Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Diposting pada

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh – Operasi hitung termasuk salah satu ilmu yang harusnya sudah diajarkan pada siswa. Bahkan sedari SD pasti kita telah dibekali pengetahuan tentang pembagian, penjulahan, ataupun pengurangan. Menariknya, saat masuk ke operasi pengurangan pecahan kalian akan menjumpai dua jenis berbeda yang bersifat biasa dan campuran.

Materi pengurangan pecahan biasa dan campuran menurut saya tidaklah terlalu sulit. Cara menyelesaikan contoh soal pengurangan pecahan biasa dan contoh soal pengurangan pecahan campuran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

 

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh
Materi Pengurangan Pecahan

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengurangan dalam pecahan tersebut. Kalian harus mengetahui pengertian pecahan terlebih dahulu. Pecahan dapat diartikan sebagai bilangan yang digambarkan dalam bentuk p atau q, dimana q ≠ 0 serta p dan q merupakan bilangan bulat. Bilangan p dapat dinamakan pembilang dan q dinamakan penyebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang materi pengurangan pecahan biasa dan campuran beserta contoh soal pengurangan pecahan biasa dan contoh soal pengurangan pecahan campuran.

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Secara sederhana, pecahan dapat diartikan sebagai bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pecahan dapat dinyatakan senilai jika nilai yang dimiliki pecahan sama sama berbentuk sederhana. Bentuk bilangan pecahan ini memang dapat disederhanakan menjadi lebih kecil, selama bentuknya masih dapat disederhanakan dan bukan berbentuk pecahan.

Pembacaan bilangan pecahan biasanya pembilangnya terlebih dahulu, setelah itu penyebutnya baru disebut. Contohnya 2/5 dibaca dua per lima, Dalam bentuk pecahan 2/5 ini, angka 2 dibaca terlebih dahulu sebagai pembilang baru disusul dengan angka 5 yang merupakan penyebut. Beberapa pecahan yang memiliki penyebut sama dapat dikurangi dengan cara tidak mengurangi penyebutnya (tetap) dan hanya mengurangi pembilangnya saja. Ini lebih mudah dibandingkan pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda.

Baca juga : Rumus Nilai Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Dalam materi pengurangan pecahan biasa dan campuran juga dijelaskan bahwa cara menghitung pengurangan pecahan ini tidak jauh berbeda dengan penjumlahan pecahan. Untuk itu cara menghitung pengurangan pecahan biasa dan cara menghitung pengurangan pecahan campuran menerapkan konsep FPB dan KPK.

Di bawah ini terdapat cara menyelesaikan pengurangan pecahan biasa, cara menyelesaikan pengurangan pecahan campuran, contoh soal pecahanpengurangan pengurangan biasa dan contoh soal pengurangan pecahan campuran. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengurangan Pecahan Biasa

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah cara menghitung pengurangan pecahan biasa. Untuk pecahan biasa yang memiliki penyebut yang sama dapat diselesaikan dengan mudah. Cara menyelesaikannya yaitu hanya cukup mengurangi pembilangnya saja, sehingga penyebutnya tidak dikurangi atau bersifat tetap. Adapun contoh pengurangan biasa yaitu sebagai berikut:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Contoh soal pengurangan pecahan biasa diatas memiliki penyebut yang sama. Hasil dari pengurangan ini berupa bilangan 2/4 yang disederhanakan menjadi 1/2. Bagaimana jika pecahan yang dikurangi memiliki penyebut berbeda? Cara menghitung pengurangan pecahan biasa berbeda penyebut dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Perhatikan contoh pengurangan dalam pecahan yang penyebutnya berbeda seperti di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Untuk menyelesaikan contoh pengurangan pecahan biasa di atas dapat dilakukan dengan menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Untuk itu dalam materi pengurangan pecahan biasa dan campuran ini juga menerapkan konsep perhitungan KPK. Langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah mencari KPK dari penyebutnya yaitu KPK dari 3 dan 4. Untuk itu caranya akan menjadi seperti di bawah ini:
3, 6, 9, 12, 15, . . . 
4, 8, 12, 16, . . .
KPK dari 3 dan 4 adalah 12
Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Cara menghitung pengurangan pecahan biasa dengan penyebut yang berbeda selanjutnya ialah menghitung pecahan senilai. Langkah ini dilakukan untuk setiap pecahan, dimana penyebut KPK nya dicari pecahan senilainya sehingga nantinya dapat dikurangi. Cara mencari pecahan senilai tersebut dilakukan dengan mengalikan penyebut dan pembilangnya sehingga pecahan senilainya dapat diperoleh dengan tepat. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah langkah di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Baca juga : Arti Metode Substitusi Dalam Matematika Beserta Contoh

Langkah berikutnya ialah mengurangi pecahan senilai. Anda hanya cukup mengurangi pembilangnya saja, untuk itu penyebutnya tetap. Langkah tersebut merupakan langkah terakhir dalam pengurangan pecahan yang penyebutnya berbeda. Maka hasilnya menjadi:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Pengurangan Pecahan Campuran

Materi pengurangan pecahan biasa dan campuran selanjutnya ialah cara menghitung pengurangan pecahan campuran. Cara mengurangi pecahan campuran pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pengurangan pecahan biasa. Namun dalam pecahan campuran terdapat pemisahan antara nilai pecahan dengan nilai bulatnya. Kemudian anda dapat mengurangi terlebih dahulu nilai pecahannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal pengurangan pecahan campuran di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Langkah pertama menyelesaikan pengurangan pecahan campuran ialah memisahkan nilai pecahan dan bulatnya terlebih dahulu. Pemisahan nilai pecahan dan nilai bulat tersebut akan menghasilkan operasi berbentuk pecahan. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Cara menghitung pengurangan pecahan campuran selanjutnya ialah menghitung nilai pecahannya. Cara menyelesaikannya sama seperti pecahan biasa di atas. Hal ini telah diperjelas dalam materi pengurangan pecahan biasa dan campuran tersebut. Biasanya dalam langkah ini juga menghasilkan nilai yang negatif. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Setelah menghitung nilai pecahannya, selanjutnya ialah menghitung nilai bulatnya. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Langkah terakhir cara menghitung pengurangan pecahan campuran selanjutnya ialah menggabungkan nilai. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Materi Pengurangan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Demikianlah penjelasan mengenai materi pengurangan pecahan biasa dan campuran beserta contoh soal pengurangan pecahan biasa dan contoh soal pengurangan pecahan campuran. Cara menghitung pengurangan pecahan biasa dan cara menghitung pengurangan pecahan campuran dapat dilakukan dengan konsep yang hampir sama dengan penjumlahan pecahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.