Rumus Percepatan Gravitasi, Pengertian, dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Percepatan Gravitasi dan Contoh Soalnya – jika massa jenis air 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10n/kg maka berapa berat benda? tak semua orang mampu menghitungnya. Faktanya, banyak siswa yang kesulitan mengerjakan latihan soal tersebut karena berbagai alasan.

rumus percepatan gravitasi
Satuan percepatan gravitasi adalah

Dalam dunia ilmu fisika, konsep gravitasi merupakan salah satu pilar utama yang mengatur interaksi antara benda-benda di alam semesta. Dari buah jatuh dari pohon hingga gerakan planet-planet di tata surya. Gravitasi memiliki peran penting yang memengaruhi segala aspek kehidupan kita. Percepatan gravitasi pun jadi materi yang wajib dikuasai oleh siswa.

Dalam artikel ini, mari membahas secara mendalam tentang rumus percepatan gravitasi. Selain sajian konsep serta pengertian, saya juga telah mempersiapkan contoh soal sebagai bahan latihan untuk memperkaya pemahaman. Jika memang kebetulan kamu sedang mendapat tugas dari guru untuk membuat makalah atau rangkuman, simaklah pembahan di bawah sampai selesai.

Rumus Percepatan Gravitasi, Pengertian, dan Contoh Soalnya

Gravitasi adalah gaya tarik yang dimiliki oleh bumi sebagai sebuah planet. Menariknya, tanpa sadar gravitasi memiliki percepatan yang bisa kita hitung menggunakan rumus khusus. Rumus tersebut pertama kali dikemukakan oleh Isaac Newton yang menyatakan setiap benda bermassa akan terpengaruh gravitasi.

Rumus percepatan gravitasi berbunyi semakin besar massa suatu benda, semakin kuat daya tariknya. Selain itu, semakin jauh jarak di antara benda-benda tersebut, daya tariknya akan semakin lemah.

Gravitasi juga memainkan peran penting dalam berbagai fenomena sehari-hari seperti menjatuhkan benda ke tanah, menjaga atmosfer tetap berada di sekitar bumi, dan bahkan mempengaruhi ketinggian air di laut.

Percepatan gravitasi pun akhirnya jadi materi dasar yang harus dipelajari siswa. Meski demikian tak semua paham konsepnya sehingga mereka pun tak mampu mengerjakan soal dengan benar. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut seperti apa rumus percepatan gravitasi.

Apa Itu Percepatan Gravitasi

Percepatan gravitasi adalah perubahan kecepatan yang diakibatkan adanya gaya gravitasi yang mempengaruhi benda dalam satuan waktu tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita pun sudah sering menjumpai konsep percepatan gravitasi.

Dalam Konteks pendidikan, rumus percepatan gravitasi akan mulai diajarkan pada siswa saat mereka menginjak bangku SMA. Meski hanya memiliki cakupan materi yang terkesan sedikit tapi ternyata banyak yang mengalami kesulitan.

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Hal itu pun terbukti dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kalangan siswa. Oleh karenanya kita akan coba mempelajari lebih lanjut cara menghitung percepatan gravitasi dalam ilmu fisika.

Rumus Percepatan Gravitasi

Sebenarnya rumus untuk menghitung berapa percepatan gravitasi suatu benda sangatlah sederhana. Kita pun bisa menjumpainya di buku pedoman fisika SMA dengan mudahnya.

Satuan percepatan gravitasi dinyatakan dalam bentuk g (gravity). Apabila kalian ingin menghitungnya maka harus memperhatikan beberapa aspek pendukung lain. Misalnya massa bumi, massa objek, dan jarak antara titik pusat massa bumi dan objeknya.

Adapun rumus percepatan gravitasi adalah:

Dengan keterangan:

  1. G = konstanta gravitasi.
  2. M = massa bumi.
  3. m =massa objek.
  4. r =jarak antara titik pusat massa bumi dan titik pusat massa objek.

Cara Menghitung Percepatan Gravitasi

Nilai G pada rumus di atas bisa kita hitung memakai banyak metode. Cara paling sederhana yakni memakai pegas yang diketahui kosntantanya. Jika siswa melakukan penguuran maka akan terlihat perbedaan berapa percepatan gravitasi di satu tempat dengan tempat lain.

Banyak ahli yang menyarankan untuk menghitung rumus percepatan gravitasi itu dengan metode ilmu fisika. Yakni sebuah metode untuk mengetahui perbedaan gravitasi dengan tujuan untuk mengukur kandungan tanah. Dengan demikian para ilmuan pun bisa menentukan struktur, lapisan, elemen, dan unsur pembentuk lapisan tanah.

Contoh Soal Percepatan Gravitasi

Sebuah objek dengan massa 5 kg diletakkan pada jarak 3 meter dari pusat bumi. Hitunglah percepatan gravitasi yang dialami oleh objek tersebut.

  • M=5 kg
  • r=3m
  • G=6.67430×10−11Nm2/kg2

Menggunakan rumus percepatan gravitasi:

Jadi, objek tersebut akan mengalami percepatan gravitasi sebesar 3.70794×10−11 m/s2

Percepatan gravitasi adalah materi penting yang tak boleh kita lewatkan sebagai siswa. Karena sedikit banyak pembahasan yang disajikan oleh guru pasti akan keluar menjadi soal ujian. Bahkan tak sedikit pula yang akhirnya bertanya dan mempelajari lebih lanjut konsep hukum newton tersebut.

Setelah membaca artikel di atas semoga kalian bisa menghafal rumus percepatan gravitasi dengan lebih mudah. Melalui rumusnya, kita dapat menghitung besaran percepatan gravitasi antara dua objek berdasarkan massa dan jarak di antara keduanya.