Apa Tujuan Pembentukan KNIP

Diposting pada

Apa Tujuan Pembentukan KNIP – Seperti yang kita tahu bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945. Di saat itu juga terjadi peresmian Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun bangsa Indonesia terus mengalami tantangan pasca proklamasi seperti menyelesaikan kelengkapan struktur negara. Kelengkapan pemerintahan ini berhasil diatasi oleh pemerintah pusat RI dengan membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat atau KNIP pada tanggal 29 Agustus 1945.

Apa itu KNIP? Pengertian KNIP adalah badan pembantu Presiden yang memiliki anggota seperti pemuka masyarakat dari berbagai daerah atau golongan. Bahkan dalam KNIP terdapat mantan anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI. KNIP tersebut memiliki pusat di Jakarta dan dibentuk di seluruh Indonesia. Lalu apa tujuan pembentukan KNIP? Tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat adalah sebagai penjelmaan dari cita cita dan tujuan bangsa Indonesia menurut kedaulatan rakyat untuk merdeka.

apa tujuan pembentukan knip
Pembentukan KNIP

Komite Nasional memang merupakan penjelmaan dari kebulatan cita cita dan tujuan bangsa Indonesia menurut kedaulatan rakyat untuk melaksanakan kemerdekaan Indonesia. KNIP tersebut bertugas untuk ikut menetapkan Garis Garis Besar Haluan Negara dan diserahi kekuasaan legislatif sebelum terbentuk badan DPR maupun MPR, serta pekerjaan KNIP sehari hari dilakukan oleh Badan Pekerja yang bertanggung jawab dan dipilih diantara anggota. Dari sini tentunya anda sudah tahu gambaran dari apa tujuan pembentukan KNIP.

Apa Tujuan Pembentukan KNIP

Seperti yang kita tahu bahwa Komite Nasional di pusat bertugas untuk memberi petunjuk dan memimpin beberapa komite Nasional di daerah. Maka dari itu ada beberapa daerah yang mendirikan pusat daerah seperti di Jawa Tengah, Sulawesi, Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Maluku. Secara umum Komite Nasional terletak di daerah, di pusat, ataupun di pusat daerah, dimana dipimpin oleh seorang ketua dan memiliki beberapa anggota pengurus.

Baca Juga  Larutan yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Pembentukan KNIP ini didasarkan pada Aturan Peralihan, Pasal IV, UUD 1945 pada tanggal 29 Agustus 1945 – 15 Februari 1950. KNIP ini dinyatakan sebagai awal mula terbentuknya badan legislatif di Indonesia sehingga peresmian tanggal pembentukannya dijadikan sebagai KNIP ini diakui sebagai cikal bakal badan legislatif di Indonesia, sehingga tanggal pembentukannya diresmikan menjadi Hari Jadi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Lantas apa tujuan pembentukan KNIP itu?

KNIP pertama kali memiliki jumlah anggota 137 orang. Adapun struktur keanggotaannya yaitu:

  1. Ketua yaitu Mr. Kasman Singodimedjo.
  2. Wakil Ketua I yaitu Mas Sutardjo Kertohadikusumo.
  3. Wakil Ketua II yaitu Mr. J. Latuharhary.
  4. Wakil Ketua III yaitu Adam Malik.

Jika membahas tentang materi KNIP tersebut, tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Apa tujuan pembentukan KNIP?

Jawaban.
Pembentukan Komite Nasional di Indonesia memiliki pusat di Jakarta. Tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat adalah sebagai penjelmaan cita cita dan tujuan dari bangsa Indonesia dalam melaksanakan kemerdekaan Indonesia dengan kedaulatan rakyat.

Dari penjelasan di atas tentunya kita sudah tahu mengenai jawaban dari pertanyaan apa tujuan pembentukan KNIP tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.