Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Planet, Ini Jawabannya

Diposting pada

Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Planet – Planet adalah benda langit yang berperan penting menopang segala kehidupan. Tak hanya menjadi bagian tata surya namun pengertian planet bisa kita sebut juga sebagai tempat tinggal organisme hidup. Walaupun sebenarnya tak semua planet memiliki penghuni.

apa yang dimaksud dengan planet
Pengertian planet adalah

Misalnya planet bumi yang sekarang jadi tempat tinggal manusia. Planet bergerak mengikuti garis edarnya masing-masing mengelilingi suatu bintang. Garis edar tersebut bersih terbebas dari benda langit lain sehingga planet bisa melakukan revolusi tanpa terjadi tubrukan.

Tak semua orang mampu menjawab kita ditanya apa yang dimaksud dengan planet. Banyak orang menjawab planet adalah objek bulat yang mengitari matahari. Tapi tak sedikit pula yang mengartikannya sebagai benda langit yang menopang kehidupan umat manusia.

Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Planet

Lantas mana definisi planet yang paling benar? tidak ada jawaban paling benar karena semua bersifat relatif. Maka dari itu, kita akan coba memahami lebih lanjut apa itu planet melalui beberapa teori.

Fokus pembahasan pada artikel kali ini akan menjelaskan pengertian planet secara umum dan berdasar para ahli. Kita akan membandingkan beberapa teori lalu mengaitkannya menjadi satu.

Planet sebenarnya adalah kata resapan yang berasal dari bahasa Yunani planetai, artinya adalah pengembara. Sebutan itu tercipta bukan tanpa alasan karena kedudukan dan peredaran planet yang tak menentu. Planet sendiri adalah benda langit yang berbentuk bulat serta memiliki inti cahaya sendiri.

Apakah kalian tak bisa jelaskan apa yang dimaksud planet secara umum? Padahal pengertian itu sudah tertulis di buku pedoman siswa hampir semua jenjang. Apabila kalian sedang kesulitan mendefinisikan benda langit tersebut simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Pengertian Planet Menurut KBBI

Menurut kamus besar bahasa Indonesia definisi planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan cahaya maupun panas. Tetapi planet bergerak mengitari matahari secara berkala yang disebut sebagai revolusi. Selain gerak revolusi, planet pun juga memiliki gerak rotasi atau berputar pada porosnya.

Menariknya, planet biasanya memiliki satelit alami yang ikut mengitarinya. Perputaran tersebut bersifat konstan tak mengalami perubahan dari segi kecepatan. Lintasannya planet pun juga bersih tak ada objek lain berada di sana. Semakin panjang jarak lintasan maka semakin lama pula planet itu beredar.

Baca Juga  Pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA, Jenis, Langkah, dan Contohnya

Pengertian Planet Menurut IAU

IAU adalah singkatan dari International Astrinomical Union. Sebuah lembaga yang menaungi kegaitan astronomi di seluruh penjuru dunia. Menurut IAU, apa yang dimaksud dengan planet adalah susunan benda langit yang bergerak mengitari bintang sebagai pusatnya.

Planet tersusun dari berbagai campuran zat baik itu padat, gas, maupun cair. Mayoritas tercipta dari kumpulan debu luar angkasa yang mengalami pengendapan. Dalam konteks keilmuan kita bisa menyatakan bahwa materi penyusun planet adalah logam dan bebatuan.

IAU juga menyatakan bahwa bentuk planet menyerupai bulatan tidak sempurna. Masing-masing planet juga memiliki garis edar yang berbeda. Seperti halnya bumi yang beredar mengelilingi matahari.

Pengertian Planet Secara Umum

Sebenarnya kita sudah bisa memberi jawaban apabila diminta jelaskan apa yang dimaksud planet. Apabila bingung menjawab tinggal gabungkan saja pengertian planet di atas menjadi satu. Maka kalian akan mendapatkan jawaban baru yang unik dan original dari hasil pemikiran sendiri.

Secara umum, planet adalah benda langit yang mengorbit pada bintang. Planet memiliki massa cukup besar sehingga mampu mengambil bentuk bulat karena gaya kuatnya gaya gravitasi. Dalam sistem tata surya kita, ada delapan planet yang sudah terkonfirmasi, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Karakteristik utama planet adalah kemampuannya untuk mengorbit bintang induknya. Misalnya, Bumi mengorbit Matahari, sementara satelit-satelit alami (bulan) mengorbit planet-planet tertentu. Namun, beberapa planet di luar tata surya kita, yang dikenal sebagai “ekstrasolar” atau “eksoplanet” mengorbit bintang-bintang lain di berbagai penjuru galaksi kita.