Pengertian Musik Nusantara, Fungsi, Peranan dan Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Musik Nusantara, Fungsi, Peranan dan Beserta Contohnya – Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat berbagai kalangan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan yang disertai lantunan musik seperti seni tari, acara resmi, maupun tak resmi. Seiring perkembangan jaman maka semakin pesat pula kemajuan di bidang teknologi dan ekonomi yang akhirnya berimbas pada pelaku musik. Banyak sekali alat musik serta genre bernuansa tradisional terlupakan karena dianggap sudah norak, kuno, dan ketinggalan jaman.

Seni Musik Nusantara
Seni Musik Nusantara

Sekarang ini hal hal yang modern memang menarik minat banyak orang, misalnya saja soal musik. Salah satunya ialah musik Nusantara. Apa pengertian musik Nusantara? Apa fungsi dan peranan musik nusantara? Apa saja contoh musik Nusantara? Musik ialah susunan suara yang mempunyai kandungan lagu, harmonisasi, irama dan nada suara dari alat alat yang menciptakan irama.

Musik musik Nusantara sekarang ini memang kurang diminati banyak orang jika dibandingkan dengan musik barat. Padahal sebenarnya terdapat ciri khas dalam musik Nusantara yang banyak sebagai wujud keragaman seni Indonesia. Musik Nusantara dapat didefinisikan sebagai musik yang berkembang dari kebiasaan turun temurun dalam masyarakat di seluruh wilayah kepulauan yang masih menjalankannya. Hampir di semua pelosok negeri terdapat musik Nusantara dengan ciri khasnya masing masing. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian musik nusantara, fungsi dan peranan musik nusantara beserta contoh musik nusantara.

Pengertian Musik Nusantara, Fungsi, Peranan dan Contohnya

Sebelum membahas tentang pengertian musik nusantara, fungsi dan peranan musik nusantara beserta contoh musik nusantara, saya akan menjelaskan sedikit mengenai latar belakang jenis musik satu ini. Musik Nusantara memang sudah populer dikalangan anak anak hingga orang tua. Bahkan telah mengalami perkembangan yang pesat seiring berkembangnya zaman dari waktu ke waktu. Musik Nusantara memang berkembang karena budaya daerah yang bercampur dengan budaya asing di Indonesia. Itulah mengapa kita memiliki berbagai jenis genre serta alat musik yang beragam.

Materi yang membahas musik nusantara sebenarnya bisa kita jumpai pada mapel kesenian di jenjang sekolah menengah. Pembahasannya pun sudah tertulis rapi di buku pedoman seni musik dan berbagai sumber lain. Walaupun begitu ternyata masih ada sebagian siswa yang tak mampu menghafalkan pengertian musik nusantara serta menyebutkan contohnya dengan baik dan benar. Maka dari itu, dalam artikel kali ini saya ingin membahas setiap unsur musik nusantara secara lengkap.

Apa Itu Musik Nusantara

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian musik nusantara ialah musik yang berkembang dari kebiasaan turun temurun dalam masyarakat di seluruh wilayah kepulauan yang masih menjalankannya. Keberagaman musik nusantara tersebut berasal dari keanekaragaman adat istiadat dan budaya di Indonesia.

Dalam musik tersebut terdapat ciri khas dalam gaya melodi dan bahasa yang digunakan. Asal mula musik nusantara menurut sejarah dari Melayu Polinesia. Musik Nusantara mendapat pengaruh kebudayaan Hindu setelah abad ke 4 ketika di Indonesia dimasuki oleh budaya Hindu. Kemudian musik Nusantara memperoleh pengaruh dari kebudayaan Islam pada abad ke 16.

Musik Nusantara pada awalnya digunakan masyarakat untuk acara ritual. Namun setelah Indonesia dimasuki oleh budaya Hindu Budha, maka penggunaannya untuk acara istana seperti hiburan untuk para tamu di istana. Perkembangan musik istana yang cukup terkenal ialah musik gamelan seperti kelompok blimbingan, kelompok gendang, kelompok balungan, kelompok pelengkap, dan kelompok pencon.

Baca Juga  Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

Berdasarkan definisi musik nusantara juga dijelaskan bahwa musik ini telah berkembang di semua wilayah Indonesia. Untuk iitu setelah Islam masuk ke Indonesia, maka berpengaruh terhadap musik nusantara juga. Hal ini dibuktikaan dengan adanya musk rebana dan gambus yang asalnya dari pedagang pedagang Arab.

Fungsi dan Peranan Musik Nusantara

Sejak zaman kolonialisme atau masa penjajahan, negara Indonesia memang sudah dipengaruhi oleh musik Barat. Hal ini terasa pada perkembangan musik di Indonesia yang sangat besar dipengaruhi oleh bangsa Barat. Misalnya saja alat musik Barat yang dapat berkembang di Indonesia seperti selo, flute, biola, piano dan gitar. Selain itu sistem solmisasi juga dibawa oleh bangsa Barat hingga dikenal sampai sekarang. Awal pengaruh musik barat terdapat dalam lagu keroncong yang menyebar di kalangan budak Portugis. Setelah itu di Indonesia terdapat perkembangan musik diatonis karena pengaruh musik Barat yang besar.

Setelah membahas tentang pengertian musik Nusantara, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi dan peranan musik Nusantara. Musik ini memang tidak dapat dilepaskan dari adanya kebudayaan. Pengaruh musik memang cukup besar dalam kehidupan, aktivitas dan tingkah laku manusia, baik dalam masyarakat ataupun secara individu. Maka dari itu dalam kehidupan manusia terdapat fungsi musik yang tidak dapat terelakkan. Adapun beberapa fungsi musik nusantara secara garis besar yaitu meliputi:

  1. Sebagai hiburan.
  2. Sebagai bentuk kenikmatan secara estetis.
  3. Sebagai sarana komunikasi dalam masyarakat yang disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami, dipelajari dan dikenal banyak orang melalui analisis, mendengar ataupun melihat karya musik tersebut.
  4. Sebagai lambang sebuah peristiwa atau kejadian.
  5. Sebagai pengiring dalam tarian tradisional.
  6. Sebagai alat untuk membuat norma sosial lebih kuat.
  7. Sebagai ikatan sosial dan pengaruh dari ritual keagamaan.
  8. Sebagai bentuk kekayaan dalam budaya bangsa.

Contoh Musik Nusantara

Selain pengertian musik Nusantara, fungsi dan peranan musik Nusantara, adapula contoh musik Nusantara. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat peranan dari sebuah musik. Contohnya saja di dalam masyarakat Sumatra Utara terdapat peran musik Nusantara yang bernama musik gendang (gonrang). Pengertian musik gonrang ialah musik yang berasal dari daerah Simalungun, Sumatra Utara.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia terdiri dari beberapa pulau dengan keberagaman musik Nusantara yang berbeda beda. Untuk itu contoh musik Nusantara memang cukup banyak, salah satunya ialah musik Gonrang dari Sumatra Utara ini. Dalam kehidupan masyarakat Simalungun Sumatra Utara terdapat fungsi dan makna musik yang mendalam. Hal ini dikarenakan musik tersebut berisi ungkapan saran, isi hati, sarana komunikasi dan hiburan. Selain itu adapula fungsi musik gonrang yakni sebagai sarana kegiatan pengikat sosial dan kegiatan ritual keagamaan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian musik nusantara, fungsi dan peranan musik nusantara beserta contoh musik nusantara. Musik Nusantara merupakan musik yang berkembang dari kebiasaan turun temurun dalam masyarakat di seluruh wilayah kepulauan yang masih menjalankannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.