Penggunaan Kata Ganti Pada Teks Biografi Adalah

Diposting pada

Penggunaan Kata Ganti Pada Teks Biografi Adalah – Pada dasarnya buku biografi dapat ditulis berdasarkan ide inspirasi dari kisah seorang tokoh. Jenis buku non fiksi ini berisi teks teks yang dinamakan dengan teks biografi. Jenis teks Bahasa Indonesia yang satu ini tentunya sudah pernah anda temukan dalam soal soal atau bahkan sudah anda baca dalam cerpen atau cerita pendek.

Biasanya struktur teks biografi memiliki ciri khasnya sendiri dan bentuknya cukup padat. Walaupun sebenarnya kaidah kebahasaan teks biografi hampir sama dengan cerpen. Namun penulisan teks biografi didasarkan pada fakta yang tersedia. Bahkan tokoh yang diulas dalam buku biografi juga dapat dikenal dengan lebih jauh. Lalu penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah apa? Teks biografi tidak hanya ditulis berdasarkan fakta akurat saja, tetapi harus memenuhi berbagai kaidah tertentu.

penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah
Penggunaan Kata Ganti Pada Teks Biografi Adalah

Apa itu teks biografi? Pengertian teks biografi adalah naskah tertulis yang isinya riwayat hidup seseorang agar pelajaran hidupnya dapat kita ambil. Contohnya saja biografi Ki Hajar Dewantara. Teks biografi biasanya dibuat oleh penulis yang bercerita tentang perjalanan hidup tokoh terkenal seerti pahlawan, selebriti atau sastrawan terkenal maupun pengusaha yang dihidupnya terdapat nilai baik untuk diteladani. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penggunaan Kata Ganti Pada Teks Biografi Adalah

Teks biografi ditulis dengan sungguh sungguh dan disajikan dengan fakta akurat karena menyangkut hidup seseorang. Dalam biografi terdapat tokoh yang diangkat seperti seseorang yang sudah meninggal ataupun seseorang yang masih hidup. Teks ini pada intinya berisi fakta seorang tokoh yang ditulis dalam bentuk cerita atau narasi. Maka dari itu buku biografi biasanya memuat kehidupan seorang tokoh maupun perjalanan karir tokoh tersebut.

Baca Juga  Beriman Kepada Qada dan Qadar Termasuk Rukun Iman Yang Ke

Lalu penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah bagaimana? Teks biografi memang digunakan untuk menceritakan atau menjelaskan kehidupan seseorang. Maka dari itu teks biografi menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal. Kata ganti yang dimaksud adalah nama tokoh ataupun kata ganti ia, dia, maupun beliau.

Teks biografi tersebut berbeda dengan teks autobiografi yang ditulis untuk diri sendiri. Teks autobiografi tersebut ditulis dengan menggunakan kata ganti aku ataupun saya. Setelah memahami apa kata ganti teks biografi tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Bacalah teks biografi di bawah ini!
Nh. Dini merupakan seorang novelis dari Indonesia yang cukup kuat. Dia adalah angkatan lama penulis sastra yang soliter sehingga tidak hanya sebagai penulis sastra motivasi masa kini pada umumnya.
Penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah . . .
A. Orang ketiga tunggal
B. Orang ketiga jamak
C. Orang pertama tunggal
D. Orang pertama jamak
E. Orang kedua

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Orang ketiga tunggal.

Berdasarkan jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah orang ketiga tunggal. Kata ganti atau pronomina yang digunakan adalah dia. Selain itu teks biografi juga dapat menggunakan kata ganti beliau atau ia. Penggunakan kata ganti ini cukup bervariasi karena menggunakan panggilan tokoh ataupun penyebutan nama tokoh.

Penggunaan kata ganti pada teks biografi adalah hal yang biasa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.