8+ Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Terbaru

Diposting pada

8+ Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Terbaru – Teks Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya ialah teks eksposisi. Contoh teks eksposisi tersebut dapat dijumpai dalam kehidupan sehari hari, baik di internet ataupun di media sosial lainnya. Teks eksposisi digunakan untuk menyampaikan argumentasi dan informasi kepada pembaca sehingga dapat dipersuasi dengan baik. Teks ini dapat dikuasai dengan cara mempelajari dan menguasai kaidah, jenis dan struktur teksnya terlebih dahulu. Kemudian baru membuat contohnya sesuai dengan tema yang digunakan.

Teks eksposisi pada dasarnya memiliki beberapa ciri ciri untuk membedakannya dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Ciri ciri teks eksposisi ini seperti digunakan untuk menyampaikan pengetahuan atau informai secara lugas, singkat, padat dan jelas dengan bahasa yang baku, berisi pengetahuan atau informasi yang disesuaikan dengan keadaan sebenarnya sehingga bersifat faktual, serta memiliki pengetahuan atau informasi yang mengandung unsur siapa, kapan, dimana, apa, mengapa, dan kapan. Bagaimana cara menulis paragraf eksposisi?

8+ Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Terbaru
Contoh Teks Eksposisi

Paragraf eksposisi dapat ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan teks yang berlaku. Kaidah eksposisi yang pertama ialah pronomina atau kata ganti orang ketika penulis menambahkan pendapat pribadi dalam teksnya. Kaidah teks eksposisi selanjutnya ialah konjungsi yakni kata penguhung yang digunakan untuk memperkuat sebuah argumen dalam teks. Konjungsi tersebut dapat berupa perincian, waktu, perbandingan, penjelasan, persyaratan, gabungan dan sebagainya. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks eksposisi singkat dan terbaru. Untuk lebih jelasnya dapat ada simak di bawah ini.

8+ Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Terbaru

Seperti yang kita tahu bahwa teks eksposisi merupakan jenis teks nonfiksi yang berguna untuk menjelaskan sebuah pengetahuan atau informasi. Penulisan teks eksposisi ini didasarkan pada pemerolehan data yang benar benar terjadi atau sesuai dengan fakta. Informasi yang termuat dalam teks ini biasanya dapat menjawab unsur 5W + 1 H seperti Who (siapa), When (Kapan), What (apa), Why (Mengapa), Where (dimana), dan How (Bagaimana). Tetapi teks eksposisi ini hanya memuat tentang informasi ilmiah yang kebenarannya terbukti.

Dalam teks eksposisi tentunya terdapat argumen di dalamnya. Argumen penulis berguna untuk mendukung topik yang dibahas. Maka dari itu serangkaian argumen penulis digunakan untuk menguraikan sebuah isu yang terdapat dalam teks eksposisi ini. Tetapi teks eksposisi biasanya mengandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang mudah dipahami, singkat, akurat dan padat.

Biasanya dalam pembuatan contoh teks eksposisi terdapat penggunaan kata leksikal yang terdiri dari verba, nomina, adverbia dan adjektiva. Agar anda lebih paham dengan materi teks eksposisi ini, maka saya akan membagikan beberapa contoh dari teks eksposisi tersebut. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Baca juga : 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan

Tesis :
Sekarang ini banyak sekali sampah sampah berserakan dilingkungan dan sungai sungai. Bahkan di era milenial ini sudah menjadi hal lumrah jika pembuangan sampah tidak pada tempatnya. Apalagi di kota kota besar banyak orang yang asal asalan dalam membuang sampah. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya banyak sampah yang menghalangi sungai sehingga dapat menyebabkan bencana banjir.

Argumentasi :
Beberapa pengamat memberikan kesimpulan bahwa jumlah manuisa dalam melakukan pembuangan sampah di sungai akan terus bertambah setiap tahunnya. Meskipun seringkali banjir menimpa mereka, namun mereka tetap tidak kapok dengan hal itu. Sebenarnya ini semua terjadi karena tingkah mereka sendiri. Bahkan bencana banjir juga dapat menyebabkan korban meninggal. Meski banjir terus melanda dan menyebabkan bahaya, tetapi mereka tetap tidak sadar untuk melakukan pembuangan sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang
Seharusnya mereka mengetahui bahwa banjir selama ini diakibatkan oleh ulah mereka sendiri. Dengan begitu mereka lebih sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu juga menerapkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan dan orang banyak tidak dirugikan. Maka dari itu banjir tidak akan muncul jika aliran sungai lancar dan bebas sampah.

Sebagai catatan : contoh teks eksposisi memiliki struktur bagian teks seperti tesis, argumentasi dan penegasan ulang. Struktur teks eksposisi ini dijadikan pedoman dalam pembuatan contoh teks yang ada. Struktur ini dapat dimasukkan dalam contoh teksnya ataupun tidak.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Singkat

Tesis :
Dalam masyarakat terdapat jenis tanaman obat tradisional seperti siri merah. Tanaman ini dimanfaatkan penduduk sebagai persediaan tanaman obat dengan cara dibudidaya. Jenis tanaman obat tersebut memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Argumentasi :
Tanaman siri merah dapat dijadikan sebagai obat maag, ketombe, diabetes dan kanker menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan. Selain itu siri merah juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan. Cara menggunakan tanaman tersebut dengan mengambil daunnya dan diolah dengan cara merebusnya. Tanaman siri merah dapat dijadikan obat karena mengandung senyawa aktif seperti euagor, minyak atsiri, polivenal dan sebagainya.

Baca juga : 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Penegasan Ulang :
Tanaman siri merah dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Contoh Teks Eksposisi Terbaru

Pendidikan karakter adalah jenis pendidikan yang memiliki keutamaan dalam memperdalam kemampuan siswa atau pendidikan siswa secara personal sehingga potensi dalam dirinya dapat dikembangkan lebih lanjut. Bakat tersembunyi dalam diri siswa dapat diperdalam menggunakan pendidikan karakter tersebut. Hal ini dikarenakan dalam diri setiap siswa memiliki bakat yang berbeda beda.

Siswa yang bidang akademiknya tidak pandai, belum tentu dikatakan bodoh. Namun dalam dirinya pasti terdapat kemampuan lain di bidang lainnya. Pendidikan karakter tersebut digunakan untuk melihat potensi dalam diri seseorang selain dalam bidang akademik. Maka dari itu, guru tidak diperbolehkan mengecap siswa yang tidak pintar dalam akademik sebagai siswa yang bodoh.

Dalam contoh teks eksposisi ini, cobalah untuk menangkap makna dan alur di setiap bagiannya. Usahakan untuk memilih dan memilah bagian tesis, argumentasi dan penegasan ulangnya.

Pendidikan karakter telah di wujudkan pemerintah dalam bentuk kurikulum 2013. Dengan melalui kurikulum tersebut, kemampuan karakter siswa dapat diperdalam. Misalnya saja karakter toleransi dalam agama, kebudayaan, suku dan sebagainya. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki keberagaman bahasa, budaya dan kepercayaan. Dengan begitu sejak dini, anak telah diperkenalkan dengan sikap toleransi.

Dengan pendidikan karakter tersebut diharapkan dapat membekali siswa untuk masa depannya. Maka dari itu siswa dapat memiliki potensi, sikap toleransi terhadap sesama dan skill yang dapat dibanggakan untuk kemajuan jaman sebagai penerus bangsa yang berkualitas.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Di negara Indonesia beberapa waktu yang lalu terdapat perubahan sistem pendidikan yang cukup signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan pemakaian kurikulum dalam sistem pendidikannya. Sekarang ini telah terjadi pergantian kurikulum 2016 menjadi kurikulum 2013. Meskipun kurikulum 2016 ini belum banyak digunakan dalam sekolah sekolah.

Sesuai dengan pendapat kementrian pendidikan dan budaya terkait kurikulum 2016 menyatakan bahwa sekolah yang berstandar Internasional atau berakreditasi A harus menggunakan kurikulum tersebut. Namun dalam pelaksanaan kurikulum 2013 terdapat beberapa syarat ketentuan. Salah satunya ialah pendistribusian bukunya harus sudah terjangkau. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa fokus dalam kurikulum 2013 ini terletak pada pembangunan keterampilan, karakter, sikap dan pengetahuan dasar dalam wujud pendekatan ilmiah.

Selain itu, kurikulum 2013 juga berfokus pada pembelajaran sikap syukur kepada Tuhan melalui percobaan, penciptaan dan pengamatan karya. Kemudian Musliar Kasim selaku wakil kementrian pendidikan dan budaya juga menganggap bahwa fokus dari kurikulum 2013 cenderung pada praktik dibandingkan hafalan. Hal ini dikarenakan siswa banyak terbebani soal hafalan selama ini dan hal inilah yang membuat peningkatan kreatifitas menjadi kurang efektif.

Baca juga : 6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Menurut pernyataan Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbagan presiden menganggap bahwa tujuan kurikulum 2013 ini ialah untuk membentuk generasi penerus yang berkarakter dan berkualitas serta cinta terhadap bangsa dan tanah airnya. Siswa dituntut agar aktif dalam proses pebelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, sehingga dapat dibentuk menjadi generali berkualias. Namun penggunaan kurikulum 2013 ini masih banyak ditolak oleh masyarakat.

Masyarakat beranggapan bahwa perubahan kurikulum tersebut terlalu memaksakan dan mendadak. Selain itu adapula anggapan lain bahwa dalam kurikulum 2013 ini kurang fokus karena dua pelajaran dengan substansi pokok berbeda malah digabungkan menjadi satu.

Seperti halnya contoh teks Bahasa Indonesia lainnya, contoh teks eksposisi ini memiliki beberapa unsur penting didalamnya seperti struktur bagian, pola paragraf hingga kaidah kebahasaan yang digunakan. Mungkin terdapat beberapa orang yang sulit mengidentifikasi jenis teks ini. Namun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan dalam mengidentifikasi teks eksposisi ini, karena dalam artikel sebelumnya telah saya bahas.

Meskipun pembelajaran semua mata pelajaran akan diajarkan secara sederhana. Namun para siswa akan kehilangan beberapa pengetahuan dan pemahaman materi karena diajarkan secara tidak lengkap  dan terpisah. Hal inilah yang membuat beberapa siswa menjadi kebingungan.

Contoh Teks Eksposisi Politik

Tesis :
Dalam organisasi pada dasarnya akan selalu ada pertikaian. Pastinya banyak orang yang telah mengikuti organisasi dan mengalami sebuah pertikaian. Bahkan dalam dunia politik, hal inilah yang sudah menjadi bumbu di dalamnya.

Argumentasi :
Terdapat salah satu pendapat orang yang pernah berorganisasi mengatakan bahwa jika salah satu anggota tidak disukai maka akan mempengaruhi semua anggota lainnya. Hal seperti ini sudah semestinya disesuaikan dengan tingkat kedewasaan setiap orang. Maka dari itu masing masing anggota dapat memilih manakah yang baik ataupun yang buruk.

Penegasan Ulang :
Mengapa ada pertikaian? Karena kesalahpahaman di awali dengan adanya adu mulut yang pada dasarnya memang lidah tak bertulang sehingga tidak seharusnya di metakan. Hal seperti inilah yang menjadi salah satu penyebab pertikaian. Jika semua dibicarakan baik baik dan didiskusikan dengan rinci, maka sekecil apapun pertikaian akan dapat diselesaikan secara bersama sama. Maka dari itu, hal kecil seperti inilah yang dapat berubah menjadi besar. Untuk itu dalam semua hal tentunya diperlukan sebuah komunikasi.

Banyak sekali contoh teks eksposisi yang telah disediakan untuk anda amati. Dalam contoh tersebut terdapat struktur tertentu yang dapat dijadikan sebuah karangan eksposisi. Struktur eksposisi ini dapat terdiri dari tesis, argumentasi maupun penegasan ulang.

Tesis adalah struktur bagian teks yang berisi sudut pandang penulis terkait penjelasan sebuah masalah. Kemudian adapula argumentasi yang berisi alasan atau fakta dalam menyanggah dan memperkuat sebuah pendapat. Lalu di akhir paragraf terdapat penegasan ulang yang berguna dalam menegaskan kembali bagian tesis dan memperkuat argumentasi. Demikianlah beberapa contoh teks eksposisi singkat dan terbaru yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.