Kerajaan Ternate dan Tidore Sering Disinggahi Para Pedagang Karena

Diposting pada

Kerajaan Ternate dan Tidore Sering Disinggahi Para Pedagang Karena – Kerajaan Ternate dan Tidore merupakan kerajaan besar yang lokasinya berada di Kepulauan Halmahera Maluku Utara. Kerajaan Ternate tersebut terkenal sebagai kerajaan maritim yang paling populer di Indonesia wilayah timur. Kerajaan tersebut sejak masa Kolonialisme ada di Indonesia Timur seperti Tidore dan Ternate. Hal ini dikarenakan kedua kerajaan tersebut menjadi incaran para pedagang yang asalnya dari berbagai daerah. Selain itu disana juga banyak yang singgah negara negara lain.

Lalu alasan kerajaan ternate dan tidore sering disinggahi para pedagang karena apa? Kedua Kesultanan ini sering disinggahi para pedagang dikarenakan daerah tersebut digunakan sebagai penghasil rempah rempah. Sejak abad ke 14, kerajaan Ternate dan Tidore ini mulai didirikan dan terkenal sebagai wilayah yang kaya akan rempah rempahnya seperti cengkih, pala, dan lada.

Kerajaan Ternate dan Tidore Sering Disinggahi Para Pedagang Karena
Kerajaan Ternate Tidore

Seperti yang kita tahu bahwa Kepulauan Maluku dikenal sebagai The Spicy Island karena dapat menghasilkan rempah rempah yang banyak terutama pala dan cengkih. Kerajaan Ternate menghasilkan rempah rempah utama seperti pala dan cengkih sehingga dapat diperdagangkan di Nusantara dan antar bangsa. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alasan kerajaan ternate dan tidore sering disinggahi para pedagang karena apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kerajaan Ternate dan Tidore Sering Disinggahi Para Pedagang Karena

Seperti yang kita tahu bahwa Maluku mulai dikenal oleh pedagang India dan China dalam perdagangan di Asia Tenggara karena berlimpahnya rempah rempah yang kaya. Di kala itu bangsa Eropa memang banyak membutuhkan rempah rempah yang banyak sehingga tidak heran jika kerajaan Ternate dan Tidore banyak disinggahi pedagang. Semakin lama kegiatan perdagangan di Maluku semakin berkembang di pertengahan abad ke 15.

Baca Juga  Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Lalu alasan kerajaan ternate dan tidore sering disinggahi para pedagang karena apa? Di kala itu Maluku banyak didatangi oleh pedagang dari China, Jawa, Arab, dan Melayu karena banyak yang ingin membeli rempah rempah. Selain itu para pedagang yang datang juga membawa tenunan, gading, beras, perak, dan sebagainya. Kerajaan Ternate menjadi kerajan maritim terbesar di Indonesia Timur. Hal ini disebabkan karena letak kerajaan tersebut cukup strategis sehingga para pedagang banyak singgah di kesultanan ini.

Kerajaan Ternate dan Tidore memang dikenal sebagai kedua Kesultanan yang berasal dari Indonesia Timur. Kedua kerajaan ini dibuktikan dengan adanya beberapa peninggalan yang ditemukan. Misalnya saja peninggalan kerajaan Ternate seperti benteng Sao Paulo yang dibangun bangsa Portugis. Setelah memahami sedikit tentang kerajaan Ternate dan Tidore tersebut, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Kerajaan Ternate dan Tidore sering disinggahi para pedagang karena . . .

Jawaban.
Alasan kerajaan ternate dan tidore sering disinggahi para pedagang karena daerah tersebut menghasilkan rempah rempah yang banyak. Berkembangnya kesultanan tersebut dijadikan sebagai kesultanan agraris (pertanian) dan maritim yang maju.