Akhir Akhir Ini Resensi Buku Juga Disebut

Diposting pada

Akhir Akhir Ini Resensi Buku Juga Disebut – Seperti yang kita tahu bahwa cara meresensi buku dapat digunakan untuk mengulas sebuah karya tulisan. Hal ini tentunya pernah dilakukan oleh sastrawan atau seseorang yang berprofesi sebagai penulis. Apa yang di maksud resensi buku? Pengertian resensi buku adalah kegiatan sebuah karya yang isi ceritanya ditelaah dalam bentuk novel, buku pengetahuan, buku, maupun cerita pendek.

Resensi buku tersebut dibuat dengan menggunakan ketentuan yang harus dipatuhi karena tidak semata mata dinilai saja. Lantas akhir akhir ini resensi buku juga disebut apa? Bagaimana cara meresensi buku itu? Resensi ini sangat perlu untuk dipelajari karena suatu karya sastra dapat diulas kembali menggunakan cara tersebut. Menurut bahasa Belanda, asal kata resensi ialah dari kata “Recensie” yang maknanya menilai dan membicarakan.

akhir akhir ini resensi buku juga disebut
Melakukan Resensi Buku

Menurut KBBI, resensi dalam bahasa Belanda dapat diartikan sebagai membicarakan atau mempertimbangkan hal hal yang berhubungan dengan buku ataupun ulasan buku. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa resensi tersebut merupakan suatu kegiatan menimbang atau menilai kembali. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jawaban dari pertanyaan akhir akhir ini resensi buku juga disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Akhir Akhir Ini Resensi Buku Juga Disebut

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan contoh resensi novel yang dapat anda pelajari. Apa itu resensi buku? Pengertian resensi buku adalah menilai atau meninjau kritis suatu kualitas buku. Meresensi buku memiliki makna seperti melakukan kegiatan untuk menyampaikan gagasan tertulis untuk mengukur baik atau buruknya sebuah buku. Satu buku tersebut dapat diukur nilai nilainya, baik berhubungan dengan manfaat untuk pembaca, isi, maupun struktur penyajiannya.

Baca Juga  Paragraf Induktif, Deduktif, dan Campuran (Pengertian, Pola, dan Contoh)

Resensi tersebut tidak hanya dilakukan pada sebuah buku saja, namun juga untuk novel dan karya sastra lainnya. Resensi buku tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa unsur. Unsur unsur resensi buku tersebut dapat berupa judul resensi, identitas buku, intisari buku, biografi pengarang, kelebihan dan kekurangan buku serta kesimpulan. Lantas akhir akhir ini resensi buku juga disebut apa?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan membagikan cara menulis resensi buku secara garis besar. Resensi buku ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah langkah seperti di bawah ini:

  • Menentukan pilihan buku yang nantinya diresensi.
  • Membaca buku yang akan diresensi.
  • Menentukan teknik menulis resensi dengan tepat.
  • Menulis unsur unsur resensi dengan lengkap.
  • Mengecek kembali penulisan semua resensi yang ada.

Bagaimana penjelasan tentang resensi buku diatas, mudah bukan? Di bawah ini terdapat salah satu contoh soal yang berhubungan dengan resensi buku yaitu diantaranya:

Akhir akhir ini resensi buku juga disebut . . .
A. Pencerita buku
B. Timbangan buku
C. Pengenalan buku
D. Kelebihan/kekurangan buku

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Timbangan buku.

Seperti yang kita tahu bahwa akhir akhir ini resensi buku juga disebut timbangan buku. Hal ini disesuaikan dengan tujuan resensi buku. Resensi buku memang bertujuan untuk mempertimbangkan kelayakan buku untuk masyarakat luas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.