Pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA, Jenis, Langkah, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA, Jenis, Langkah, dan Contohnya – IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang menurut saya sangat menyenangkan untuk diikuti. Saat di bangku sekolah dasar kita mulai diperkenalkan dengan berbagai konsep IPA. Ketika menginjak jenjang lebih tinggi disiplin ilmu itupun terbagi menjadi 3 yakni kimia, fisika, dan biologi. Menariknya masing-masing memiliki materi kompleks yang berbeda tapi tetap saling berhubungan.

pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah
Definisi inferensi

Menghafal pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah kewajiban kita sebagai siswa. Sebab istilah itu akan sering dipakai pada saat kalian melakukan kegiatan praktikum. Misalnya saat mengobservasi tanaman, lingkungan biotik, atau reaksi kimia sekalipun.

Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah salah satu materi yang akan kita jumpai pada saat masuk ke mapel biologi. Karena masih bingung akhirnya banyak siswa yang bertanya apa itu inferensi, apa fungsinya, lalu bagaimana langkah langkahnya. Untuk menjawab kebingungan itu saya pun coba merangkum materi pengertian inferensi secara lengkap.

Pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA, Jenis, Langkah, dan Contohnya

Proses penelitian dalam Ilmu Pengetahuan pastinya akan melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks. Mulai dari menentukan judul, membuat rumusan, mengumpulkan data, menganalisa, sampai mengambil kesimpulan. Inferensi jadi salah satu poin penting yang tak boleh kalian lewatkan.

Sayangnya, masih banyak siswa yang tidak tau apa pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA. Di lain sisi, penjelasan lengkap terkait inferensi pun memang kurang digali oleh guru. Hal itu diperparah dengan minimnya sumber referensi dari buku pedoman sehingga membuat siswa kelawan menjawab apa pengertian inferensi.

Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah proses kognitif yang dilakukan oleh peneliti demi menarik suatu simpulan secara umum. Definisi tersebut kalau kita jabarkan lagi maka akan ketemu aspek-aspek lain yang tak kalah penting. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan coba membahas apa itu inferensi dalam konteks penelitian IPA.

Pengertian Inferensi

Apa itu inferensi dalam penyeledikan ipa? istilah ini mungkin sering kita dengar. Secara garis besar inferensi merujuk pada proses penarikan kesimpulan dari sebuah peristiwa maupun fenomena yang terjadi. Pembuatan simpulan itu tentunya didasarkan atas fakta serta bukti yang ditemukan.

Sedangkan pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah proses menarik kesimpulan berdasar data yang didapatkan melalui serangkaian metode ilmiah. Fungsi inferensi sendiri yakni untuk membantu peneliti memahami terjadinya fenomena secara mendalam.

Dengan menggunakan teknik inferensi dalam penyelidikan IPA maka kita bisa langsung menarik simpulan yang akurat. Akurasi itu tercipta berkat proses pengumpulan data yang dilakukan secara ilmuah.

Baca Juga  Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Planet, Ini Jawabannya

Langkah Langkah Inferensi Dalam Penyelidikan IPA

Dari pengertian inferensi di atas sebenarnya sudah bisa kita simpulkan bahwa proses ini memang sangat penting. Bahkan inferensi menjadi proses terakhir dalam penyelidikan IPA di berbagai bidang.

Kita sudah mengetahui apa pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA secara lengkap. Nah, sekarang mari kita perdalam pemahaman dengan mempelajari langkah dan tahapan inferensi. Setidaknya ada lima langkah yang wajib kita lakukan apabila ingin menarik simpulan berdasar fakta yakni:

  1. Mengumpulkan data.
  2. Mengolah data sehingga lebih mudah dipahami.
  3. Membuat hipotesis dari hasil analisa data.
  4. Menguji hipotesis menggunakan metode ilmiah.
  5. Menulis kesimpulan akhir dari hasil ujia hipotesis.

Pengertian inferensi dalam penelitian IPA dianggap penting karena merupakan hasil akhir dari pengolahan data. Proses serta langkah inferensi memungkinkan peneliti untuk mengaitkan data serta fakta lalu menarik kesimpulan darinya. Dalam beberapa kasus, inferensi juga sering diterapkan pada saat membuat hipotesis dan rumusan masalah.

Jenis Inferensi Dalam Penyelidikan IPA

Secara garis besar ada 3 jenis inferensi dalam penyelidikan IPA dan masing-masing memiliki proses yang berbeda.

Inferensi Abduksi

Abduksi merupakan pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA yang mengedepankan kemungkinan berbdasar data yang tersedia. Misalnya kalian meneliti kenapa bulu kucing rontok. Maka bisa disimpulkan kucing itu memiliki pola makan yang salah.

Inferensi Induksi

Selanjutnya, Jenis inferensi dalam penyelidikan IPA adalah penarikan kesimpulan secara umum berdasarkan data yang bersifat spesifik. Contohnya dari berbagai penelitian menunjukan bahwa tumbuhan dapat memproduksi makanan lewat proses fotosintesis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua tumbuhan berklorofil mampu menghasilkan makanannya sendiri.

Inferensi Deduksi

Pengertian inferensi deduksi dalam penyelidikan IPA adalah proses menarik kesimpulan yang bersifat spesifik dari data umum. Misalnya ada pernyataan manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Apabila ada sesuatu yang tidak membutuhkan air maka itu bukan makhluk hidup.

Inferensi dalam penelitian IPA memegang peran penting sebagai penentu hasil akhir dari apa yang kita amati. Proses penarikan simpulan tersebut tidak boleh dilakukan sembarangan karena ada protokol yang harus diikuti. Saya rasa cukup sekian penjelasan yang membahas pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA.