Perdagangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan Dalam

Diposting pada

Perdagangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan Dalam – Seperti yang kita tahu bahwa munculnya perdagangan Internasional disebabkan karena adanya kesamaan kepentingan berdasarkan perbedaan sumber daya. Lantas apa itu perdagangan Internasional? Pengertian perdagangan Internasional adalah sebuah kegiatan transaksi jual beli di negara yang satu dengan negara lainnya berdasarkan kesepakatan bersama.

Lalu perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam hal apa? Perdagangan Internasional tersebut sebenarnya memiliki beberapa faktor pendorong di dalamnya. Faktor pendorong perdagangan Internasional ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Selain itu dalam perdagangan Internasional terdapat kegiatan ekspor dan impor yang biasanya dilakukan oleh sebuah negara.

Perdagangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan Dalam
Perdagangan Internasional

Pada dasarnya perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan bersama. Dampak perdagangan Internasional tersebut dapat mempengaruhi pendapatan negara, meningkatkan kemakmuran, membuka peluang kerja, maupun menjaga hubungan baik antar negara. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam hal apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perdagangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan Dalam

Secara umum perdagangan dapat diartikan sebagai proses tukar menukar jasa dan barang dari satu wilayah dengan wilayah yang lain. Perdagangan ini dapat terjadi dalam skala Nasional hingga Internasional. Jenis perdagangan yang akan saya bahas ini berhubungan dengan perdagangan Internasional. Perdagangan Internasional merupakan kegiatan transaksi jasa atau barang yang berlangsung dari satu negara dengan negara lain agar memperoleh keuntungan. Maka dari itulah perdagangan Internasional sering dinamakan dengan kegiatan ekspor dan impor.

Seperti yang kita tahu bahwa selain perdagangan Internasional, adapula perdagangan dalam negeri. Kedua jenis perdagangan ini berbeda, mulai dari pengertian hingga faktor pendorongnya. Untuk perbedaan perdagangan Internasional dan perdagangan dalam negeri ini dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Lantas perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam hal apa?

Baca Juga  Corak yang Merupakan Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut

Apakah anda sudah paham dengan definisi perdagangan Internasional itu? Setelah memahami apa itu perdagangan Internasional di atas, coba kerjakan contoh soal di bawah ini:

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam . . .
A. Ideologi
B. Kepentingan
C. Letak geografi
D. Sumber daya alam

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Kepentingan.

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang didasari karena adanya perbedaan sumber daya. Perdagangan Internasional terjadi karena faktor masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi negara asalnya tidak dapat menyediakan sumber daya yang mereka inginkan. Maka dari itu produk tersebut harus dibeli dari negara lain.

Munculnya perdagangan Internasional ini sebenarnya memang didasarkan karena persamaan kepentingan bersama untuk melakukan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan kedua negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.