Pengertian Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Contoh

Diposting pada

Pengertian Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Contoh – Dalam teks Bahasa Indonesia pada dasarnya terdapat kata kerja (verba) yang digunakan. Kata kerja atau verba Bahasa Indonesia tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Contohnya saja verba material dan verba tingkah laku. Apa pengertian kata kerja material itu? Apa pengertian kata kerja tingkah laku? Bagaimana bentuk contoh verba material? Bagaimana contoh verba tingkah laku? Verba atau kata kerja pada umumnya digunakan pada jenis teks cerita sejarah dan teks prosedur kompleks. Selain itu verba juga digunakan dalam jenis teks Bahasa Indonesia lainnya agar kalimat kalimat lainnya dapat saling berhubungan.

Dalam materi Bahasa Indonesia sendiri terdapat pembahasan mengenai pengertian verba material, pengertian verba tingkah laku, contoh kata kerja material dan contoh kata kerja tingkah laku. Kata kerja secara umum dapat diartikan sebagai kata yang digunakan untuk menjelaskan perubahan, kondisi atau proses yang tidak termasuk dalam sifatnya. Maka dari itu kata kerja dalam kalimat pada umumnya digunakan sebagai predikat. Dalam teks Bahasa Indonesia pada dasarnya terdapat penggunaan verba tingkah laku dan material yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan kedua jenis verba ini cukup penting dalam penerapannya, seperti halnya dalam teks prosedur ataupun teks sejarah.

Pengertian Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Contoh
Verba Material dan Verba Tingkah Laku

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa kata kerja atau verba dalam Bahasa Indonesia pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Setiap jenis verba ini memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda. Untuk itulah di dalamnya terdapat ciri ciri yang berbeda untuk membedakan masing masing kata kerjanya. Kata kerja atau verba pada umumnya dilengkapi dengan jenis kata lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian verba material, pengertian verba tingkah laku, contoh verba material, dan contoh verba tingkah laku.

Pengertian Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Contoh

Kata kerja dapat diartikan sebagai suatu kata yang bukan sifat untuk menjelaskan sebuah kondisi, proses dan perubahan. Untuk itulah kedudukan kata kerja dalam kalimat berada di bagian predikat. Bentuk kata dalam Bahasa Indonesia pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kata verba tingkah laku, material dan sebagainya. Apakah anda tahu kegunaan masing masing kata kerja itu? Bagaimana bentuk contoh verba di setiap jenisnya?

Baca juga : Perbedaan Puisi dan Pantun Beserta Contohnya Lengkap

Verba material dan verba tingkah laku merupakan salah satu bentuk kata dalam Bahasa Indonesia. Kedua jenis kata verba ini memiliki kedudukan dibagian predikat dalam kalimat. Meskipun sama sama berada di bagian predikat, namun keduanya berbeda dalam hal ciri ciri atau karakteristik di dalamnya. Selain itu pengertian dari kedua kata kerja ini juga berbeda, maka dari itulah contohnya juga berbeda. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian verba material, pengertian verba tingkah laku, contoh verba material dan contoh verba tingkah laku yaitu sebagai berikut:

Verba Material

Apa itu verba material? pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di benak kalian saat menulis berbagai genre teks. Faktanya, tanpa perlu mencari contoh verba material pun bisa kita jumpai dengan mudahnya dalam berbagai kesempatan.

pengertian ciri ciri dan contoh verba material
pengertian ciri ciri dan contoh verba material

Tapi karena minimnya pengetahuan membuat sejumlah orang kesulitan mencari perbedaan verba material dan verba tingkah laku. Oleh karenanya, pada sesi pertama ini mari kita perdalam pemahaman tentang ciri ciri dan contoh verba material dalam konteks keseharian.

Pengertian Verba Material

Verba material adalah jenis verba yang menggambarkan aksi konkret yang dapat dilihat, dirasa, serta dinikmati oleh indera. Lebih tepatnya, verba material berfokus pada aktivitas maupun tindakan fisik yang dilakukan oleh seseorang.

Definisi itu mengacu pada kata verba yang artinya kerja dan materil yang artinya perbuatan secara fisik. Maka dari itu kita dapat melihat kata kerja ini secara real atau nyata.

Ciri Ciri Verba Material

Untuk membedakan jenis verba ini dari yang lain maka kalian juga wajib mengetahui karakteristiknya. Di bawah ini terdapat ciri ciri verba material yaitu sebagai berikut:

  1. Biasanya terdapat dalam sebuah kejadian ataupun peristiwa.
  2. Pembentukannya bermula dari nomina atau kata benda.
  3. Kita dapat melihat verba ini secara nyata atau real.
  4. Terdiri dari aktivitas atau perbuatan seorang partisipan secara fisik.

Verba material memang memiliki karakteristik berupa tindakan fisik yang dilakukan. Selain pengertian verba material dan ciri ciri kata kerja material di atas.

Contoh Verba Material

Adapula beberapa kata yang termasuk dalam kategori verba material seperti membaca, mengiris, menyetir, membungkus, menonton, menyirami, dan menaikkan. Kata kata verba material ini dapat digunakan dalam bentuk kalimat. Berikut contoh verba material dalam kalimat yaitu sebagai berikut:

  1. Ayah membaca Koran di teras depan.
  2. Rena dan Reni menonton film di laptop.
  3. Kakak mengiris buah untuk adik.
  4. Doni menaikkan bendera merah putih di hari kemerdekaan.
  5. Ayah menyetir mobil di Tol Tanjung.
  6. Adik menyirami bunga di halaman rumah.
  7. Dodi membungkus kado ulang tahun untuk adiknya.

Baca juga : Cara Mengutip Dari Jurnal yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Verba Tingkah Laku

Verba tingkah laku menjadi kata kerja yang akan kita bahas selanjutnya. Secara garis besar jenis verba ini lebih memberi penekanan pada aktivitas yang berkaitan dengan emosi atau mental seseorang. Sehingga kita tak bisa melihat tindakan ataupun aksi konkret dari penggunaannya.

pengertian ciri ciri dan contoh verba tingkah lakupengertian ciri ciri dan contoh verba tingkah laku
pengertian ciri ciri dan contoh verba tingkah laku

Contoh verba tingkah laku sendiri bisa kita amati pada kalimat yang menyatakan opini perasaan. Misalnya saya berpikir keras untuk membuat artikel yang berkualitas. Kata berpikir keras itu secara tak langsung jadi tidakan yang bersifat mentalis dan tak bisa kita amati secara langsung.

Pengertian Verba Tingkah Laku

Pengertian verba tingkah laku ialah kata kerja atau verba yang mengarah pada pelaksanaan tindakan melalui ungkapan tertentu. Ungkapan yang termasuk dalam tindakan ini artinya tidak dapat dilihat secara fisik ataupun secara langsung yang tidak mudah atau sulit.

Ciri Ciri Verba Tingkah Laku

Dari pengertian verba tingkah laku di atas sebenarnya kita sudah bisa menarik kesimpulan. Bahwasanya kata kerja satu ini tak berhubungan dengan tindakan nyata dari sang pelaku. Sebaliknya, aksi yang terjadi lebih mengedepankan sisi emosi atau mental.

Dalam buku pedoman bahas Indonesia memang tak terlalu dijabarkan apa saja ciri ciri verba tingkah laku karena berbagai alasan. Maka dari itu, siswa sendiri harus mencari tambahan referensi yang relevan.

Adapun ciri ciri verba tingkah laku adalah sebagai berikut:

  1. Menggambarkan tindakan mental atau emosional.
  2. Menyoroti keadaan batin dan reaksi perasaan.
  3. Mencerminkan aktivitas yang tidak selalu terlihat fisik.

Contoh Verba Tingkah Laku

Selain pengertian dan ciri ciri di atas, kemudian adapula beberapa kata yang termasuk dalam kategori verba tingkah laku seperti yakin, menerima, menolak, menikmati, memahami, dan merasa. Kata kata verba tingkah laku ini dapat digunakan dalam bentuk kalimat.

Berikut contoh verba tingkah laku dalam kalimat yaitu sebagai berikut:

  1. Ani yakin bahwa ia akan menjadi juara umum tingkat sekolah.
  2. Rena menikmati masakan kakak dengan lahapnya.
  3. Dita menerima nasihat dari kedua orang tuanya dengan penuh kasih sayang.
  4. Lisa merasa bahwa dirinya merupakan anak yang palin rajin di sekolahnya.
  5. Sena menolak contekan dari temannya ketika melangsungkan Ujian Sekolah.
  6. Ani memahami betul mengenai materi pelajaran yang diajarkan pada hari ini.

Dalam hidup bermasyarakat kita sering terlibat percakapan dan interaksi. Setiap kalimat serta kata yang terlontar terususun dari unsur penting yang membangun makna. Penggunaan verba material dan verba nominal adalah salah satunya. Sebab verba sendiri menjadi inti dari setiap tindakan yang dilakukan pada kalimat.

Dua jenis verba yang seringkali mewarnai percakapan adalah verba material dan verba tingkah laku. Keduanya memiliki peranan yang khas dalam menggambarkan aktivitas dan interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian penjelasan mengenai pengertian verba material, pengertian verba tingkah laku, contoh verba material, dan contoh verba tingkah laku. Pengertian kata kerja material adalah sebuah kata kerja yang memiliki imbuhan untuk memberi gambaran perbuatan atau tindakan fisik dari seorang partisipan.

Sedangkan pengertian kata kerja tingkah laku adalah kata kerja atau verba yang merujuk pada pelaksanaan tindakan melalui ungkapan tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  5 Contoh Teks Editorial (Opini) Singkat Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.