Tanggapan atau Pertanyaan Dalam Diskusi Disampaikan Dengan Bahasa

Diposting pada

Tanggapan atau Pertanyaan Dalam Diskusi Disampaikan Dengan Bahasa – Pada umumnya dalam Bahasa Indonesia kita mengenal berbagai jenis kalimat Bahasa Indonesia. Masing masing jenis kalimat ini memiliki karakteristik atau ciri cirinya sendiri. Seperti halnya kalimat tanggapan diskusi atau kalimat pertanyaan diskusi tersebut. Jenis kalimat dalam diskusi ini tentunya dibuat dengan bahasa tertentu sehingga penyampaiannya dapat dipahami oleh orang lain.

Suatu kegiatan diskusi tentunya membutuhkan suatu respon, pertanyaan ataupun tanggapan dari orang lain terkait hal hal yang dibahas. Tanggapan disini dapat berbentuk tanggapan negatif ataupun tanggapan positif. Tanggapan tersebut tentunya harus disampaikan dengan baik dan benar sehingga orang lain dapat memahami maksud dari tanggapan itu. Lantas tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa apa? Pada artikel sebelumnya saya telah membahas lengkap mengenai contoh kalimat tanggapan diskusi.

Tanggapan atau Pertanyaan Dalam Diskusi Disampaikan Dengan Bahasa
Pelaksanaan Diskusi

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai tanggapan diskusi tersebut, anda harus memahami bentuk contoh teks diskusi terlebih dahulu. Contoh teks ini dapat anda peroleh melalui internet ataupun buku pendamping Bahasa Indonesia. Apa itu kalimat tanggapan? Pengertian kalimat tanggapan adalah kalimat sambutan berbentuk komentar dari orang lain terkait pernyataan yang sedang didiskusikan. Hasil kalimat ini nantinya berbentuk kesimpulan diskusi untuk kepentingan bersama. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tanggapan atau Pertanyaan Dalam Diskusi Disampaikan Dengan Bahasa

Kata tanggapan dapat diartikan sebagai sambutan terhadap suatu ucapan yang berbentuk kritik, saran, komentar, dan sebagainya. Tanggapan ini dapat disampaikan dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti materi, penyampaian, metode, dan tata tulis yang akan disampaikan. Kalimat tanggapan diskusi tersebut dapat berbentuk kalimat masukan, perintah, kritikan, pertanyaan, dan lain lain.

Baca Juga  Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

Lalu tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa apa? Kalimat tanggapan dapat diartikan sebagai jawaban kalimat yang bentuknya ajakan, perintah, dan pujian. Hasil tanggapan atau jawaban yang diberikan harus disesuaikan dengan apa yang dibahas dalam diskusi tersebut. Kita dapat mengatakan tanggapan tersebut baik jika menggunakan kata kata yang sopan.

Kalimat tanggapan dalam diskusi dapat dibuat dengan baik dan benar dengan memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Pemberian kalimat tanggapannya disesuaikan dengan materi pembicara.
  2. Menggunakan kalimat yang efektif.
  3. Tanggapannya disampaikan dengan urut.
  4. Kalimat tanggapan disampaikan dengan bahasa yang santun, jelas, dan tidak berbelit belit.

Diskusi tersebut tentunya berbeda dengan musyawarah. Perbedaan diskusi dan musyawarah ini dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya. Setelah memahami apa itu tanggapan diskusi, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa . . .
A. Logis, jelas, dan berbelit belit
B. Komunikatif, kritis, dan memaksa
C. Jelas, santun, dan tidak berbelit belit
D. Ringkas, padat, dan singkat

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Jelas, santun, dan tidak berbelit belit.

Berdasarkan jawaban di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa jelas, santun, dan tidak berbelit belit. Diskusi merupakan media atau cara menyampaikan saran, pendapat, gagasan, masukan atau kritikan kepada orang lain. Diskusi ini bertujuan untuk menghasilkan keputusan yang berguna untuk banyak orang dan tidak merugikan pihak lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.