Sebutkan Struktur Teks Ulasan

Diposting pada

Sebutkan Struktur Teks Ulasan – Seperti yang kita tahu bahwa dalam film, komentar diblog, buku, ataupun serial tentunya kita pernah menemukan adanya teks ulasan. Semua orang mudah untuk membaca dan menemukan jenis teks yang satu ini. Dalam teks ulasan sendiri terdapat pendapat seseorang yang berkaitan dengan objek yang diulas. Lantas apa itu teks ulasan? Pengertian teks ulasan adalah teks yang menjelaskan penilaian tentang sebuah karya atau objek. Dengan begitu pembaca dapat memberikan nilai kualitas dari buku, film, atau karya tertentu.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian teks ulasan lengkap dengan struktur dan contohnya. Teks ulasan ini biasanya disertai dengan penjelasan kelebihan dan kekurangan suatu karya. Untuk jenis teks ulasan pendek sendiri dapat kita temukan dalam halaman awal buku, film, sampul belakang buku, maupun karya sastra (puisi, novel, dan cerpen). Pembaca yang mengulas sebuah karya dapat memberikan pesan moral teks tersebut untuk dilakukan dalam kehidupan nyata. Coba sebutkan struktur teks ulasan itu?

sebutkan struktur teks ulasan
Teks Ulasan

Teks ulasan secara garis besar dapat membantu pembaca untuk memahami suatu karya yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Contoh teks ulasan sendiri dapat anda temukan dalam buku pendamping ataupun di internet. Pembuatan teks ulasan memang didasarkan pada pemeriksaan, hasil penilaian, pengamatan, dan pertimbangan mengenai sebuah karya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sebutkan struktur teks ulasan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan yang dibuat oleh penulis tersebut berisi informasi sebuah peristiwa atau karya secara rinci. Teks ulasan ini biasanya dijadikan pedoman untuk para pembaca karena mengandung review/resensi dan penilaian sebuah karangan, baik berbentuk buku, puisi, cerpen, ataupun film.

Baca Juga  Sebutkan Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Coba sebutkan struktur teks ulasan tersebut? Teks ulasan merupakan jenis teks yang dipelajari dalam ilmu Bahasa Indonesia. Materi teks ulasan ini mempengaruhi dan memberikan informasi kepada pembaca agar dapat mendiskusikan suatu karya menjadi lebih jauh. Dengan begitu pembaca dapat memberikan pendapatnya apakah karya tersebut layak dinikmati oleh penonton film ataupun pembaca.

Bagaimana ciri ciri teks ulasan itu? Teks ulasan pada dasarnya memang memiliki beberapa ciri ciri untuk membedakannya dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Adapun ciri ciri dari teks ulasan tersebut yaitu meliputi:

  1. Memiliki struktur kalimat yang berupa orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  2. Informasinya berasal dari opini dan sudut pandang penulis terkait sebuah produk atau karya.
  3. Bagian opini didasarkan pada interpretasi fakta di dalamnya.
  4. Teks ulasan dapat disebut juga dengan resensi.

Jika membahas lebih lanjut mengenai teks ulasan ini, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Sebutkan struktur teks ulasan?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Seperti yang kita tahu bahwa teks ulasan adalah teks yang isinya tentang ulasan sebuah karya. Tujuan teks ulasan sendiri adalah untuk menyampaikan ulasan penulis tentang suatu karya kepada para pembaca agar pembaca memperoleh pandangan dan tertarik kepada karya yang diulas. Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan sebutkan struktur teks ulasan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.