Pengertian Reklame, Ciri Ciri, Jenis Jenis, dan Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Reklame, Ciri Ciri, Jenis Jenis, dan Contoh Lengkap – Saat kita menyusuri jalan pasti kita sering menemukan brosur, poster, spanduk, baliho, pamflet, papan nama, dan sejenisnya. Selain itu adapula bentuk promosi lain seperti reklame. Reklame tersebut merupakan karya seni dua dimensi yang memberikan propaganda, anjuran, dan tawaran.

Menurut Bahasa Spanyol, reklame berasal dari kata reclamos yang maknanya sebuah seruan untuk dilakuan berulang kali. Berdasarkan bahasa Latin, reklame berasal dari kata re clamo atau re clamare, dimana re adalah kembali berulang ulang dan clamo atau clamare adalah berteriak. Maka dari itu reklame merupakan pelaksanaan reklame yang berulang ulang. Apakah anda tahu pengertian reklame itu? Apa saja ciri ciri reklame? Apa saja jenis jenis reklame? Apa saja fungsi reklame? Apa saja contoh reklame?

Pengertian Reklame, Ciri Ciri, Jenis Jenis, dan Contoh Lengkap
Penggunaan Reklame dalam Kehidupan Sehari Hari

Reklame pada umumnya digunakan oleh beberapa perusahaan untuk memperkenalkan indentitasnya secara luas. Berkembangnya reklame ini terjadi pada zaman kolonial Hindia Belanda. Reklame tersebut berisi pujian untuk memberikan daya tarik sebuah barang sehingga di dalamnya terdapat visual dan gaya bahasa yang dominan dan menarik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian reklame, ciri ciri reklame, jenis jenis reklame, fungsi reklame, dan contoh reklame lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Reklame, Ciri Ciri, Jenis Jenis, dan Contoh Lengkap

Pada umumnya reklame berbeda dengan iklan. Apa perbedaan reklame dengan iklan itu? Reklame dan iklan tersebut berbeda dalam hal isi kontennya. Maka dari itu iklan secara umum mempunyai bentuk teks yang penyampaiannya lebih detail dan panjang tentang jasa atau barang yang dipromosikan. Berbeda dengan reklame yang penyampaiannya tergolong lebih singkat.

Pada umumnya dalam reklame terdapat hiasan visual yang menarik perhatian seperti berbentuk seni grafis. Reklame dan iklan memang memiliki perbedaan yang menonjol, tetapi juga mempunyai persamaan tujuan dan fungsi di dalamnya. Lantas apa itu reklame?

Agar anda lebih paham mengenai materi reklame tersebut. Maka saya akan membahas tentang pengertian reklame, ciri ciri reklame, jenis jenis reklame, fungsi reklame, dan contoh reklame tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan, dan Kelemahannya

Pengertian Reklame

Apa yang dimaksud reklame? Reklame adalah suatu media yang berguna untuk menyampaikan informasi secara singkat. Dengan adanya reklame tersebut kita dapat menarik perhatian khalayak umum secara berkelanjutan. Reklame ini dapat melalui media audio, media teks, ataupun media gambar. Reklame pada umumnya mengandung gambar yang mencolok sesuai dengan produk yang dipromosikan.

Apakah anda tahu tujuan reklame itu? Tujuan utama reklame adalah membuat banyak orang melakukan suatu reaksi sehingga mereka dapat diajak untuk melakukan berbagai hal yang akan disampaikan. Selain definisi secara umum, adapula arti reklame menurut para ahli yaitu meliputi:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian reklame adalah pemberitahuan tentang barang dagangan kepada khalayak umum. Pelaksanaan pemberitahuan ini menggunakan gambar dan kata kata yang menarik. Gambar dan kata kata yang menarik digunakan dengan tujuan agar barang dagangannya terjual laku.

Durianto

Reklame adalah suatu usaha komunikasi. Pelaksanaan usaha ini ditujukan untuk khalayak umum dengan tujuan agar menggunakan dan membeli produk atau barang yang kita promosikan. Kita dapat menjumpai reklame ini dalam ruangan maupun di luar ruangan. Misalnya iklan, baliho, poster, billboard, dan sebagainya. Reklame ini memiliki bentuk fisik yang mengandung visual dan audio visual.

Barata

Pengertian reklame menurut barata adalah suatu aktivitas yang memiliki tujuan untuk menyampaikan berbagai hal seperti jasa atau barang, ide menarik, dan informasi. Reklame tersebut bertujuan untuk menarik perhaitan orang banyak mengenai jasa dan ide atau produk yang sedang dipromosikan.

Kriyantono

Reklame adalah sebuah bentuk komunikasi yang pelaksanaannya tanpa personal agar pesan dalam produk barang atau jasa di dalamnya dapat tersampaikan. Selain itu reklame ini juga bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar barang yang ditawarkan dapat dibeli.

Panji

Reklame merupakan bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu jasa atau produk serta menarik perhatian banyak orang.

Ciri Ciri Reklame

Setelah menjelaskan tentang pengertian reklame di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang ciri ciri reklame. Reklame memiliki ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Menggunakan gambar yang menarik.
  • Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti, singkat, dan jelas.
  • Informasi didalamnya jujur.
  • Pelaksanaannya berulang ulang.

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

Baca Juga  Pengertian APEC dan Anggota APEC Beserta Tujuan dan Perannya

Jenis Jenis Reklame

Setelah menjelaskan tentang pengertian reklame dan ciri ciri reklame di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam reklame. Reklame dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini:

Menurut Pengadaannya

Di bawah ini terdapat jenis jenis reklame menurut pengadaannya yaitu sebagai berikut:

  • Reklame komersial adalah reklame yang pembuatannya bertujuan untuk keperluan bisnis sehingga penjualannya dapat meningkat.
  • Reklame non komersial adalah reklame yang berguna untuk kepentingan komersial seperti mengajak, menyampaikan, dan menghimbau suatu informasi sehingga pesan yang disampaikan dapat diikuti oleh pembaca. Misalnya menghimbau untuk tertib lalu lintas, donor darah, taat membayar pajak dan sebagainya.

Menurut Sifatnya

Di bawah ini terdapat jenis jenis reklame menurut sifatnya yaitu sebagai berikut:

  • Pengertian reklame peringatan adalah reklame yang mempunyai nada peringatan untuk masyarakat pengguna jalan menggunakan gambar yang mencolok.
  • Reklame penerangan adalah reklame yang bersifat informatif sehingga di dalamnya terdapat informasi penting untuk pembaca.
  • Reklame permintaan atau ajakan adalah reklame yang mempunyai nada ajakan sehingga para pembacanya dapat mengikuti apa yang dipromosikan. Biasanya reklame ini memiliki gambar gambar yang menarik untuk ditampilkan.

Menurut Tempat Pemasangannya

Di bawah ini terdapat jenis jenis reklame menurut tempat pemasangannya yaitu sebagai berikut:

  • Reklame indoor adalah reklame yang penempatannya berada di dalam ruangan sehingga ukuran yang dimiliki cukup sedang atau relatif kecil. Reklame ini dibuat dengan bahan yang tidak harus tahan dengan sengatan sinar matahari maupun air. Adapun contoh reklame indoor yaitu leaflet, etiket, pamflet, brosur, dan sebagainya.
  • Reklame outdor adalah reklame yang penempatannya di luar ruangan sehingga ukurannya harus besar agar dapat dilihat oleh orang, khususnya dipinggir jalan. Reklame ini harus dibuat dengan bahan yang tahan air hujan. Adapun contoh reklame outdoor adalah papan nama, papan baliho dan sebagainya.

Menurut Medianya

Di bawah ini terdapat jenis jenis reklame menurut medianya yaitu sebagai berikut:

  • Reklame audio adalah reklame yang bentuknya suara sehingga pelaksanaannya dapat secara tidak langsung maupun langsung.
  • Reklame visual adalah reklame yang di dalamnya memiliki gambar yang menarik. Berdasarkan pengertian reklame visual ini, kita dapat mengetahui jenis jenis reklame tersebut seperti berikut:
    1. Poster adalah reklame visual yang mempunyai gambar berbentuk barang atau objek menarik.
    2. Spanduk adalah reklame visual yang berbentuk gambar dan huruf, dimana dituangkan dalam kain panjang.
    3. Plakat adalah reklame visual berbentuk jasa dan barang yang mengandung gambar huruf serta dicetak dalam kertas.
    4. Etiket adalah reklame yang berbentuk nama produk jasa atau barang, dimana dilengkapi dengan keterangan menarik dan lengkap.
    5. Leaflet adalah reklame berbentuk objek atau barang dengan gambar huruf di dalamnya sebagai bentuk keterangan.
    6. Brosur adalah reklame visual yang menggunakan unsur utama berbentuk huruf saja.
    7. Logo adalah reklame yang berbentuk lambang atau simbol.
    8. Papan nama adalah reklame yang berbentuk huruf dan gambar.
  • Reklame audio visual adalah reklame yang menggunakan media suara serta gambar gambar yang menarik untuk ditampilkan.

Fungsi Reklame

Setelah menjelaskan tentang pengertian reklame, ciri ciri reklame, dan jenis jenis reklame di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang fungsi reklame. Reklame memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

Dalam Dunia Bisnis

  • Membujuk dan mengajak calon konsumen untuk menggunakan jasa atau produk yang dipromosikan.
  • Memberikan informasi kepada calon pembaca secara jelas dan singkat mengenai jasa dan produk yang ditawarkan.
  • Memberikan kesan yang baik mengenai produk jasa dan barang yang dipromosikan kepada konsumen.
  • Media komunikasi dan informasi antara para konsumen dengan para penjual.

Dalam Gerakan Sosial

  • Mengajak orang banyak atau masyarakat untuk mengikuti dan menuruti suatu aturan serta peringatan yang disebutkan.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya, informasi, peringatan atau kejadian penting lainnya. Misalnya spanduk untuk menjaga lingkungan, larangan membuang sampah sembarangan dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian reklame, ciri ciri reklame, jenis jenis reklame, fungsi reklame, dan contoh reklame lengkap. Reklame merupakan suatu media yang berguna untuk menyampaikan informasi secara singkat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.