Pemanjangan Ruas Ruas Batang Tumbuhan Golongan Rumput Rumputan Disebabkan Oleh

Diposting pada

Pemanjangan Ruas Ruas Batang Tumbuhan Golongan Rumput Rumputan Disebabkan Oleh – Seperti yang kita tahu bahwa jaringan meristem interkalar adalah pemanjangan ruas ruas pada batang tumbuhan untuk golongan rumput rumputan. Letak jaringan meristem tersebut ada di antara jaringan jaringan dewasa. Contohnya jaringan pangkal ruas batang maupun jaringan pangkal tangkai ranting. Kita juga dapat menemukan jaringan meristem interkalar ini pada batang rumput rumpuran. Ruas batang rumput atau internodusnya dapat terus tumbuh karena memiliki susunan jaringan tersebut.

Dari sini tentunya kita sudah tahu mengenai pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh apa. Jaringan meristem merupakan jenis jaringan tumbuhan yang akan terus memanjang karena memiliki susunan sel yang dapat membelah diri. Misalnya terdapat di bagian ujung akar, calon daun, ataupun ujung batang. Jaringan ini tentunya berbeda dengan jaringan hewan. Perbedaan jaringan tumbuhan dan jaringan hewan dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya.

pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh
Jaringan Meristem pada Tumbuhan

Jaringan meristem interkalar merupakan jaringan yang terdapat pada sel muda atau sel meristematik sehingga dapat membelah selnya. Jaringan ini pada umumnya termasuk dalam bagian meristem apikal yang tertinggal ketika meristem tumbuh. Tetapi meristem interkalar ini dapat tetap aktif dalam kurun waku yang lama setelah sel pada ruas atas memanjang seutuhnya. Dari penjelasan tersebut tentunya anda akan semakin paham mengenai pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh apa.

Pemanjangan Ruas Ruas Batang Tumbuhan Golongan Rumput Rumputan Disebabkan Oleh

Pada dasarnya meristem interkalar menghasilkan jaringan yang hampir sama dengan jaringan dari apikal sehingga termasuk dalam kategori jaringan primer. Maka dari itu perkembangbiakan tanaman akan terus terjaga karena adanya jaringan meristem interkalar tersebut.

Baca Juga  Kala Revolusi Planet Adalah Waktu yang Diperlukan Planet Untuk

Lantas pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh apa? Kita dapat menjumpai jaringan meristem interkalar pada tumbuhan monokotil. Peran jaringan tersebut adalah untuk pertumbuhan longitudinal tanaman seperti halnya tanaman rerumputan. Fungsi jaringan meristem interkalar adalah untuk menopang dan menyangga tingginya tumbuhan. Maka dari itu tidak heran jika dalam waktu cepat tanaman rerumputan terus memanjang dan tumbuh.

Meristem interkalar secara garis besar berperan penting dalam proses pemanjangan ruas ruas batang pada tanaman rerumputan. Maka dari itu tanaman tersebut dapat tetap tumbuh. Setelah mengetahui apa itu jaringan meristem interkalar, kemudian coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh . . .
A. Meristem lateral
B. Meristem Interkalar
C. Meristem apikal
D. Kambium vaskuler
E. Kambium gabus

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Meristem Interkalar.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa letak meristem interkalar ada di jaringan yang telah berdiferensiasi atau jaringan dewasa. Misalnya meristem di pangkal ruas tumbuhan Gramineae (golongan rumput rumputan), Equisetum sp., serta beberapa spesies Polygonaceae dan Caryophyllaceae. Selain itu kita juga dapat menyimpulkan bahwa pemanjangan ruas ruas batang tumbuhan golongan rumput rumputan disebabkan oleh meristem interkalar.