Pengertian Korespondensi Satu Satu, Rumus, Contoh, dan Cara Mencarinya

Diposting pada

Pengertian Korespondensi Satu Satu, Rumus, Contoh, dan Cara Mencarinya – Korespondensi satu satu adalah istilah yang sering kita jumpai pada himpunan matematika. Materinya pun juga dapat kita baca di buku pedoman matematika khususnya di kelas 8 SMP.

Rumus korespondensi satu satu dan pengertiannya
Rumus korespondensi satu satu dan pengertiannya

Menentukan himpunan pasangan berurutan yang merupakan korenspondensi satu satu adalah tugas yang merepotkan. Walau terkesan sederhana dan mudah tapi fakta menyatakan kalau banyak yang gagal pada saat mengerjakan soal. Selain kurang teliti, faktor penyebabnya juga datang dari siswa yang kurang paham rumus korespondensi satu satu dengan baik.

Lantas apa yang dimaksud korespondesi satu satu dan bagaimana cara mencarinya? pertanyaan ini memang sering diajukan. Untuk mengerjakan contoh soalnya kalian wajib memahami rumus korespondensi satu satu secara intensif. Mempertimbangkan segala kesulitan itu akhirnya membuat saya ingin membahas lebih dalam terkait materi korespondensi satu-satu.

Pengertian Korespondensi Satu Satu, Rumus, Contoh, dan Cara Mencarinya

Mampu menyebutkan contoh korespondensi satu satu adalah hal yang sebenarnya cukup mudah. Konsepnya dapat kita amati pada presensi kelas. Ketika siswa masuk sekolah maka akan memperoleh nomor urutnya masing-masing. Karena sudah diurutkan maka tak mungkin siswa tersebut memiliki nomor urut ganda dalam presensi.

Korespondensi satu satu adalah materi yang akan kalian dapatkan setelah menguasai himpunan, relasi, dan fungsi. Biasanya guru akan mengajarkan rumus korespondensi satu satu saat siswa duduk di bangku kelas 8 SMP.

Dalam konteks pendidikan sendiri, materi ini dianggap cukup krusial karena potensinya yang sering muncul sebagai butir soal ujian. Fakta mengatakan tak semua siswa bisa mencari koresnpondensi satu satu. Walaupun tak memiliki rumus hitung kompleks tapi perlu ketelitian pada saat kalian mengerjakan materi tersebut.

Selain menjelaskan rumus korespondensi satu satu beserta cara mencarinya. Dalam artikel kali ini kita juga akan mempelajari aspek lain seperti pengertian, syarat, serta contoh korespondensi satu satu dalam sebuah himpunan. Apabila kalian penasaran maka simaklah sajian materi di bawah.

Pengertian Korespondensi Satu Satu

Korespondensi satu satu adalah fungsi untuk memetakan secara tepat satu persatu himpunan A ke B maupun sebaliknya. Dengan kata lain jumlah antara kedua himpunan yang ingin dipetakan harus sama. Dengan kata lain rumus himpunan satu satu adalah n (A) = n (B).

Misalnya, jika terdapat himpunan A = (1, 2, 3) dan B = (a, b, c). Maka antara dua himpunan itu dapat dibuat pemetaan setiap anggota A ke suatu anggota yang unik di B, dan sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Himpunan Semesta dan Himpunan Bagian Beserta Contoh

Mencari contoh korespondensi satu satu adalah hal yang biasanya dilakukan oleh siswa yang notabenya kurang paham. Padahal contoh ataupun konsepnya pun dapat kita amati dalam konteks kehidupan sehari hari. Nah, sebelum kalian melakukan itu simaklah rumusnya terlebih dulu.

Rumus Korespondensi Satu Satu

Rumus korespondensi satu satu adalah n(A) = n(B). Dalam konteks pendidikan rumus tersebut sudah pasti diajarkan saat kalian ada di kelas 8 SMP. Guru pun pasti akan memberikan penjelasan secara intensif mengingat pentingnya materi. Semua itu bertujuan agar siswa dapat mencari korespondensi satu satu pada himpunan matematika dengan tepat.

Sekilas menghafal rumus korespondensi satu satu adalah hal yang mudah. Tapi ternyata tidak semua siswa mampu melakukannya karena kurang memahami konsep dari materi.

Secara garis besar rumus tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya selama dua himpunan memenuhi syarat tertentu. Adapun syaratnya yakni:

  1. Anggota pada himpunan A dan B setara atau sama banyak.
  2. Terdapat relasi berpasangan secara sempurna antara himpunan A ke B, maupun sebaliknya.
  3. Tidak ada percabangan antara daerah hasil maupun daerah asal pada masing-masing himpunan.

Apabila kalian masih belum memahami rumus korespondensi satu satu maka simaklah ilustrasi gambar di bawah:

rumus korespondensi satu satu dan konsepnya
rumus korespondensi satu satu dan konsepnya

Contoh Korespondensi Satu Satu

Sebenarnya ada banyak sekali contoh soal yang dapat kita pelajari tak hanya dari buku latihan semata. Himpunan termasuk ilmu dasar dalam matematika yang implikasinya dapat dijumpai dalam konteks kehidupan sehari hari. Sehingga contoh korespondensi satu satu pun bisa kita pelajari langsung dari keadaan sekitar.

Misalnya presensi dan nomor absen di kelas 8 SMP PGRI jakarta. Himpunan A berisi kelompok nama peserta didik sedangkan himpunan B adalah nomor absen mereka. Apabila kita hitung menggunakan rumus maka satu nama pada himpunan A hanya akan memiliki satu nomor absen pada himpunan B. Untuk lebih jelasnya simaklah gambar contoh korespondensi satu satu di bawah:

Gambar korespondensi satu satu
Gambar korespondensi satu satu

Sekarang mari masuk ke sesi dimana kita akan belajar cara mencari korespondensi satu satu secara akurat. Adapun rumus yang dipakai masih sama yakni n(A) = n(B)

Himpunan AHimpunan BKorespondensi satu satu
111
222 = 1×2
336 = 1x2x3
4424 = 1x2x3x4
55120 = 1x2x3x4x5
nn1x2x3x4x5x….x n
Contoh soal korespondensi satu satu

Saya rasa cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang pengertian, contoh dan rumus korespondensi satu satu. Apabila dalam praktek menghitungnya kalian masih menjumpai kesulitan jangan sungkan bertanya lewat kolom komentar.

Baca Juga  Cara Mencari Tinggi Tabung, Rumus, dan Contoh Soalnya