Berikut yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Gagasan Utama Adalah

Diposting pada

Berikut yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Gagasan Utama Adalah – Pada umumnya suatu teks memiliki beberapa paragraf di dalamnya. Setiap paragraf tersebut terdiri dari gagasan utama (ide pokok) dan gagasan penjelas. Gagasan utama tersebut dapat ditentukan dengan cara memahami bacaan atau teks tersebut. Lantas apa itu gagasan utama? Pengertian gagasan utama adalah gagasan yang dijadikan dasar dalam mengembangkan paragraf.

Gagasan utama ini dapat disebut juga dengan gagasan pokok, ide pokok, ataupun istilah istilah lainnya. Sebelum menentukan gagasan utama, anda harus menentukan kalimat utama terlebih dahulu. Setelah itu anda juga akan menemukan kalimat penjelasnya juga. Kalimat utama adalah jenis kalimat yang isinya ide pokok utama atau pokok pikiran utama yang dijadikan dasar pengembangan paragraf. Lalu berikut yang bukan merupakan ciri ciri gagasan utama adalah apa saja?

berikut yang bukan merupakan ciri-ciri gagasan utama adalah
Mencari Gagasan Utama

Gagasan utama pada umumnya berhubungan dengan kalimat utama. Ciri ciri kalimat utama tersebut adalah mempunyai arti jelas dan dapat berdiri sendiri. Kalimat utama ini mengandung masalah yang bisa dikembangkan secara rinci. Kalimat utama ini termasuk sebuah pernyataan yang sifatna umum dan dapat berkembang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan jawaban mengenai pertanyaan berikut yang bukan merupakan ciri ciri gagasan utama adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Gagasan Utama Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang cara menentukan gagasan utama lengkap dengan contohnya. Namun seperti yang kita tahu bahwa gagasan utama memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri gagasan utama tersebut yaitu memiliki satu kalimat utuh yang dapat berdiri sendiri, pembentukannya tidak membutuhkan transisi atau kata sambung, berasal dari topik masalah utama yang diperjelas lebih dalam, serta kalimatnya jelas sehingga tidak perlu dihubungkan dengan kalimat lain. Pada umumnya letak gagasan utama yang ada diakhir paragraf dapat ditandai dengan kata kesimpulannya, dengan demikian, oleh karena itu, dan oleh sebab itu.

Gagasan utama yang terletak di awal paragraf tentunya akan berbeda dengan gagasan utama di akhir paragraf. Letak gagasan utama yang di awal paragraf disebut juga paragraf deduktif, sedangkan letak gagasan utama yang di akhir paragraf disebut juga dengan paragraf induktif. Kemudian untuk gagasan utama yang berada di awal dan akhir paragraf dapat dinamakan dengan paragraf desuktif induktif atau paragraf campuran. Lalu berikut yang bukan merupakan ciri ciri gagasan utama adalah apa saja?

Baca Juga  6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Materi tentang gagasan utama ini tentunya dapat dipelajari dengan mudah. Hal ini dikarenakan gagasan utama biasanya terdapat dalam kalimat utama. Jika anda telah memahami apa itu gagasan utama tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Berikut yang bukan merupakan ciri ciri gagasan utama adalah . . .
A. Biasanya berupa suatu kalimat lengkap yang bisa berdiri sendiri
B. Mengandung kata kata kiasan
C. Mengandung topik permasalahan yang bisa dijabarkan lebih lanjut
D. Mempunyai arti jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Mengandung kata kata kiasan.

Seperti yang kita tahu bahwa gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pokok atau inti suatu pembahasan. Biasanya gagasan utama ini dapat berbentuk kalimat dalam paragraf. Maka dari itu gagasan utama ini termasuk dalam kalimat dasar paragraf yang dapat dikembangkan atau diperjelas. Maka dari itu berdasarkan soal di atas dapat kita peroleh jawaban dari pertanyaan berikut yang bukan merupakan ciri-ciri gagasan utama adalah mengandung kata kata kiasan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa ciri ciri gagasan utama tersebut dapat meliputi:

  1. Memiliki topik masalah yang bisa dijabarkan lebih lanjut.
  2. Biasanya berbentuk kalimat lengkap yang bisa berdiri sendiri.
  3. Mempunyai arti jelas tanpa harus dihubungkan lagi dengan kalimat lainnya.
  4. Pembentukannya tidak membutuhkan transisi atau kata sambung.