Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian

Diposting pada

Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian – Baik ulangan harian ataupun ujian sekolah menjadi momen yang kadang ditakuti siswa. Pasalnya tingkat kesulitan soal terus meningkat seiring berjalannya waktu. Kini, di era globalisasi siswa pun dituntut harus mengembangkan critical thinking sebagai bagian dari tujuan pembelajaran.

Sebenarnya informasi bersifat fakta, berbentuk simbol, angka, dan lain sebagainya sering kita jumpai dalam konteks kehidupan. Biasanya unsur tersebut bisa kalian jumpai secara keseluruhan pada teks laporan hasil observasi di sekolah.

Tapi terkadang kita juga dapat menemukannya menjelma sebagai soal ujian yang membingungkan. Tak jarang siswa kesulitan atau bahkan salah saat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan unsur penelitian. Nah, untuk membantu kalian mari kita bahas kumpulan dari fakta atau simbol adalah pengertian dari apa.

Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian

Tak semua siswa mampu menjawab pertanyaan ketika ujian dengan benar. Padahal semua materi yang dijadikan butir soal ujian pasti terangkum di buku pedoman pelajaran. Berkaca dari masalah ini akhirnya membuat saya ingin membaca dan merangkum materi untuk kalian.

Pertanyaan: Kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian?

Jawaban: Data

Tidak mampu menjawab dengan benar menurut saya adalah hal yang lumrah. Pasalnya data sendiri kurang mendapat sorotan pada saat pembelajaran berlangsung. Pengertiannya pun juga seolah tak mendapat highlight sehingga membuat siswa sering terlupa.

Bagaimana bisa kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian DATA? inilah yang sering kali ditanyakan siswa yang masih belum paham materi. Untuk membantu kalian memahami konsep data maka simaklah penjelasan di bawah.

Data biasanya bersifat fakta karena diperoleh dari serangkaian pengamatan atau pengukuran terhadap suatu variabel. Nah, data itu sendiri bisa berbentuk simbol, kata, kalimat, angka, warna, dan unsur lain tanpa adanya batasan.

Baca Juga  Secara Politik Kemerdekaan Indonesia Merupakan Wujud Dari

Pengertian data di atas juga didukung oleh teori para ahli yang menyatakan bahwa data adalah fakta kasar tentang tempat, orang, serta kejadian yang penting. Kumpulan fakta tersebut selanjutnya diolah hingga menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk berbagai kepentingan.

Misalnya untuk dicantumkan pada teks laporan hasil observasi penelitian. Jenis teks tersebut biasanya memerlukan sajian data berupa informasi valid untuk mendukung hipotesis. Lalu bagaimana seorang peneliti bisa memperoleh sajian data tersebut?

Berdasarkan metode pengumpulannya data bisa kita golongkan menjadi dua yakni primer dan sekunder. Data primer merujuk pada informasi yang kita peroleh secara langsung saat melakukan penelitian. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain seperti buku, jurnal, dan teori para ahli.

Saya rasa penjelasan di atas sudah cukup menjawab pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian dari apa. Bila kalian mengalami kesulitan lain saat mengerjakan soal maka ajukan lewat komentar. Secepatnya tim saya akan membantu dan memberikan jawaban.