Manakah Diantara Kelompok Tiga Bilangan Berikut yang Merupakan Tripel Pythagoras

Diposting pada

Manakah Diantara Kelompok Tiga Bilangan Berikut yang Merupakan Tripel Pythagoras – Seperti yang kita tahu bahwa dalam pembahasan Matematika tentunya kita pernah menemukan saah satu rumus yang berhubungan dengan teorema pythagoras. Rumus tersebut berhubungan dengan tripel pythagoras atau tigaan pythagoras. Selain itu rumusnya juga berkaitan dengan segitiga dan bilangan bulat positif.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang rumus pythagoras segitiga siku siku. Lalu manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel pythagoras? Teorema pythagoras menurut catatan sejarah pertama kali ditemukan oleh Pythagoras yaitu seorang ahli Matematika sekaligus filsuf. Sejak tahun 1900 – 1600 SM, rumus teorema pythagoras tersebut digunakan pertama kali oleh masyarakat Babilonia dan India.

Nama pythagoras dipilih karena termasuk teori perhitungan yang berhubungan dengan pembuktian rumus secara matematis. Penerapan rumus pythagoras tersebut biasanya dalam pengukuran ruang dan jarak seperti untuk melaksanakan dan merencanakan pembangunan gedung. Materi ini sudah dijelaskan kepada siswa ketika berada di bangku sekolah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel pythagoras. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Manakah Diantara Kelompok Tiga Bilangan Berikut yang Merupakan Tripel Pythagoras

Apa itu tripel pythagoras? Pengertian tripel pythagoras adalah bilangan bulat positif yang kuadrat bilangan terbesarnya mempunyai besar sama dengan jumlah kuadrat bilangan lainnya. Untuk memahami tripel pythagoras tersebut dapat dilakukan dengan memahami tiga bilangan asli pada sisi sisi segitiga siku siku.

Lantas manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel pythagoras? Tripel pythagoras memiliki bunyi yaitu “Kuadrat bilangan paling besarnya sama dengan jumlah kuadrat pada kedua bilangan lainnya”.

Baca Juga  Pengertian Diagram Batang Beserta Contohnya Lengkap

Ketika dibangku sekolah SMP tentunya kita pernah diajari tentang materi teorema Pythagoras dalam ilmu Matematika. Teorema pythagoras tersebut merupakan aturan Matematika yang dapat digunakan untuk mencari panjang salah satu sisi segitiga siku siku. Setelah memahami apa itu teorema pythagoras tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel Pythagoras?
A. 6, 2½, 6½
B. 10, 12, 14
C. 7, 13, 11

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. 6, 2½, 6½.

Seperti yang kita tahu bahwa teorema pythagoras berhubungan dengan segitiga siku siku. Segitiga siku siku merupakan jenis segitiga yang memiliki besar sudut 90° atau sudut siku siku. Dalam segitiga tersebut terdapat rumus seperti a²+b²=c². Maka dari itu untuk menjawab pertanyaan manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel pythagoras tersebut dapat dilakukan dengan metode seperti di bawah ini:

A. Untuk pilihan tersebut dapat dikerjakan dengan cara berikut:

manakah diantara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel pythagoras

Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa memenuhi syarat tripel pthagoras.

B. 10²+12²…14²
100+144…196
244 >196
Tidak memenuhi syarat tripel phytagoras

b. 7²+11²…13²
49+121…169
170>169
Tidak memenuhi syarat tripel phytagoras