Kerajaan Mataram Kuno Yang Berpusat di Jawa Timur Didirikan Oleh

Diposting pada

Kerajaan Mataram Kuno Yang Berpusat di Jawa Timur Didirikan Oleh – Seperti yang kita tahu bahwa raja kerajaan Mataram Kuno yang pertama di periode Jawa Timur adalah Mpu Sindok. Kerajaan ini kemudian dinamakan dengan kerajaan Medang. Mpu Sindok memang telah memindahkan pusat pemerintahan kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Ia bahkan juga mendirikan dinasti baru bernama Isana atau Wangsa Isyana. Ia memiliki gelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isana Wikramadharmottunggadewa setelah naik takhta pada 929 M hingga berkuasa tahun 947 M.

Lantas kerajaan mataram kuno yang berpusat di jawa timur didirikan oleh siapa? Mpu Sindok memiliki asal usul yang kurang jelas karena terdapat perbedaan diantara para sejarawan terkait hal tersebut. Mpu Sindok pernah menjabat sebagai Rakai Mahamantri Halu ketika pemerintahan Dyah Tulodhong (919 – 924 M). Kemudian pangkat Mpu Sindok naik menjadi Rakai Mahamantri Hino setelah Dyah Wawa (924 – 929 M) berkuasa.

Kerajaan Mataram Kuno Yang Berpusat di Jawa Timur Didirikan Oleh
Kerajaan Mataram Kuno

Sebenarnya kedua jabatan yang diduduki Mpu Sindok adalah posisi yang hanya bisa diisi kerabat dekat dari rajanya. Maka dari itulah kita dapat menyimpulkan bahwa Mpu Sindok adalah keturunan Wangsa Syailendra yang membuat pusat pemerintahan kerajaan Mataram Kuno dipindahkan ke Jawa Timur. Pemindahan ini dilakukan karena pusat pemerintahan di Jawa Tengah hancur akibat dari letusan Gunung Merapi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kerajaan mataram kuno yang berpusat di jawa timur didirikan oleh siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kerajaan Mataram Kuno Yang Berpusat di Jawa Timur Didirikan Oleh

Bencana yang terjadi di Jawa Tengah menurut pujangga dianggap sebagai kehancuran dunia atau pralaya sesuai dengan landasan kosmogis. Maka dari itu harus dilakukan pembangunan kerajaan baru dengan masa pemerintahan wangsa baru juga. Kemudian Mpu Sindok memindahkan kerajaan tersebut dan mendirikan Dinasti Isyana diwaktu yang bersamaan. Namun naik takhtanya Mpu Sindok disebabkan karena perkawinannya dengan putri Dyah Wawa yaitu Dyah Kebi. Hal ini diungkapkan oleh Poerbatjaraka.

Baca Juga  Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan

Perpindahan kerajaan Mataram Kuno tersebut disebabkan oleh beberapa alasan seperti faktor politik, ancaman kerajaan lain seperti kerajaan Sriwijaya, maupun faktor bencana alam. Sejarah kerajaan Mataram Kuno lengkap tersebut dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Lantas kerajaan mataram kuno yang berpusat di jawa timur didirikan oleh siapa? Kerajaan Mataram Kuno kemudian dikenal sebagai Kerajaan Medang setelah berpindah ke Jawa Timur.

Ibu kota kerajaan Mataram Kuno pertama kali menurut prasasti Turyan berada di Tamwlang yang sekarang ini daerahnya berada di sekitar Jombang. Kemudian Mpu Sindok dijadikan sebagai raja kerajaan Mataram Kuno di Dinasti Isyana. Setelah mengetahui sedikit sejarah kerajaan Mataram Kuno tersebut, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Kerajaan Mataram Kuno yang berpusat di Jawa Timur didirikan oleh . . .
A. Rakai Panangkaran
B. Mpu Sindok
C. Dyah Balitung
D. Samaratungga

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Mpu Sindok.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa kerajaan mataram kuno yang berpusat di jawa timur didirikan oleh Mpu Sindok. Mpu Sindok berkuasa selama hampir dua dekade telah meninggalkan 20 prasasti. Namun peninggalan prasasti tersebut sebagian besar berhubungan dengan penetapan sima bagi sebuah bangunan suci. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.