran mempunyai peran yang penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan maupun teknologi. Hal ini dapat kita rasakan secara langsung yaitu benda benda yang digunakan untuk mengukur sesuatu memiliki ketepatan yang cukup baik. Tidak seperti saat jaman dulu yang masih menggunakan ilmu perkiraan dalam pengukuran. Contohnya satu jengkal dan lain lain.

Mengukur bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah benda. Segala sesuatu yang diukur dapat dinamakan dengan besaran. Misalnya massa tubuh, tinggi badan, umur dan sebagainya. Mengukur memang merupakan membandingkan besaran dengan besaran lain yang sejenis sebagai satuan, dimana ukuran yang dihasilkan terdiri dari satuan dan nilai.

Pentingnya pengukuran bagi kehidupan sehari hari juga dibuktikan oleh Lord Levin. Lord Levin berpendapat bahwa apabila anda melakukan pengukuran dan menuliskannya dalam bentuk angka maka hal inilah yang anda ketahui tentang benda tersebut. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian pengukuran dalam Fisika dan contoh pengukuran dalam Fisika.

Baca juga : Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Pengertian Pengukuran

Pengertian pengukuran dalam Fisika ialah perbandingan ukuran nilai sebuah besaran yang dinyatakan dalam bentuk besaran sejenis dan ditetapkan menggunakan satuan. Pada dasarnya setiap orang dapat mengetahui pengertian pengukuran dengan cara melakukan kegiatan mengukur sebuah benda disekelilingnya. Arti pengukuran yang sebenarnya cukup luas. Namun pengertian pengukuran dapat disederhanakan menjadi sebuah perandingan besaran sejenis suatu benda yang dinyatakan dalam bentuk satuan.

Pengertian pengukuran dalam Fisika cukup mudah untuk dipahami. Pengukuran sebuah benda dapat berkaitan dengan panjang, berat, dan sebagainya. Bahkan pengukuran tersebut sering kita lakukan setiap hari. Apabila anda belum memahami apa itu pengukuran, maka dapat anda simak beberapa contoh pengukuran di bawah ini.

Contoh Pengukuran

Dibawah ini terdapat beberapa contoh pengukuran dalam Fisika :

  • Seorang konsumen ingin membeli telur sebanyak 1 kg, kemudian penjual telur melakukan pengukuran berat telur sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk mengukurnya ia menggunakan timbangan telur.

Baca juga : Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap

  • Seorang tukang kayu ingin memotong kayunya menjadi tiga bagian. Masing masing bagian memiliki panjang 2 meter. Sebelum memotong kayu tersebut, tukang kayu tadi mengukur kayu sepanjang 2 meter hingga menjadi tiga bagian.

Untuk mengukur sebuah benda dapat menggunakan alat alat khusus yang sesuai. Misalnya menggunakan penggaris, jangka sorong, timbangan dan sebagainya. Setiap jenis alat ukur memilii fungsinya masing masing.

Sekian penjelasan mengenai pengertian pengukuran dalam Fisika dan contoh pengukuran dalam Fisika. Pengukuran Fisika diartikan sebagai perbandingan ukuran nilai sebuah besaran yang dinyatakan dalam bentuk besaran sejenis dan ditetapkan menggunakan satuan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.