Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap – Meski sering terdengar, tapi ternyata tidak semua orang tau apa yang dimaksud komprehensif. Padahal istilah itu selalu dipakai dalam ranah pendidikan khususnya ketika penyelenggaraan ujian. Di ranah yang lebih luas, kata “Komprehensif” dipakai untuk menyatakan ketelitian, kecermatan, dan kemampuan analisa masalah.

Arti komprehensif sendiri bisa kita ibaratkan seperti sifat lengkap dan luas bahkan mencakup semua aspek. Menurut saya sendiri, komprehensif lebih menyerupai wawasan dan kemampuan untuk memahami segala hal dari semua sisi sehingga diperoleh pemahaman yang menyeluruh. Oleh karenanya orang yang komprehensif selalu bisa menyelesaikan masalah secara bijak dan baik.

Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap
Penggunaan Istilah Komprehensif

Contoh kalimat kompre sendiri bisa kita jumpai di berbagai aspek dan bidang.  Mulai dari akuntansi, kebidanan, filsafat, dan lain-lain. Lantas apa yang dimaksud komprehensif? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang arti komprehensif beserta contohnya dalam konteks kehidupan sehari hari.

Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan berbagai jenis kata kerja, sifat, maupun benda yang sangat asing di telinga. Misalnya saja komprehensif yang notabennya sedang kita bahas saat ini.

Sedikit dari masyarakat awam yang mengetahui makna kata komprehensif karena penerapannya bersifat khusus. Bahkan biasanya istilah itu diucapkan oleh orang-orang dengan pengetahuan di atas rata-rata. Namun dalam dunia pendidikan penggunaan kata ini sudah tidak asing lagi dan banyak sekali digunakan di berbagai kesempatan.

Pengertian Komprehensif

Pengertian komprehensif ialah segala hal yang sifatnya lengkap dan luas di berbagai ruang lingkup serta aspek yang luas pula. Selain itu adapula yang mengartikan komprehensif sebagai sesuatu yang mempunyai ruang lingkup cukup luas. Komprehensif juga mencakup berbagai aspek dan dapat melihatnya sehingga secara menyeluruh dapat melihatnya serta dengan benar dan baik  dapat menyelesaikannya.

Selain itu adapula definisi komprehensif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu:

Baca juga : Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

  1. Memiliki kemampuan untuk menerima dan menangkap yang sifatnya baik.
  2. Lengkap dan luas tentang hal yang mencakup isi atau ruang lingkupnya.
  3. Dapat melihat dan memiliki wawasan lebih luas.

Menurut bahasa Inggris, arti komprehensif berarti “comprehensive” yang maknanya luas, teliti, lengkap, meliputi banyak hal dan menyeluruh.

Pada dasarnya contoh komprehensif tersebut digunakan dalam menggambarkan sebuah keadaan sesuatu secara luas dan lengkap keterangannya serta wawasan yang diberikan juga lebih luas.

Penggunaan Istilah Komprehensif dan Contoh

Setelah menjelaskan tentang pengertian koprehensif, selanjutnya saya akan membahas tentang penggunaan istilah komprehensif. Penggunaan istilah komprehensif memang terdapat di berbagai bidang kehidupan seperti bidang kebidanan, filsafat, akuntansi dan sebagainya.

Adapun penjelasan mengenai penggunaan komprehensif diberbagai bidang yaitu sebagai berikut:

  • Komprehensif dalam bidang filsafat dapat diartikan sebagai cara para filsafat untuk berpikir mengenai segala sesuatu yang dikaji secara menyeluruh sehingga tidak ada bagian yang letaknya di luar atau tidak memiliki bagian yang tersisa lagi.
  • Komprehensif dalam bidang kebidanan dapat diartikan sebagai bentuk pelaksanaan penanganan kepada bayi dan ibu sejak di dalam kandungan secara berkesinambungan hingga telah melahirkan bayi tersebut.
  • Komprehensif dalam bidang akuntansi dapat diartikan sebagai prinsip dalam membuat laporan kerugian dan keuntungan, dimana tingkat keberhasilan kinerjanya diukur dalam periode tertentu di sebuah perusahaan.

Agar anda lebih memahami mengenai arti komprehensif tersebut, maka saya akan membagikan beberapa contoh komprehensif dalam kalimat yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap

  • TVPakar menyajikan berita komprehensif yang membuat masyarakat pada akhirnya memahami secara menyeluruh terkait permasalahan tertentu.

Dalam kalimat tersebut terdapat pengertian komprehensif yaitu laporan berita mengenai penyajian sebuah fakta secara menyeluruh di berbagai aspek sehingga pengkajian tersebut dapat memperoleh kesimpulan.

  • Di akhir semester terdapat pelaksanaan ujian komprehensif di setiap sekolah untuk seluruh siswa siswinya.

Dalam contoh komprehensif tersebut terdapat arti komprehensif sebagai ujian yang mencakup berbagai bidang dalam aspek keilmuan. Maka dari itu seorang siswa dapat dilihat apakah dapat lulus ataupun tidak.

  • Keuntungan komprehensif yang diperoleh Perusahaan PT. Sekar Makmur pada tahun 2017 akan dilaporkan.

Dalam kalimat tersebut terdapat pengertian komprehensif yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi keuntungan perusahaan di luar operasional normal dalam perusahaan tersebut. Contohnya keuntungan nilai tukar mata uang yang terdapat dalam perusahaan.

  • Para pasien rumah sakit Sukamaju memberikan pelayanan komprehensif.

Dalam kalimat tersebut terdapat makna komprehensif yaitu pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit Sukamaju diberikan secara menyeluruh kepada pasiennya, mulai dari upaya rehabilitatif, preventif sampai kuratif.

Sekian penjelasan mengenai arti komprehensif beserta pengertian komprehensif dan contoh komprehensif terlengkap. Komprehensif merupakan segala hal yang sifatnya lengkap dan luas di berbagai ruang lingkup serta aspek yang luas pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  6 Jenis Pantun Beserta Pengertian dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.