Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Diposting pada

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada – Seperti yang kita tahu bahwa hal yang paling penting untuk dipelajari dalam musik adalah tangga nada. Tangga nada ini dapat disebut sebagai dasar dari adanya musik. Dengan adanya tangga nada tersebut, kemampuan mempelajari musik baru dan penulisan lagu menjadi lebih meningkat. Tangga nada ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Lalu apa itu tangga nada?

Pengertian tangga nada pada umumnya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Tangga nada tersebut adalah urutan notasi musik yang dirangkai berdasarkan pitch atau frekuensi dasar, mulai dari do, re, mi, fa, sol, la, si, do (tinggi) ataupun 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Lalu tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada apa? Tangga nada ini memang terdiri dari susunan nada menjadi suatu rangkaian, baik nadanya turun ataupun nadanya naik.

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada
Tangga Nada Musik Daerah

Tangga nada secara umum memang dapat diartikan sebagai susunan nada pokok yang berjenjang dari suatu sistem nada, mulai dari nada dasar yang satu hingga nada oktafnya. Tangga nada menurut prinsip kesetaraan oktafnya dianggap dapat menjangkau satu okfat saja. Maka dari itu polanya dapat diulangi menggunakan tangga nada yang beroktaf lebih tinggi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Tangga nada pada dasarnya digunakan sebagai wakil ruang oktaf yang dibagi menjadi sejumlah langkah. Jarak antar langkah ini dapat dinamakan dengan interval nada. Fungsi interval nada ini ialah untuk mencari jeda antar nada yang satu dengan nada lainnya. Tangga nada yang akan kita bahas ini berhubungan dengan musik daerah nusantara.

Apa itu musik Nusantara? Pengertian musik nusantara adalah semua musik yang perkembangannya berada di Nusantara, dimana ciri keindonesiaannya ditonjolkan atau ditunjukkan, baik dalam gaya melodi ataupun bahasanya. Musik Nusantara ini memang termasuk jenis musik yang dibuat oleh masyarakat di Indonesia sehingga termasuk made in Indonesia.

Baca Juga  Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Jika membahas tentang tangga nada dalam musik Nusantara tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada . . .
A. Diatonis
B. Pentatonis
C. Minor
D. Mayor

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Pentatonis.

Seperti yang kita tahu bahwa tangga nada sendiri merupakan susunan nada yang saling berurutan. Tangga nada ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis tangga nada yaitu:

  1. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai tujuh nada pokok dan dua jarak nada seperti setengah maupun satu. Tangga nada diatonis dapat ditemukan dalam contoh alat musik organ maupun piano.
  2. Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang mempunyai lima nada pokok saja. Tangga nada pentatonis ini dapat berbentuk pilihan nada yang didengar maupun jarak antar nada.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis ini dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu slendro (do – re – mi – sol – la) dan pelog (do – mi – fa – sol – si). Tangga nada pentatonis memang berguna untuk alat musik daerah Indonesia seperti gamelan Sunda, Batak, gamelan Jawa, dan Madura.

Kemudian tangga nada pelog dapat digunakan pada contoh lagu daerah Jawa Tengah seperti lagu Gundhul Pacul. Sedangkan tangga nada slendro dapat digunakan pada contoh lagu daerah Jawa Tengah seperti lagu Cublak Cublak Suweng.